1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Yang Menjengkelkan Sepeda Di Musim Hujan

Discussion in 'Ngobrol Bebas' started by Ary, Jan 19, 2014.

  1. Ary

    Ary The Locomotive

    Sepeda kayuh memang tidak terlalu takut banjir dibanding sepeda motor, tapi bagaimanapun banyak masalah menghambat sepanjang musim hujan ...

    Apa saja yang kita alami? Ayo ngobrol di sini ...

    1. Jalanan jadi berlobang ... Aspal nampaknya mudah tergerus saat tergenang ya, karena selalu, setiap kali habis hujan besar dan banyak genangan/banjir, besoknya terciptalah lobang-lobang di jalan tersebut ... banyak jalan yang sangat mulus di musim kering, jadi penuh "ranjau lobang" di musim hujan ... dan itu sangat menjengkelkan! Karena, kalau terperosok lobang ... mulai dari ban bocor, rim bengkok, hingga kemarin ada teman mengalami patah handlebar karbon ... zzzzz ... bisa jatuh pula!

    2. Brakepad jadi tercampur pasir ... hujan membuat semua kotoran naik, dan ada saja yang nyangkut di brakepad ... akibatnya ketika melakukan pengereman, terjadi gesekan dengan rim ... dan membuat rim tergores sana-sini ... wuaaahhh ... cepat rusak deh tuh rim

    3. Bottom Bracket (BB) sangat mungkin kemasukan air dan pasir ... paling males kalau yang ini, karena akan menimbulkan bunyi tidak enak setiap kali mengayuh ... dan harus segera bawa ke mekanik untuk bongkar dan bersihkan BB yang kemasukan air dan pasir, daripada kerusakannya parah.

    4. Cucian banyak! ... Hiks ... sepatu penuh lumpur, jersey jadi "batik", sepeda kotor ... dari frame, rantai, rd, kerjaan waktu musim hujan adalah ... cuci, cuci, cuci ...

    Solusi : tidur lagi ... main trainer/ergo di rumah ... nonton film aja ... hahahaha
     
  2. dedoy

    dedoy Member

    Bike check udah, pake jersey udah, sepeda sama orangnya udh ganteng, eeeeh tiba-tiba ujan... :(
     
  3. mt

    mt Pensiun Dulu

    Iya tadi pagi udah sampe SCBD begitu mulai gerimis sepeda nggak jadi keluar... akhirnya ngobrol2 bentar terus pulang (naik mobil). Sayang BB kena air ujan.
     
  4. hmdns

    hmdns #LookProGoSlow

    Memang deh, satu2nya solusi untuk bersepeda di saat musim hujan itu yaaa cuma ini...

    [​IMG]

    [​IMG]

    atau ga, ini...

    [​IMG]
    (pakai model biar seger dikit haha)
     
  5. andytio

    andytio Fat Cyclist

    kalau hujan ? .....

    saya suka topless, pake celana ketat banget, pelan2 ngelus si dia.... di naikin, di genjot pelan2.... klo napas udah mulai memburu, genjotan di tambah kencang.... oh iya, biasa sambil nonton BF.... yup. Bike Forn......yoi... naik trainer.... enaknya..
     
  6. roedy metal

    roedy metal Active Member

    udah siap2 gowes.....bressssssssss..........................yaah cmn elus2 sepeda aja......bobo lg......
     
  7. calvinzCK

    calvinzCK Active Member

    cuci sepeda paling males dah....
     
  8. yosua

    yosua Active Member

    ngomong2 masalah BB kemasukan air karena banjir / pas cuci sepeda, ada tips ga gimana cuci sepeda supaya air ga masuk ke BB (ga mungkin yah) ato paling engga air yang masuk bisa diminimalisir.
     
  9. calvinzCK

    calvinzCK Active Member

    Air mah gampang kasih gemuk aja yg susah itu pasir

    Sent from my GT-N7100 using Tapatalk 4
     
  10. Ary

    Ary The Locomotive

    Kalau cuci sepeda ... asal airnya tidak disemprotkan langsung ke arah BB, gak akan masuk sih ...
     
  11. setzz

    setzz Well-Known Member

    pasir ngrusak seatpost tuh..

