1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Tips2 Seputar Bike2Work

Discussion in 'Commuting dan Bike2Work' started by dxtr, Aug 25, 2012.

  1. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    bagi pengalaman ah, seputar aktivitas b2w

    1. di jalanan attitude yang penting, apalagi di jakarta yg sebagian besar pengguna kendaraan bermotor pada ga ngerti aturan, tunjukin bahwa anda juga berhak menggunakan jalan raya, bukan hanya mereka saja. caranya gimana ? ya sometimes harus rada nekat dan jd preman juga, terutama kalo ngadepin orang yg ga berpendidikan (bukan sekolah saja, tp pendidikan budi pekerti dan sopan santun)

    2. mood yg baik adalah salah satu pendukung cerianya anda dlm b2w, jaga mood anda selalu dalam kondisi positif, caranya gimana ? yakinkan diri anda semua kejadian buruk atau tidak menyenangkan merupakan sarana belajar dan salah satu bentukbperhatian dr tuhan untuk kemajuan umatnya :)

    3. berlatihlah untuk menguasai teknik dasar dan mudah dlm setup sepeda, ga lucu hanya karena baut stem kendor anda ttb atau naik taksi sampaibke tujuan

    4. persiapkan tools dan sparepart cadangan dan bawa setiap anda b2w, contoh tools adalah kunci l set, obeng +/-, sedangkan sparepart seperti ban dalam, rantai, kampas rem

    5. pasang aksesoris dan part seperlunya, sesuaikan dengan kebutuhan anda, grupset xtr atau dura ace untuk b2w sepertinya terlalu overspek kan? :)

    sementara itu dulu yg bs saya sharing, please feel free to comment and critic :)
     
    tato, gaputt, andytio and 4 others like this.
  2. mt

    mt Pensiun Dulu


    Bagus om tips2nya. :D
     
    dxtr likes this.
  3. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    nambahin lagi tipsnya untuk b2w, kali ini lebih ke set up sepedanya

    1. dr berbagai jenis sepeda yang pernah saya pakai untuk b2w murni genjot dr rumah sampai tujuan dan sebaliknya, seli 20", mtb 26", dan roadbike, saya lebih prefer hybrid bike :D, mtb 26 saya ganti wheelsetnya pake wheelset hybrid dengan ban 700x23. rolling resistance lebih kecil sehingga lebih ringan genjotnya tapi tetap dapet grip saat kering maupun hujan karena pemilihan ban disesuaikan dengan pemakaian, oh iya fork suspensi juga saya ganti dengan fork rigid, karena 99% permukaan jalan yang saya lalui aspal dan penggantian fork dr suspensi ke rigid kerasa bener perbedaan bobotnya :). selain itu posisi cockpit dan sadel saya set mode comfort sehingga tidak terlalu melelahkan untuk cycling membawa beban yang cukup berat dan banyak

    2. bagi saya hub set merupakan investasi yang penting untuk commuting, makin loncer makin enak, tapi karena permukaan jalan suka banyak kejutan, maka durabilitas hub jg penting, saat ini sy pake deore untuk hub set, pertimbangannya harga hubset tidak terlalu mahal, mudah direpair, dari pengalaman saya pake offroad sejauh ini terbukti handal dan sudah cukup loncer :)

    3. jika anda mau modified sepeda anda jadi hybrid, ga perlu speed yang banyak jika pake grupset mtb, 8 speed sdh cukup, karena pengalaman saya gir belakang yang saya pake hanya seputar 3 gir terkecil dan gir nomer 3 di crank dan pengereman cukup disc mekanik agar mudah direpair di tengah jalan

    sekian untuk hari ini ;), karena saya masih b2w ga tau sampai kapan mungkin kedepannya saya bisa dapet experience yang bisa saya bagi ke member lainnya, thanks

    please feel free to comment and critics
     
    richie_top, gaputt, andytio and 4 others like this.
  4. mt

    mt Pensiun Dulu

    Another good tips oom dxtr! :D

    Saya pindah jadi tret baru ya.
     
    dxtr likes this.
  5. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    Numpang sharing tips lagi dalam b2w, semoga member lain ga bosen liat postingan saya :D

    Kali ini tips untuk aksesoris dlm b2w, dimulai dari aksesoris untuk cyclistnya sendiri

    1. Sekeras apapun kepala anda, tetap saja asphalt lebih keras dr kepala anda :D, lindungilah salah satu aset yang berharga dari tubuh anda dengan berinvestasi melalui pembelian helm yang baik dan jgn lupa digunakan saat bersepeda. Dlm b2w resiko kecelakaan cenderung lebih tinggi karena variatifnya moda transportasi dan banyaknya pengguna jalan.

