1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.
  2. Polling desain jersey CyclingID edisi ke-7 sudah selesai. MOHON SEGERA PESAN!!! KLIK desain 4

What Works For Me (May Not Work For You)

Discussion in 'Blog Mt' started by mt, Jul 28, 2014.

  1. mt

    mt Pensiun Dulu

    Mau sharing pengalaman saya selama ini... results may vary ya, ini cuman pengalaman saya sendiri.


    1. Carbon fiber frame.
    Sekali sudah coba carbon fiber frame, rasanya susah lo mau balik ke alloy. Chromoli masih oke, tapi aluminum menurut saya paling kurang yah. Tapi ya ini berdasarkan pengalaman terbatas saja dengan frame aluminum.

    Mungkin faktor yang paling mempengaruhi penilaian saya disini adalah road-feel nya frame carbon fiber. Jalanan di Jakarta yang nggak pernah halus itu jadi berasa lebih diredam waktu pake carbon frame, regardless frame atau model yang saya pake. Faktor kedua ya BB-area stiffness.


    2. Speedplay pedals.
    Setelah Look, lalu Shimano, lalu Speedplay. Antara Look dan Shimano ampir sama, cuman beda feel waktu clip-unclip saja. Tetapi Speedplay sangat beda. Waktu pertama kali nyoba memang agak canggung, tapi nggak lama paling setelah ride sekali sudah dapat feelnya. Yang agak lama adjust adalah cleat in nya, waktu baru memang stiff banget per nya jadi sangat sulit untuk cleat in. Setelah beberapa bulan, tetapi feel cleat-in nya positive banget dan jauh lebih gampang daripada Look atau Shimano soalnya nggak usah cari sisi pedal yang keatas. Juga walaupun click-locking nya lebih positive, tapi effort untuk cleat-in nya nggak begitu berat.

    Yang bener2 revelation ya pedaling feelnya, atau 15-degree floatnya yang bikin kaki kita bebas. Saya masih suka pindah2 cleat karna ada beberapa sepeda, termasuk trainer, dan pedal speedplay cuman ada satu. Anehnya sekarang sudah rasa nggak nyaman sekali tiap kali pake Shimano atau Look (VP-Pedals sih, cleat Look). Rasanya kaki saya mati di satu posisi. Rasanya nggak bebas. Padahal saya sudah pake Shimano dan Look jauh lebih lama (3 tahun mungkin), tapi kok sekarang berasa nggak cocok banget.

    Speedplay feels like on a totally different level. Kaya upgrade groupset dari misalnya 105 5700 ke Ultegra 6700, rasanya susah mau balik ke 105 lagi.


    3. Garmin Cyclometer (Edge 510)
    Wah, love and hate saya sama yang satu ini tapi kebanyakan hatenya jadi akhirnya balik lagi ke conventional (magnet, tapi wireless) Sigma cyclo.

    Love:
    - Big screen
    - Speed cadence sensor yang integrated, build quality dan design nya bagus sekali.
    - Barfly mount. Coolest looking cyclometer mount. Period.
    - ANT+. Pake sensor yang sama buat Lemond Revolution trainer saya.

    Hate:
    - Super slow turn-on time. Device 4jt. Waktu gw mau riding dia boot up nya lebih lambat dari cyclo Cateye 170rb.
    - Dia nggak automatic recording. Mesti kita press start, setelah riding mesti press stop, nanti dia tanya lagi mau di save apa nggak. Sampahhh lah, saya sering lupa press stop setelah riding terus garminnya jalan terus (battery drain).
    - Tombolnya lumayan stiff dan nggak bagus tactile feelnya. Seriously for 4jt kaya gini?
    - Battery cyclonya mesti sering di charge. Max 3x riding lah.
    - Nggak bisa dapet reading speed, distance, cadence pada waktu yang bersamaan? 4jt kaya gini?
    - Speed reading yang "beda2" tergantung aplikasi yang kita pake. WTF?
    - Seriously, gw baru beli cyclo harganya 4jt. Terus fitur baru yang gw dapet apa yah? Nothing. Garmin connect is so slow (application wise) compared to Strava di hape gw, terus buat apa gw pake Garmin?
    - No time trial bike for the bike profile picture? Seriously?

    I think that for a company yg fokus kerjaannya bikin device seperti ini, masih terlalu banyak point yang bisa di complain mengenai product, interface, dan software Garmin. Misalnya:
    1. Setting for auto on/off.
    2. Custom display layout. Misalnya bisa pilih apa aja yg mau di display di main screen. Custom font size.
    3. Better integration with Strava. Standardized speed reading, jangan speednya jadi lebih lambat kalo pake Garmin Connect.
    4. Better tactile feel on the buttons.