    Sent from my GT-N7105 using Tapatalk
     
  12. john

    john Well-Known Member

    Musim hujan justru ujian terbesar itu bangun dari kasur
     
    Noor and red_cyclist like this.
  13. Ardi

    Ardi Well-Known Member

    Yang menjengkelkan...
    1. Sepatu kemasukan air pas gowes
    2. Turunan ngeri-ngeri sedap
    3. Jalanan berlubang ga keliatan
    4. Nyuci sepedaaaaaa tiap kali gowes
     
  14. red_cyclist

    red_cyclist Rider Sruntulan

    Kalo main road pas ujan itu yang ngeselin:
    1. ban ga punya grip + brake track basah = susah ngerem
    2. kalo lagi drafting di belakang cyclist lain cipratan airnya luar biasa
    3. cuci sepeda

    Kalo blusukan main MTB pas ujan itu yang ngeselin:
    1. terrain-nya ga karuan; kalo jalan bebatuan jadi licin, kalo tanah jadi lumpur pekat, kalo tanah liat jadi mirip teflon; super licin, kalo beton/semen udah nyerah aja deh
    2. mud-clogging; lumpur/tanah lengket numpuk di antara roda sama frame/fork, bikin roda stuck ga bisa muter. Kadang-kadang clog di pedal, jadi cleat ga bisa masuk
    3. make up baru di muka; tanah, daun, kerikil
    4. olahraga tambahan; cuci sepeda (lebih ribet dibanding cuci road bike)

    Tapi entah kenapa ujan-ujanan pas main MTB itu ada sensasi menyenangkannya, daripada ujan-ujanan main roadbike....
     
    hasan likes this.
  15. mt

    mt Pensiun Dulu

    Tadi pagi lagi nganterin anak sekolah, ada orang naik MTB santai banget kayanya nerobos ujan pake jacket. Baru tau hebatnya MTB. Kalo anak road, begitu ujan langsung ngumpet semua

    Sent from my Nexus 5 using Tapatalk
     
  16. haris_greenplateau

    haris_greenplateau Active Member

    pernah sekali, berangkat naik gunung lagit sudah mendung. pulangnya benar-benar kehujanan. mau neduh jauh dari perkampungan.
    akhirnya nekat hujan-hujanan, hasilnya badan masuk angin:(.

    sekarang kalo mau berangkat MTB-an liat lagit dulu.

    nyuci baju, helm dll-nya menyebalkan, kalau nyuci sepedanya ga masalah. mencuci sepeda itu waktu paling intim antara sepeda dengan pemiliknya.
     
  17. wsaputra

    wsaputra Well-Known Member

    Terus terang justru saya senang kalo ujan ujanan naik sepeda, biasa cm pake jas ujan, naik mtb.. kebetulan memang hamper setiap hari b2w. Senang aja main ujan (masa kecil kurang bahagia), pernah pas lg di kantor.. ujan gede... bukannya nunggu ujan berenti, malah saya cepet cepet pulang, takut ujannya berenti :oops:

    Yang paling menyebalkan da kejadian 2 kali, dr kantor ujan, sudah senang kirain bisa main ujan.. ga taunya, ujan cm dari scbd-semanggi, setelah itu jalanan kering... akhirnya dari semanggi sampe rumah sauna di dalem jas ujan, krn ga mungkin juga dibuka karena baju sudah lepek sama keringet takut masuk angin :confused:

    Pernah jg tidak ujan, tp jalanan becek abis, kebetulan spakbor dan mudflap lg dicopot... parah cipratan dari roda depan, kena baju depan, masuk mulut, masuk ke mata walaupun sudah pake kaca mata (karena dari bawah).. menderita sekali. :(
     
  18. haris_greenplateau

    haris_greenplateau Active Member

    hati-hati Om, bahaya kesambar petir
     
  19. ch_cx

    ch_cx Bali 2014 Organiser

    Pantesan om willy sabtu lalu girang banget funbike ke kota tua ujan2an
     
  20. wsaputra

    wsaputra Well-Known Member

    Bener ni Om, serem kalo pas lg ujan gede, pas lg naik flyover.. sampe harus nunduk nunduk, bukan karena sok sok aerodynamic, tp takut disamber petir.. :oops:

    Ya maklumla, dulu mo main ujan ujanan, diomelin terus sama ortu :sob: tp serem de kemaren, rem langsung berasa jadi ga pakem yah kena air... mungkin harus dimodif pake disc. Om Ch_cx ini yg pake Lysnkey bukan yah?
     
    ch_cx likes this.

Share This Page