    2. Untuk pakaian sebaiknya menggunakan pakaian yang memang didesain khusus untuk bersepeda, namun blm tentu kt nyaman dengan design dan harganya :D

    Karena untuk b2w kadang risih jg kl diledek ada pembalap nyasar :D

    Alternatif pakaian b2w yg sering saya pakai adalah tshirt katun (lebih mantap pake kaos yang digunakan sebagai pakaian dalam, ada merk rider, crocodile dll harga 50 rban :D) adem tapi ga terlalu berat kl udah keringetan

    Untuk celana saya pake celana pendek dengan bahan apa saja kecuali jeans, saya biasa pake celana untuk main basket atau bola yg bahannya licin, agak komprang memang tp tidak mengganggu pergerakan kaki :)

    3. Alas kaki sebaiknya pake sepatu, sy awal b2w pake sepatu sendal tanpa kaos kaki, hasilnya kaki saya ada motif webbing sepatu sendal :D

    Pilih sepatu yang rata tapaknya, dan kalo bisa cukup keras supaya power dr kaki bisa tersalur cukup maksimum ke pedal. Paling enak ya pake sepatu cleat mtb :), bisa dipake untuk ttb jika diperlukan. Satu hal lagi, hati hati dengan sepatu yg menggunakan tali, karena kadang tali suka nyangkut di crank :(

    4. Jaket dan sarung tangan, saya biasa pake sarung tangan half finger untuk road race, ventilasinya banyak, jadi adem dan ga berat di tangan kalo keringetan, sedangkan jaket sy biasa pake jersey full zipper lengan panjang dan untuk malan sy pake rompi windbreaker khusus untuk sepeda (bagian belakang rompi pake jaring jaring, enak buat sirkulasi udara di punggung)

    5. Kacamata, penting banget, debu siap menyerang mata anda kapan saja :), biar ga repot saya pake kacamata yang bisa diganti ganti lensanya, polarized atau clear untuk pagi, dan clear untuk mlm. Selain itu saya ganti gagang kacamata pake strap, dijamin ga ada lagi kacamata miring atau jatuh saat cycling

    6. Sebaiknya gunakan pakaian yang mudah terlihat oleh orang lain baik dalam kondisi terang maupun gelap, ngutip dr salah satu prisnsip safety riding, seen and to be seen. Saya suka pakai baju berwarna cerah atau jersey yg agak rame motifnya. Lebih baik lagi jika pakaian anda memiliki reflektor :)

    Sekian dl untuk hr ini, thx and feel free to comment and critic, save earth go cycling
     
    richie_top, tato, gaputt and 3 others like this.
  6. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    lanjut lagi sharingnya, hehehehe :D
    kali ini seputar aksesoris di SEPEDA yang saya gunakan untuk b2w

    1.bar end,
    saya pake bar end merek polygon yang berbentuk pipih dan agak besar dimensinya sehingga nyaman digenggam. Alasan saya pake bar end adalah sebagai variasi untuk tempat pegangan tangan saat bersepeda, selain itu bar end juga memudahkan saya untuk menarik tubuh saat kondisi melewati jalanan yang menanjak dan satu hal lagi, saya lebih sering menaruh tangan pada bar end dibandingkan di handlebar karena entah kenapa posisi tangan saya bias lebih rileks dalam posisi memegang bar end (vertikal) dibandingkan dengan posisi memegang handlebar (horizontal).

    Sedikit tips bagi yang ingin memasang bar end, pastikan handlebar anda cukup panjang karena bar end akan memakan kurang lebih 2-4 cm panjang handlebar di tiap sisi, kalo kurang panjang handlebarnya, sebaiknya beli handlebar lagi dan jangan dipotong ujungnya J

    Pengalaman saya dengan handlebar yang tidak dipotong ujungnya, posisi tangan saat di bar end pas dan saat memegang grip di handlebar pun pas juga :D.