    Waktu gw beli Speedplay, pertama mau pake juga agak stress ada learning curvenya. Seperti Garmin ini. Tapi buat Speedplay, makin lama gw pake makin I fall in love. Sedangkan Garmin, makin lama gw pake makin gw frustrated karna I can never get used to the Garmin. Ngidupin cyclo aja berapa menit. Udah gitu after every ride dia masih nanya "Save apa Discard bos?" Haahhh syampahh lah.


    4. Tubulars.
    Gw masih belum pernah pasang/lepas ban tubular sendiri sih (biasa gw lempar ke bengkel). Dan for some reason, dengan dua sepeda gw sama-sama pake ban tubular merek yang berbeda (Tufo dan Continental), dua duanya belum pernah kempes sekalipun..

    Having said that.. I totally love the feel of tubulars. Feelnya ya, supplenessnya. Maksudnya dia lebih bagus ngikutin contour jalan, road handling response nya lebih cepet aja kaya pake shockbreaker mobil yang sport vs yg standar (slow). Speed sih gw rasa nggak lebih kenceng. Tufo gw semi training-semi touring gitu feelnya. Continental Sprinter gw (650rb per piece) nggak lebih kenceng dari Schwalbe Ultremo. Dan kemarin Tony Martin ITT di TdF, teamnya bilang ban clincher yang dipake Tony adalah the fastest tire in the world now. Clinchers are faster I guess. Tapi I love the feel of tubulars.

    What about price factor? Sekarang tubulars bisa dibeli dengan harga 250rb-an, walaupun gw belom pernah coba tubular yang harga segitu. Sedangkan clincher yang lumayan2 sekarang juga harganya udah 300rb keatas. Belum beli ban dalem lagi (ditoko rata2 diatas 50-70rb, kecuali bukalapak). Jadi overall costnya ampir sama lah. Masalahnya cuman satu, wheelset tubular yang murah, setau gw, enggak ada. Jadi minimal 10jt buat sepasang wheelset tubular. And I don't think they're releasing a Shimano RS31 in tubular version anytime soon.


    5. CO2 Inflators.
    Begitu udah pake CO2 Inflators, nggak usah ngomongin mini pump deh, dirumah aja jadi males pake floorpump.

    Dulu, gw selalu mastiin tire pressure gw spot on di angka tertentu. Berapa ya, sekitar 110/115psi front/rear (I'm 80KG). Sekarang, gw cenderung leave home tanpa ngecek tire pressure. Rolling warming up bentar, pilih medan, baru keluarin CO2 Inflator gw buat adjust tire pressurenya. Gw nggak pake patokan angka lagi.

    Tergantung lagi pake sepeda yang mana (misalnya pake TT bike front tire pressure mesti lebih tinggi dari road bike karna beban badan banyak didepan), medan yang mau dilalui (jalanan beton gatsu misalnya, kalau terlalu keras sepeda jadi loncat2, sedangkan kalau muter2 di aspal mulus SCBD, bisa lebih tinggi tire pressurenya). Jadi gw jalan dulu bentar, cek feel tirenya, baru tambahin angin pake CO2. Kalau ternyata terlalu banyak nambahnya, buang dikit anginnya dari pentil ban. Dapet deh tire pressure yang pas buat ride hari itu. Doesn't even take me 3 minutes to do the whole routine.

    Walaupun mungkin terdengar boros, sebetulnya nggak begitu sih karna nggak tiap kali keluar mesti adjust tire pressure. Biasanya pressurenya bisa tahan lumayan berapa hari. Udah gitu waktu mulai soft pressurenya juga kan nambah anginnya dikit banget, nggak kaya mompa ban abis kempes total... Satu CO2 canister 16grams gw bisa pake 1-2 bulan.

    Mini pump, bye bye.


    6. Split nosed saddle.
    Yes and No. Revolusi ISM Adamo yang sekarang dipake (last time I heard) 80% of the riders in Triathlons. Gw kemaren coba beli Adamo Race yang lumayan narrow di line up Adamo. Wah, memang sih nggak kegencet, tapi nggak bisa gowes kenceng, otot kakinya inner thighs gw kaya nyangkut di saddlenya nggak bisa dapet RPM tinggi. I don’t know about Triathlon athletes since they may be using different muscles and are going more toward endurance (100 km+) rather than pure speed.

