1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Index Thread Uphill Session: Share Climbing Stories

Discussion in 'Road, Time Trial, dan Cyclocross' started by fikarr, Jul 30, 2012.

  1. fadil

    fadil New Member

    om ramen kalo boleh minta penjelasa lebih lanjut masalah maen kedens atau grinding..
    pengalaman saya di sproket 28 dan crank 34 nanjak KM 0.. kok faham nya cuman nanjak sepelan mungkin untuk hemat tenaga semaksimal mungkin.. dgn harapan bisa sampe ke atas tanpa break apalagi tuntun sepeda..
    apakah karena kekuatan fisik saya pada saat ini belum sampai pada tahap memilih tehnik? bisa nya baru cuman ngicik?
     
  2. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Coba bantu jawab. Saya ga punya pengalaman yang cukup wah sih, tapi at least saya terbiasa untuk coba coba ganti teknik (terbatas pada grinding dan cadence).

    Kalau saya di indoor trainer di resistance yang cukup tinggi untuk replicate climbing, biasanya lebih punya kebebasan untuk bereksperimen.

    Saya tipe orang yang gabisa grinding (putar gir berat), lebih ke tipe cadence tahan putaran di 80-90 (meski ketika climbing). Begitu cadence drop di 70, saya merasa tanjakan udah terlalu berat. Jujur saya gatau medan di KM 0 itu seperti apa, tanjakan berapa persen (karena kalau denger cerita temen sepertinya horror banget di beberapa titik tertentu, bahkan kombinasi 36/28 aja ga cukup katanya, entah bener atau ngga), tapi even if saya ada di gir ringan sekalipun saya lebih terbiasa untuk putar kaki.

    Nah temen saya beda. Dia tipe yang hobinya ngegym. Sering main kaki. Beliau tipe orang yang sukanya grinding. Putar kaki bisa di 60-70, dan menurut dia itu fine fine aja. (kalau saya ga kuat, selesai ride bisa pegel semua otot area kaki saya, dan bahkan kadang efeknya sampai ke punggung). Menurut saya sih itu malah ga efisien. Tapi begitu dia ikut putar cadence di 90 nafasnya dia malah habis. Jadi memang ternyata style dia seperti itu.

    Jadi saya rasa untuk teknik lebih ke selera masing-masing orang. Bukan karena apakah sudah di level tertentu atau belum.


    CMIIW. Mohon oleh parah sesepuh diperbaiki atau dikoreksi bila apa yang saya sampaikan kurang betul.
     
    fadil likes this.
  3. fadil

    fadil New Member

    makasih bro law
    penjelasan nya sangat informatif dan mudah dicerna..
    kalo seperti itu teori nya antara cadance vs grinding.. artinya saya ada di kategori grinding bukan karena otot paha saya kuat tapi karena terpaksa, belum punya endurance yg memadai utk maen cadance di tanjakan..
    pepatah jawa bilang alon alon asal klakon.. biar pelan yg penting sampai ke puncak.. tapi ya saya ga mau gini2 terus
    saya malah pengen nya kaya bro law yg bisa bermain cadance di tanjakan.. begitu juga yg liat di km 0, para pakar tanjakan sana, begitu ketemu bagian curam mereka malah off sadle buat menjaga momentum cadance mereka jangan turun.. dan mereka pun melaju pesat meninggalkan saya menghilang
    di balik tikungan..
    dalam hati saya, maybe next time saya akan tempel kelen semua sampai ke puncak.. tapi skarang apa daya.. ngicik dulu.. sambil ngos2an..
     
  4. tato

    tato Well-Known Member

    Sepertinya perlu diluruskan pengertian antara spinning (cadence) dan grinding. Mungkin terlalu teoritis dan hanya pengertian saya dari baca2 dan ngobrol2.

    Spinning dan grinding itu bisa "dipilih" kalau tanjakan tidak terlalu curam dan kombinasi gir tersedia. Artinya kira2 kalau di tanjakan gradien 5-10%, chainring 34, sprocket tersedia 32-28-25-23-21, maka si spinner akan memilih sprocket 32 atau 28 sedangkan si grinder memilih 23 atau 21.

    Untuk di tanjakan berat gradien > 15%, saya rasa mau tidak mau setiap orang akan memutar crank dengan pelan. Kecuali memakai kombinasi gir MTB yang ukuran chainring lebih kecil dari sprocket.

    Kembali untuk om @fadil, kalo waktu memungkinkan, saran saya gowes harian untuk membangun endurance, gowes weekend baru coba menaklukkan KM0. Kalo hanya weekend KM0 terus, progress akan lebih lambat. Boleh juga ajak om @bleukatana2004 untuk naik KM0 buat tukar ilmu hehe...
     