    Bagimana dengan sudutnya ? jawabannya tergantung kenyamanan tiap cyclist dan set up sepedanya, namun pada umumnya sudut pemasangan bar end cenderung horizontal, cara menemukan sudut bar end yang pas cukup mudah, anda tinggal duduk di atas saddle dan adjust posisi bar end perlahan lahan sesuai dengan kenyamanan tangan anda saat memegang bar end tersebut J

    2.bel, saya pakai merk cat eye, yang sekali pencet bunyinya 2x, ting ting, jadi bisa lebih berisik dan cepat nadanya hehehhe

    alasan pakai bel ya sesuai dengan fungsi bel itu sendiri, meminta jalan, atau menandakan posisi kita saat di jalan. Posisi bel saya taruh di kiri dan sudut cenderung horizontal, menyesuaikan dengan kenyamanan jempol saat menekan tuasnya, kenapa di kiri ? masalah kebiasaan pake motor yang saklar klaksonnya di kiri J



    ada beberapa aksesoris lagi yang saya pasang, akan saya post di postingan berikutnya, have fun, go cycling J
     
    andytio, Aefm and skid like this.
  7. mt

    mt Pensiun Dulu

    Makin lama makin lengkap nih om dxtr. :D
     
  8. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    hehehe, iya nih

    ditunjuk jd ts sm om mt jd ngerasa ga enak kl bagi pengalamannya sepotong sepotong aja :)

    maaf nih kalo postnya isinya tulisan melulu, blm sempet cari gambar atau video pendukungnya :(
     
  9. mt

    mt Pensiun Dulu

    Kalo bisa dibikin headingnya pake CAPS apa Bold biar bacanya lebih enak. :D
     
  10. josephdiaknes

    josephdiaknes Active Member

    Thax om, saya juga naik sepeda kalo kerja
    Memang hati harus senang, dtemani ama radio jd gk sepi2 banget :D
     
  11. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    saya udah satu minggu ini berhenti pake headset waktu b2w dan latihan om joseph, kalo ditanya alasannya, saya juga ga tau kenapa :0

    mungkin karena rute yg sy lewati cenderung crowded sehingga perlu konsentrasi dan kewaspadaan tinggi

    kalo gowes pagi buta lewat area jalur hijau tebet, enak jg dengerin burung burung berkicau sm gesekan daun pepohonan ;)
     
  12. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    Lanjut lagi sharing pengalamannya :), masih seputar aksesoris di sepeda untuk b2w, here they are

    1.Cyclocomputer, saya pakai cyclocomputer yang cat eye mity 8. [​IMG]

    Alasan pakai cyclocomputer sama seperti fungsi yang terdapat di cyclocomputer itu sendiri, antara lain mengetahui jarak tempuh, top speed, dan kecepatan rata-rata. Dari beberapa data tersebut saya bisa menentukan pilihan rute b2w dan waktu yang cocok untuk berangkat maupun pulang sehingga ga ada alas an telat masuk kerja karena pake sepeda :D. selain itu juga untuk memantau usia dari part fast moving, seperti ban, kampas rem, dan rantai.

    2.Bottle cage, saya pake topeak yang bisa di atur diameternya sehingga mudah untuk membawa berbagai jenis botol minum,

    [​IMG]

    saya pasang dalam posisi tegak bukan miring, pertimbangannya untuk meminimalisir kemungkinan botol jatuh waktu cycling

    3.Pompa portable, saya pake topeak mountain morph,
    [​IMG]

    pertimbangan memilih pompa tersebut karena bentuknya sama seperti pompa tangan biasa hanya ukurannya saja diperkecil, adanya selang, t-handle, dan pijakan kaki sangat membantu dalam memompa ban dan meminimalisir kerusakan pentil ban dalam. Oh iya, pompanya juga bisa dipake untuk Schrader maupun presta valve, Cuma agak repot karena harus dibongkar dulu untuk diset

    4.Spatbor frame, saya pake spatbor kw modelnya the, [​IMG]
    lumayanlah untuk mencegah cipratan air ke badan dan muka :), saya ga pake spatbor belakang karena pake pannier rack.