    Now I know why road ITT riders tetep pake conventional road saddles atau paling nggak yang model Fizik Arione Tri (narrow tapi thick padding). When was the last time you see a propeloton rider using an Adamo saddle? The Fizik Tritone is a bit different though…

    Barusan ini gw beli Fizik Tritone yang snub nosed (Fizik Arione shape dipotong depannya), first riding impressionnya lumayan bagus. It's very short jadi nggak menggangu gerakan kaki, tapi tetep relieving/no pressure di bagian itunya. Mungkin nanti tulis review terpisah buat Tritone.


    7. Aero road helmets
    Yes buat main speed, no for everything else.

    On the flats, main speed, gw udah ga pernah pake Specialized Prevail gw lagi. It's always the ugly but efficient Giro Air Attack. Bedanya dimana? Mungkin sekitar diatas 40kph baru berasa beda, dan kalau elu didepan lagi narikin peloton. Other than that, kalo elu main santai, climbing, apa nggak suka narik didepan, better stick with regular ventilated helmets. Lebih adem, lebih nyaman, lebih ringan.


    8. Pointy end TT helmets
    Antara Catlike Chrono gw sama helmet road aero Giro gw? The Catlike Chrono mungkin baru bener2 berasa beda di angka 50kph keatas. Gw cuman make ini kalo mau break my Strava record for ITT. Other than that, it looks cool with a TT bike, tapi panasnya minta ampun, bahkan waktu gw keluar rumah jam 4.30am udara sejuk abis ujan, tetep berasa panas. Ga bisa bayangin pake helm ini diatas jam 8 pagi.


    9. Bib Shorts
    Wah, once I go with bibs, sekarang that's all I use. Gw cuman pake bibshort nya sobike, cuman itu gw rasa jauh lebih comfortable dibanding celana padding Pearl Izumi, Castelli, ama Shimano gw.


    10. Carbon fiber wheels
    Terlepas dari faktor aero atau nggak, carbon fiber wheels yang gw pake semuanya jauh lebih enak road feelnya. Mainly damping vibrations from road surfaces. Like my Zipp 303. Regardless of lab tests, on the road I don't really think I can tell the difference on the road, aerodynamically, to a standard low profile wheelset (the Zipp 808 is a different beast though). Tapi why do I love this wheel? Partly, road feelnya is excellent.

    Yes braking is not as good, but it's good enough (for me). Asal jangan turunan Rindu alam waktu ujan aja hahahaha


    11. Hydration
    Gw udah coba beberapa campuran, oplosan, whatever you call it. Bahkan air+gula+garam. Madu. Air+glucose+fructose. Akhirnya I settle on Pocari. Mestinya sih campurannya sama ama air+gula+garam, tapi nggak tau kenapa efeknya Pocari beda. I can feel it badan always feel less fatigued dan recover better kalo minum Pocari waktu riding dan post-riding.


    12. Ceramic BB bearings
    Mungkin nggak nambah kenceng, tapi it feels so frictionless. Love that frictionless feel and I don't think I'm going back. I use VCRC on both the TT and road bike. Nggak semahal Ceramic speed but very good. BB Dura Ace NJS di fixed bike gw not even remotely close.


    13. Pocket Multi tools
    Mostly hex #4 dan #5 yang dipake di road bike buat setel saddle. A good one looks nice and fancy, tapi sebenernya beli yang lepasan (Rp5,000 per size) di toko hardware lebih murah, weighs less, and works better (multi tools, depending on the shape, susah dapet clearance atau leverage di posisi2 baut di sepeda).
     
    Last edited: Jul 28, 2014
  2. arsenal4

    arsenal4 Atlit Jombang Crit

    Setuju untuk tubularnya
     
  3. yogadizz

    yogadizz Raja Modus

    Nice sharing mike.... Lugas, jujur dan to the point hehe..


    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
  4. Robendjafar

    Robendjafar Active Member

    Speed play pedal Ti the first pedal on my carbon bike.....pertamanya ragu ,Karena tokonya bilang ini pedal only for professional rider,because terlalu Keras.... Tp masa bodooooo....n akhirnya bener kata toko....gw nabrak Mobil 2x di lampu merah n Jatuh Pelan....
    End of story....tuh pedal enak,kalo kaki pegel bisa digoyang2....tapi Saran gw,itu floating di buat 5derajat Aja....15 derajat Bakal Susah banget buat dilepasinnya.....
     
    andytio likes this.
  5. mox BANGERS

    mox BANGERS Active Member

    tolong nanya, kalo pake bib pas kencing, apakah harus lepas jersey dulu?

    #krnseringkencingdipinggirjalan
     
  6. andytio

    andytio Fat Cyclist

    Nggak musti kok... Cari aja temen yang bisa dorong

    image.jpg
     
    Panji Pascarinupa likes this.
  7. mt

    mt Pensiun Dulu

    Pengalaman saya waktu pertama masih awal2 memang susah sekali cleat/uncleatnya. Tapi setelah dua bulan gitu, cleat out bener2 gampang even di float 15º.

