1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Upgrade Element FRC 51

Discussion in 'Road, Time Trial, dan Cyclocross' started by mbudikrnwn, Sep 3, 2018.

  1. mbudikrnwn

    mbudikrnwn New Member

    Halo para suhu disini, SAYA newbie dalam dunia roadbike nih. Sekarang baru aja pumya element frc 51, mau tanya untuk upgrade biar agak nyaman ridingnya apa ya? Groupset dulu apa ganti ban dulu ya?? Berat SAYA 93 tinggi 175 pake framenya size 52.

    Mohon informasi dan sarannya

    Sent from my SM-A530F using Tapatalk
     
  2. ben911

    ben911 New Member

    bagusnya di pakai dahulu, posisi enak nya setelah ketahuan beberapa kali riding, kalo upgrade biasanya di sarankan wheelset dulu, baru groupset, paling utama sih upgrade dengkul ;)

    sekian dari saya
    salam
     
  3. pumashoes

    pumashoes Well-Known Member

    1. Ban
    2. Wheelset

    Btw ngapain ganti grupset? Harga dan efek yg dihasilkan ga sebanding.

    1 lagi: upgrade dengkul itu maksudnya gimana yah? Bisa beli dengkul dimana?
     
  4. Ibet

    Ibet Active Member

    Welcome om @mbudikrnwn

    Selama ini, saya coba ini dulu :

    1. Fitting yang bener -> bisa jadi ganti stem, handlebar, saddle, seatpost yang sesuai
    2. Ban
    3. Wheelset

    Cheers om
     
  5. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

    1. Fitting/Posisi
    2. Pedal dan sepatu cleat
    3. Ban
    4. Wheelset
     
    pumashoes likes this.
  6. mbudikrnwn

    mbudikrnwn New Member

    Ada saran gak buat ngukur masalah fittinh posisi yang recomend gimana?? Kalo untuk pedal sih udah pake look classic sama sepatu catlike alhandulillah udah nyaman.

    Sent from my SM-A530F using Tapatalk
     
  7. Ibet

    Ibet Active Member

    disclaimer dulu :
    saya bukan professional bike fitter, jadi lebih ke personal reference
    tiap orang beda - beda flexibility nya dan bisa jadi om lebih / kurang fleksibel dari saya.

    Om @mbudikrnwn ada keluhan di fitting? kalau ada mungkin bisa di share om, siapa tau om - om disini punya pengalaman serupa dan punya solusi jitu
    Patokan saya, ga pegel di area tangan, pinggang, dan ga kebas / kesemutan di area selangkangan, setelah riding diatas 2 jam ..
     
  8. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Karena ini baru mulai saya rasa sih fitting amatir dulu. Sesuaikan posisi dulu untuk penyesuaian. Setelah rutin sebulan dua bulan kalau masih ga enak baru coba fitting pro model2 retul.

    Saya rasa paling penting sih saddle ya. Kalo bagian bawah ga nyaman saya rasa sepedaan pasti ga nyaman.

    Kedua, baru coba gonta ganti stem handlebar san posisi duduk. Ini yang akan menentukan badan sakit2 atau ngga ketika sepedaan. Tapi untuk tau ini biasa perlu fitting. Saya sendiri ga pernah fitting, coba2 sendiri posisi sepeda mana yang bikin nyaman. Mungkin nanti ikut post disini atau ikut fitting untuk lihat riding position saya. Siapa tau memang butuh untuk dikoreksi dan sebagai bahan perbandingan :D

    Ketiga saya rasa WS ya, atau kalau ban standar kurang bagus. Kebetulan sepeda saya bannya dulu lumayan (atau saya yang gabisa bedain ban bagus dan jelek), jadi yah ga saya apa apain. Tapi ganti WS itu bedanya cukup jauh ya, rasanya beda. Apalagi WS saya yang lama hub nya goyang di high-speed.

    Soal GS, sebetulnya tergantung banget. Dulu saya ganti GS duluan karena gs standar Merida saya agak payah. Udah stel berulang2 shifting selalu bermasalah, out of sync, sulit pindah gigi (lama) dan tidak presisi. Belum lagi sepedanya pernah jatuh dan menghantam derailleur. Rem juga ga pakem. Jadi dari pada frustasi saya pilih ganti groupset. Tapi itu memang karena GS nya bermasalah. Kalau fungsinya baik yah saya rasa ga perlu gonta ganti GS.
     
  9. mbudikrnwn

    mbudikrnwn New Member

    Terimakasih buat yang udah kasih sarannya, bakal SAYA coba sebulan kedepan riding deh. Kebetulan ridingnya emang blm bisa lama2 karrna riding pagi before work maksimal 1 jam sih.

    Kalo untuk ban mungkin ada yang punya rekomendasi untuk pemula kaya saya, mungkin jangan yang mahal2 juga kalo bisa hehe:)

    Sent from my SM-A530F using Tapatalk
     

Share This Page