    5.Stash pack, atau tas yang nempel di bagian belakang saddle, saya pake topeak serinya lupa :D, [​IMG]

    yang jelas muat kunci l set, ganjelan caliper, alat pembuka ban dan satu buah ban dalam, bahannya ga anti air tapi terlindung karena berada di bagian belakang dan ketutupan saddle

    6.Pannier rack, saya pake topeak (lagi :D), seri super tourist dx disc, [​IMG]

    nempelnya ke frame belakang sehingga kuat menahan beban sampai 25 kg, tips jika menginginkan memasang rak yang sama adalah pastikan frame sepeda anda type hardtail, (untuk yang softail bisa pake rack yang mountingnya di seatpost, tapi kekuatan untuk menahan beban paling hanya 7-9kg dan dalam jangka panjang bisa merusak seatpost maupun frame) kedua pastikan di bagian rear end ada eyelet (biasanya di atas kaliper) dan di bagian seat stay terdapat braze-on, kalo di seat stay ga ada lubangnya jangan khawatir, bracket rack bisa dipasang ke seat clamp :)

    7.Kunci spiral, saya pakai master lock, [​IMG]
    bisa ngiket 2-3 sepeda, penting banget kalo om/tante tipe cyclist yang suka mampir-mampir :), pengennya sih rantai kryptonite, apa daya harganya yang ajaib belum terjangkau sama saya :D, lumayan tuh rantai diiket ke pinggang kalo lagi gowes. Bisa buat nabok kendaraan atau orang yang cari gara gara >:

    8.Yang terakhir pannier bag, kebetulan saya pake topeak (lagi lagi topeak :D) serinya mtx type berapa saya agak lupa,
    [​IMG]

    yang jelas bagian sampingnya bisa dibuka jadi side bag, kapasitasnya lumayan, bisa muat baju, celana, handuk kecil, perlengkapan mandi, tablet, hp, dompet, charger hp dan tablet, insulock, kunci spiral, jas hujan (single, tanpa celana) serta cover bag untuk kondisi hujan, itupun belum penuh lo :D

    Yah, itulah aksesoris untuk b2w yang nempel di sepeda saya, sampai saat ini saya merasa cukup dan sangat terbantu, kalo ditanya aksesoris apa lagi yang mau dipasang, jawabannya rear fender yang compatible sama pannier racknya dan standar samping :D. Sekedar memberitahu, bahwa aksesoris yang saya gunakan rata-rata sudah 1 - 2 tahun menemani saya b2w hampir setiap hari :), baik dalam kondisi kering maupun basah, untuk daya tahan sampai saat ini alhamdulillah belum ada yang rusak maupun bermasalah.
     
  13. mt

    mt Pensiun Dulu

    Foto sepedanya dong... :p
     
  14. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    siap om mt, belum sempet transfer fotonya dari kamera :(
     
  15. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    kalo liat post saya diatas ternyata banyak juga ya aksesorisnya :D, tapi jangan ngeper dulu om/tante, saya bisa punya aksesoris b2w segambreng kaya gitu ga dalam semalam terwujudnya, sabar aja, pelan-pelan ngumpulin dananya dan tahan godaan untuk upgrade komponen sepeda anda.
    Bagi om/tante yang tertarik untuk mencoba b2w, saya punya saran prioritas aksesoris yang sebaiknya dimiliki
    1. Helm, bel, kacamata, lampu depan dan belakang, ini merupakan prioritas pertama, sangat berhubungan dengan factor keselamatan anda, ga perlu yang mahal, helm mtb 200 rban sudah cukup, sedangkan bel cat eye kalo ga salah harganya sekitar 55 rb-60 rb untuk saat ini, sedangkan untuk lampu harus keluar duit agak lumayan, cat eye yang di bundling lampu depan belakang atau bahkan plus cyclocomputernya merupakan pilihan yang bijak, harganya saat ini sekitar 150 rb-300 rb tergantung tipe dan aitem bundlingnya.

    Untuk bel dan lampu merupakan slow moving dan akan dipakai dalam jangka waktu lama, ga ada salahnya beli yang berkualitas, sedangkan kacamata saya saat ini pakai Oakley kw yang bisa diganti-ganti lensanya dan bias diganti gagangnya pakai strap elastic, dan untuk helm kalo budget anda unlimited ya ga ada masalah mau beli helm yang 500 rban ke atas, tapi bagi yang budgetnya terbatas helm 200 rban merupakan pilihan yang tepat dibandingkan ga pake helm sama sekali :p

    Untuk kunci sepeda, hal ini merupakan prioritas utama jika tempat tujuan anda tidak menyediakan ruangan yang aman untuk menyimpan sepeda dan sepeda anda terpaksa parkir di tempat parkir umum atau anda tipe cyclist yang suka mampir mampir ke rumah orang lain atau toko