    Hahaha ada tekniknya oom.. ditarik paksa kebawah aja bibshortnya.
     
  8. Robendjafar

    Robendjafar Active Member

    Hmmm coba gw ubah ke setting an 15 deh besok hehehe....soalnyaa waktu ubah 15 ke 5 langsung gam pang banget ngebukanya....
     
    mt likes this.
  9. mt

    mt Pensiun Dulu

    Sippp emang sih kata manualnya makin kecil float nya makin gampang uncleatnya... kalo saya ga salah inget ya
     
  10. Robendjafar

    Robendjafar Active Member

    Bang mt ,kalo boleh tau,kan agak mahal tuh bib short.....perbedaan signifikan dengan celana padding biasa apa sih...sehingga berasa beda banget?:)...pengen tau aja...soalnya mau beli ,tapi takut ga worth buat kantong heheheh:money:
     
  11. mt

    mt Pensiun Dulu

    Yang saya beli nggak begitu mahal kok... Sobike punya masih lebih murah dari celana padding bermerek kaya Pearl Izumi, Shimano apa Castelli.

    Bedanya berasa lebih pas aja dibadan yah, soalnya ada strapnya yang nempel ke pundak jadi nggak merosot2. Pokoke feels lebih pas aja. Kalo mau cobain yang Sobike aja, sampe sekarang saya masih belum rasa perlu beli yang lebih mahal tuh. Beli dua malah yg sobike.
     
    baqyak likes this.
  12. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    Nice share om mt:D
     
  13. surfnux

    surfnux Active Member

    sdkt soal bib shortnya sobike, apa memang lebih panjang ya di kakinya kalau sobike punya? atau mungkin karena size yang saya beli pas utk lebar badan, tapi tidak pas dengan proporsi tinggi badan?
     
  14. wsaputra

    wsaputra Well-Known Member

    Thanks for sharing..

    Untuk carbon frame, mungkin bisa share ngga kalo lg dinaikin ke trainer lari kanan kiri atau ngga bbnya? Sepeda almu saya kali dinaikin ke trainer dan pada saat pedaling, dan liat ke bagian bb, itu bb swing kanan kiri.. wkwkwk... :))

    Tapi saya tetap cinta frame almu sayah.. :love: *gapunyauang.com*
     
  15. andytio

    andytio Fat Cyclist

    Perasaan emang gt will, saya punya juga kiri kanan, kadang bisa berasa dikit naik turun...

    Klo carbon saya sih ga bakalan mau pake di trainer.... Yg ada patah tar
     
    darmamade likes this.
  16. mt

    mt Pensiun Dulu

    Saya pernah coba dan memang masih kanan-kiri.. keliatan jelas banget lagi, padahal ini pake BMC TM01. Setelah saya pikir2, mungkin itu memang framenya yang goyang kanan kiri waktu digowes dan memang trainernya nggak bisa ngegrip cukup keras untuk menahan gerakan sepeda, bukan berarti BBnya yang flexing.
     
  17. Robendjafar

    Robendjafar Active Member

    Dah hampir 1 minggu kayaknya,carbon frame saya nempel di trainer dan sudah digowes 3-4-x bergantian dengan frame saya(carbon)dan pacar saya (carbon) dan terbukti aman....(personal opinion)
    trus iseng cobaiin frame polygon alumunium....eh kekikis2 duluan,sementara carbon frame kami malah aman tanpa ada bekas2 kikisan....
    kmrn merasakan bb flexing tp ada bunyi "cetak cetek" ,trus bawa ke bengkel....dan ternyata itu bbnya kurang kenceng gitu sambungannya sama crankarm....setelah diperbaiki,lsg oke lagi....

    Tp btw ,apakah frame carbon ringkih untuk trainer? Mohon suggestnya
     
  18. Ramen Mk-II

    Ramen Mk-II Well-Known Member

    klo oplosan gw : pocari /aquarius + susu kental manis 1 atau 2 sachet, kocok hingga larut
    rasanya enak, mirip2 rasa yogurt gitu
    tp klo bisa susu kental manisnya jgn yg indo*ilk, entah kenapa rasanya jd aneh

    baca user review yg to the point gini emang enak
     
  19. wsaputra

    wsaputra Well-Known Member

    Owh gitu..
    Ok ok.. thanks penjelasannya Om Om..
     
  20. Bambang Handoko

    Bambang Handoko Active Member

    for Garmin 510, It should auto-pause when you stop by default. Otherwise it's settings > activity profiles > train/race > auto stop.

    :D
     

Share This Page