    fadil and lawyerone like this.
  5. fadil

    fadil New Member

    nah kan bener..
    kalo uda bicara km0 uda ga ada istilah putaran cepat, kecuali mungkin berat badan anda 50kg dan speda anda 5kg..
    walaupun kalo saya nanjak pasti saya disusul dari belakang sama kaum apharel dan sepeda ningrat.. yg artinya walaupun sama2 putaran pelan, tapi pelannya saya jauh lebih pelan daripada putaran kaum advance.. hehe

    masalah saran gowes harian buat bangun power..
    saran diterima dengan baik mas tato.. hanya saja tuntutan pekerjaan belum memungkinkan utk gowes wikdeys
    jadi jadwal latian saya sementara. sabtu enduren.. minggu km0.. terus sampe bisa non stop km0 nya.. baru nyari tantangan baru mungkin nanjak KM0 lewat taman budaya.. yg saya turunnya aja empot2an.. gak kebayang gimana nanjaknya..
    tadi saya latian sudirman loop, walau belum bisa nempel peleton tapi personal progres nya terasa lah.. lari di 30 uda bisa lebih tahan lama.. walau belum bisa manteng apalagi yg pas nanjak di dukuh atas terus sampe ke semanggi. masi keteter SAYA nahan 30 di tanjakan alus apalagi tajam..
    63km tadi rata2 di 28.1.. avg naek dikit2, 25, 26, 27, tadi pagi alhamdulilah uda bisa 28.. semoga bisa lekas capai ke 30

    mengenai ajakan gowes bareng.. walaupun SAYA malu pasti ketinggalan, tapi SAYA siap om.. anytime.. masi sama bang tato atau bang@bleukatana2004 hayuk aja SAYA mah.. cuman kalo maen tarkam, ya paling SAYA ngikut aja pelan2 dari belakang.. hehe
     
    Ramen Mk-II, bleukatana2004 and tato like this.
  6. piak

    piak Active Member

    Yang penting gowes dulu sebanyak2nya.. Performance pasti ikut membaik..
    Kalo bisa ditambah program2 latihan..
    Jgn lupa Niat
    Hahaha.. Salam gowes sesama pemula Gemuk pula
     
    tato likes this.
  7. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Hahaha santai aja om

    Saya sekarang struggling mau naik sampe 33. Ga naik naik avg saya buat loop sana :")

    Avg standar masih di 30an lewat dikit. Kadang 31. Tapi kadang ad saatnya ga kuat juga akhirnya drop. Memang capek disana kalau nyoba ngejar average lebih tinggi. Berasa nyiksa diri hahahhaa.

    Om biasa ikut peloton dari mana? Hari apa aja?


    Lagi mau mulai rutin latihan lagi. Goal saya 40 hahahahhaa #ngarep

    Soal ga ada pilihan lagi untuk grind atau spin saya kurang setuju sih. Selalu ada sprocket yang lebih ringan untuk digunakan :p (tapi saya ga ad kualifikasi untuk bilang itu sih karena saya sendiri belom coba nanjak disana)

    Tapi memang saya yakin km 0 itu pasti horror. Nanti mau nyari temen dulu ah untuk coba naik disana. Doakan semoga saya kuat hahahhaya.


    Best luck om untuk latihannya
     
    tato likes this.
  8. fadil

    fadil New Member

    laporan lagi rekan ccid sekalian..
    sesuai skedul tiap hari minggu harus unloading ke bakmi golek.
    ga kerasa uda percobaan ke 5..
    dan akhirnya saya berhasil non stop via rainbow hils
    sempat mau berhenti di tanjakan telkom. napas aman, tapi paha uda agak perih.. dipaksa naek aja pelan2.. eh bisa
    sempat mau berhenti lagi waktu mau masuk area yg sisi sebelah kiri uda jurang.. paha perih lagi.. dipaksa lagi naek pelan.. setir udah buang kanan buang kiri, eh bisa lagi..
    tinggal nanti kita liat minggu depan, moga2 prestasi bisa dipertahankan..
    hari minggu bisa non stop. bagol-km 0
    hari sabtu latian enduren di loop, speed bisa manteng di 30
    terima kasih semua..
     
  9. bleukatana2004

    bleukatana2004 Bali 2014 Organiser

    Kerennn
     
  10. fadil

    fadil New Member

    laporan percobaan ke6.. bagol - KM 0 via rainbow hill
    loading sama.. rute sama
    alhamdulilah nonstop bisa di mantain..
    nambah ringan sih enggak.. tetep perih di paha.. dan agak ngos2an.. tapi ya somehow dipaksa uda bisa..
    malah di tanjakan rainbow hill harus pake tehnik nunduk liat ke aspal.. karena kalo liat ke jalan, berasa ga abis2 itu tanjakan..
    nyampe diatas ternyata saya yg paling pagi, istirahat sebentar minum kelapa, lalu turun..
    pengen test 2x naek puter balik di rainbow hill tapi kok masih males, mungkin minggu depan lah..
    bangun jam 5.00 jam 9.15 uda di rumah lagi daerah tanjung duren.. mantab

    saya sekalian pengen nanya opsi2 lain dari rekan2 sesama ccid domisili jabodetabek
    di dalam rainbow hill katanya ada medan tanjakan yg bisa dicoba buat latian. ada yg pernah coba?
    dari titik finish km0 ke arah rumah prabowo katanya ada tanjakan pendek. ada yg pernah coba?
    gadog - rindu alam. unloading di gadog. parkir sebelah mesjid. ada yg pernah coba? bagol - KM 0 via rainbowhill kan kurleb 10km, gain 500. bagaimana dgn gadog - ra?
    bagol - KM 0 via bojong koneng, belum berani saya.. hehe

    trims
     
    Last edited: Nov 4, 2018

Share This Page