    2. Stash pack/top tube bag, pompa, dan tools, ban bocor merupakan bagian dari rutinitas cycling, ga ada salahnya anda punya pompa, tools dan ban dalam cadangan untuk menyelamatkan anda dari situasi yang menyebalkan, tentunya akan merepotkan jika anda harus membawa tools, pompa serta ban dalam kemana mana, itulah fungsi stash pack/top tube bag, tas itu anda install di sepeda dan sebaiknya jangan pernah dilepas kecuali anda lagi cuci sepedanya, pastikan peralatan dan ban dalam cadangan selalu ada di dalam tas, untuk pompa pastikan pompa yang anda miliki punya valve sesuai dengan tipe ban dalam anda dan mampu menahan tekanan sesuai tekanan maximum dari ban luar anda :D

    Untuk harga stash pack atau top tube bag sangat bervariatif, tergantung brand serta dimensinya, mulai dari 50rb – 250 rb, saran saya pilih bag yang bahannya cukup tebal sehingga tidak mudah sobek serta memiliki tali maupun bracket yang kuat dan kokoh untuk pemasangan tas tersebut ke sepeda.

    Oke, sekian dulu listnya, nanti saya tambah lagi.

    Btw hari ini daerah cikini sama jalan Surabaya muacet bener, seneng rasanya pake sepeda, bisa nyelap nyelip dan bebas cari jalan, walaupun kadang ngelanggar aturan :D

    Kalo ga mau Jakarta macet, banyakin jalur sepeda dan fasilitas pendukungnya, pemerintah dan pemkot Jakarta bikin lah suatu gebrakan yang membuat aktivitas bersepeda ke kantor itu sesuatu hal yang mempunyai nilai “lebih”, bergengsi dan mempunyai nilai jual sehingga pihak swasta nantinya juga tertarik untuk berpartisipasi.

    Buatlah para pejabat dan eksekutif gendut yang penyakitan karena kurang olahraga berpaling dari menggunakan mobil yang menghabiskan BBM dan menghasilkan polusi tertarik bersepeda ke kantor.

    Selain itu mereka juga nantinya bisa lebih dekat kepada masyarakat dan akan mempunyai hubungan social yang baik. Mereka dpt berinteraksi secara tidak langsung kepada kondisi real di masyarakat melalui kegiatan bersepeda ke kantor.

    Marilah kita buat Gap antara si kismin dan si kaya semakin menipis. Bekerja bukan hanya cari uang sebanyak banyaknya tanpa mikirin efek domino ke orang lain, tapi juga sarana untuk beribadah dan beramal.

    Mengatasi kemacetan dengan cara lain serta memperbaiki kerusakan lingkungan dan hubungan masyarakat yang sudah rusak biaya, waktu serta effortnya lebih gede lo daripada sekedar bikin jalur dan parkiran sepeda yang nyaman dan aman.
    Mohon maaf bila member cycling-id ada yang tersinggung dengan posting saya, atau postingan saya tidak sesuai pada tempatnya. Mohon diingatkan ya om mt bila post ini melanggar aturan, nanti saya edit atau delete sekalian, makasih
     
    gocad, pumashoes, gaputt and 5 others like this.
  16. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    numpang mejeng sepeda hybrid saya om :D

    [​IMG]

    [​IMG]
     
    agoes, tato, kyonichi and 6 others like this.
  17. mt

    mt Pensiun Dulu

    ^^ Mantep sepeda hybridnya :D
     
  18. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    tq om mt :)
     
  19. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    musim hujan telah datang, bike to work tetap jalan :)

    why?

    1. latihan fisik, terutama endurance

    2. jakarta kalo hujan banyak kolam renang dadakan, pake sepeda easy to change the route, turn around without breaking the law, dan ga ada ceritanya sepeda mogok, wkwkwk

    3. di jakarta hujan meninggalkan macet lo, hahahah, so saat macet ga ada kendaraan lain yang lebih fleksibel dibandingkan sepeda, kadang kalo lagi macet dan saya jalan di trotoar atau melawan arah banyak pengguna kendaraan lain yang ngeliatin saya dengan tatapan " shit, enak bener ya naik sepeda, ga capek ngopling sm konsentrasi bw kendaraan, gw juga mauuuuu bebas hambatan "

    4. jaga fisik dan mental, kalo musim hujan berhenti b2w kapan latihannyaa ? (ga punya trainer/roller)
     
    skid likes this.
  20. josephdiaknes

    josephdiaknes Active Member

    om pake cleat gk di spda btw ny?
     

Share This Page