1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Training Diary

Discussion in 'Latihan Sepeda Balap' started by mt, Nov 8, 2012.

  1. piak

    piak Active Member

    Pagi ini coba latihan endurance dengan jarak 100km.
    Rutenya bole dibilang flat kecuali ada 4 flyover yg tidak terlalu panjang.
    Kilometer awal saya sengaja tahan dikecepatan 32-35 maks 38-39 .. Trus sampai di km 54 saya singgah sejenak ke minimarket beli pocari dan Nutriboost dengan harapan mengganti cairan tubuh, habis minum saya langsung gowes lagi berentinya ga sampe 5 menit.
    Tp begitu masuk ke km 65.. Tiba tiba tenaga habis.. Kecepatan turun ke 25km/h
    Kaki terasa berat dan 15km akhir mulai ada rasa kram paha walau dikit2 dan saya setel cadence dan gear supaya tidak sampe kram..
    Pertanyaan..

    Kenapa tiba tiba drop?
    Apakah kurang Latihan atau
    Apakah karna saya gowes dalam keadaan perut kosong dan hanya mengandalkan gula / glukosa dr minuman minimarket tsb? Sempat merasa lapar banget tadi.

    Saya sih merasa saya kurang latihan..
    Apakah temen2 pernah merasa begitu?
    Trims
     
  2. tato

    tato Well-Known Member

    Itu namanya bonk. Kalau belum pernah endurance 100 km, badan kemungkinan belum terbiasa untuk memanajemen energi untuk durasi segitu. Akibatnya penggunaan gula otot terlalu banyak terlalu cepat.

    Solusinya cepatnya adalah minum minuman berkadar gula tinggi (misal: sprite) dan air secukupnya supaya tidak sampai dehidrasi. Kalau lapar ya makan pisang atau roti coklat (karbohidrat sederhana dan gula).

    Solusi yang butuh waktu panjang adalah latihan dan coba terus long endurance seperti itu, tentunya setelah istirahat yang cukup.

    Saya pernah beberapa kali bonk, terutama kalau telat/kurang minum air atau kurang asupan gula.
     
    Becakarema, kw2 and piak like this.
  3. piak

    piak Active Member

    biasanya sih cuman 35km -40 -55km sesekali ikut event.. Saya ngerasa zonk rupanya bonk hahaha..
    Iya gw minum pocari dan nutriboost doank berharap cukup.. Rupanya kurang..
    Makasih infonya om.. Emang dalam 2 bulan ini jrang gowes karna hujan melulu jadi malas gowes..
    Kedepannya kalo long ride akan sedia cemilan dikit.. Hehehe
     
  4. Geoffrey

    Geoffrey Member

    Om2 yang ada di sini, ada saran untuk tipe weekend goweser seperti saya untuk latihan endurance. Kendala saya mirip om piak. Saya dirumah ada spinning bike biar bisa gowes walau lagi hujan, apa bisa latihan pake itu? kalau untuk endurance mngk minimal 2 jam nonstop ya atau lebih?
     
  5. piak

    piak Active Member

    Sepertinya ya emang ga ada cara lain buat kita kecuali gowes sesering mungkin dan selama mungkin.. Kalo bisa di selipin program2 latihan ..
    Gw ada trainer juga kadang ikutin yg di youtube om.. Tp yg penting jam terbang
    Mari latihan Om
     
  6. Geoffrey

    Geoffrey Member

  7. pumashoes

    pumashoes Well-Known Member

    1. carbo loading sehari-2 hari sebelum gowes
    2. sarapan sebelum gowes
    3. bisa dibantu dengan gu gel (madurasa juga bisa) sebelum dan selama gowes, 1 kemasan tiap sejam
    4. usahakan group ride supaya ga mudah bosan dan menghemat tenaga, boleh sesekali bantu narik peloton
     
    piak likes this.
  8. piak

    piak Active Member

    iya next mau sedia senjata lebih.. Supaya ga bonk..
    Kemaren itu gw solo..headwind is archenemy palagi kalo dijalan gede ampoon
     
  9. tato

    tato Well-Known Member

    Saran saya, kalau mau bangun endurance tapi terbatas waktu, usahakan tiap hari sisihkan 30-60 menit untuk memutar kaki. Boleh saja di sepeda statis.
    Latihan pakai zona heart rate, cari saja tips2nya di forum ini atau di internet. Kalau sudah mulai terbiasa, variasikan dengan interval cepat-lambat atau berat-ringan.
    Sisakan waktu 1 hari per minggu juga untuk istirahat.
     
  10. oom_gumilar

    oom_gumilar New Member

  11. Becakarema

    Becakarema Well-Known Member

    Nah ini saya perlu
     
  12. Geoffrey

    Geoffrey Member

    Siap om, semalam mulai coba gowes disepeda statis 30 menitan. mao coba 2 hari sekali dulu, baru tiap hari....
     
  13. Usahakan tiap Minggu latihan minimal 100 km, akhir2 ini saya agak jarang gowes, tapi tiap Minggu paksain harus dapet 100 km, kecepatan rata2 30 km/jam, tapi skrg patokannya bukan kecepatan lagi, patokan saya skrg di heart rate, rencananya Minggu besok target HR di 90%.

    Btw saya termasuk yang gak suka sarapan, malah pernah saya masuk ke dalam fase keto dimana gula darah saya hanya 50 (sempet ikut gaya makan ketogenik), Alhamdulillah dengan gula darah segitu waktu itu fine2 aja gowes hingga 160 km, kalo temen2 pada kelaparan dan carbo loading saya cukup minum + telur bebek hehehe.

    Cuma skrg saya kangen nasi jadi makan karbohidrat lagi deh, dan hasilnya perut buncit lagi dan malah mudah lapar, rencananya February mulai ketogenik lagi biar badan singset dikit persiapan tour de Jogja Maret nanti ...

    Sent from my Redmi Note 4 using Tapatalk
     
  14. Geoffrey

    Geoffrey Member

    Btw biasanya yg gowes jauh-jauh misal 160km itu ada istirahatnya atau nonstop om? Saya paling jauh cuma 66km nonstop paling berhenti pas lampu merah doank.
    cupu ya :oops:hahahaha
     
  15. piak

    piak Active Member

    66km nonstop dah mantep omm..
    Ada org2 yg toleransi terhadap gowes jauh.. Gw pertama kalo gowes 45km udah bonk.. Kepala langsung ringan melayang..Langsung minggir nyari warung hajar kopi dan teh manis plus kue2
     

Share This Page