1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

The Cadence Thread

Discussion in 'Latihan Sepeda Balap' started by mt, Jul 30, 2012.

  1. setzz

    setzz Well-Known Member

    Garmin edge 1000

    Sent from my E2353 using Tapatalk
     
  2. Izzi

    Izzi Well-Known Member

    Recommended sih iya... Ekonomis ???
     
  3. Tadi coba latihan gaya pusher sendiran, jarak 40 km, cadence di 70 - 80, gir depan 53 dan belakang di posisi ke 4 dari bawah (11 speed Shimano 105) kalo turun lagi ke gir yang kecil belom kuat kakinya hehehe. Nafas n jantung stabil di 160, kecepatan rata2 di 31 km/h, saya coba usahakan pantengin paling tidak 35 km dengan speed di atas 30 km/h hingga 40 km/h.

    Enaknya emang gak cepet drop, cuman ya agak nahan2 dikit pegel di paha hehehe.

    BTW saya masih betah make Bryton 310T (mampunya beli ini hehehe) dan Asus Zenfone Max buat stravanya yang juga udah bisa ant+ sehingga cadence sensor + hrm bisa ke detect di bryton dan di asus juga. Kalo ada rejeki pengen nyari cyclo yang buat monitor aja dari Asus seperti Wahoo punya atau Cateye yang buat monitoring doank.
     
    Aris Fauzan likes this.
  4. Ric

    Ric Active Member

    Ngomongin cadence, Nibali kemaren menangin Giro pake rumus high carb, high cadence. Kebanyakan skrg pro cylist yg berjaya skrg juga pd high cadence froomey juga tuh. CMIIW
     
  5. locke

    locke Cyclist Kebal Racun

    Komen ini mengingatkan sy ke komen2nya durianrider
     
    Kurnia Ramadhan likes this.
  6. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Sebenernya kalo kuat saya juga mau sih high cadence, masalahnya adalah gir dah mentok paling enteng tapi masih berat.....
     
  7. locke

    locke Cyclist Kebal Racun

    Jangan pake fixie dengan sprocket 11 om..Gigi paling enteng ya gigi 11 itu..pantesan aj masih berat
     
    red_cyclist likes this.
  8. Ric

    Ric Active Member

    Ganti crank compact aja om, kalo perlu pake sproket mtb dah, makin high cadence tuh :))
     
    Kurnia Ramadhan likes this.
  9. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Iya ini dah pake granny gear oms, gigi depan 3 ring dan gigi belakang dah segede piring /jk
     
    Kurnia Ramadhan and mardeinse like this.
  10. mardeinse

    mardeinse Penggemar Jeruk Nipis

    Hahaha itu persis sarannya durian rider...
     
    Kurnia Ramadhan likes this.
  11. U2nk

    U2nk New Member

    Permisi om om semua .mau tanya dong latihan utk menurunkan heart rate ,apakah dengan belajar cadence bisa menurun kan hr ,soalnya selama ini saya ga pernah kusus utk main cadence .saya soalnya type low cadence big gear ,hr saya selalu tinggi 165-170 ,kemaren malah sempet 195 .siapa tau ada yg mau berbagi ilmu .thx sebelumnya
     
  12. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Maksudnya ketika kapan om? Karena nilai HR tergantung kondisi.
     
  13. U2nk

    U2nk New Member

    Di saat ngepush buat saya si ,kurang lebih 40kmh gitu om
     
  14. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Kalo pas ngepush effort nya selalu maksimal berarti nilai HR nya selalu maksimal juga om, sesuai usia.

    Kalo buat gowes di 40kph, ditingkatin aja aerobic capacity nya (nilai VO2 max) dengan berbagai cara, salah satunya pake interval training atau mungkin nyetrika tanjakan. Kalo aerobic capacity nya naik, niscaya pas gowes di 40kph heart ratenya makin turun.

    Tapi inget gowes di 40kph butuh sekitar 380W maksimal, jadi perlu aerobic capacity (FTP/VO2 max) yang besar juga kalo mau narik lama2 di speed segitu :giggle:
     
  15. U2nk

    U2nk New Member

    Oooo gitu om ok ok ,berarti dengan kata lain ,latihan nanjak ,aerobic maksudnya apaan yah om ,maap yah soalnya baru di rb ,nah 1 lg maksudnya vo2 apaan om hahha agak ga ngerti istilah gituan ,semoga mau menjelaskan ,biar ga buta om ,thx sebelumnya
     
  16. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Aerobik maksudnya kita gowes mayoritas pake sistem pembakaran gula buat menghasilkan energi om. Makin besar kapasitas aerobiknya ditandai dengan makin besarnya oksigen yang bisa digunakan oleh tubuh untuk proses pembakaran gula dalam suatu waktu (volume oksigen maksimum = VO2 max).

    Peningkatan kapasitas aerobik ini salah satunya ditandai dengan membesarnya volume kamar jantung, terutama yang bagian yang buat memompa darah. Analoginya kaya mobil yang cc nya lebih besar, buat lari dengan kecepatan yang sama rpm nya lebih rendah. Karena ini, orang yang jantung (mesin) dan kapasitas aerobiknya lebih gede, HR nya lebih rendah pada effort yang sama dengan kita karena jantungnya yang gede sekali detak lebih banyak mengalirkan darah/oksigen ke seluruh tubuh untuk mensupply otot-otot yang membutuhkan.

    Nah cara meningkatkan kapasitas aerobik ini adalah dengan memaksa tubuh ngap-ngapan kekurangan oksigen secara berkala dan terus menerus ketika latian biar dia mau gak mau harus beradaptasi dengan cara meningkatkan oksigen dan gula yang bisa diproses buat bikin energi pada akhirnya. Latihan untuk ini yang paling sering dipake adalah interval training (bisa cari di youtube interval traning for cycling) atau apapun yang intense (sedikit lebih dari kapasitas endurance kita) tapi dalam jangka waktu yang cukup lama (sekitar 30-40 menit gak sama pemanasan pendinginan).
     
    Last edited: Sep 28, 2016
    yogadizz and ferdiandriska like this.
  17. U2nk

    U2nk New Member

    Ooo gitu ,ok om thx infonya , pokonya intinya ,kalo interval musti sampe titik darah penghabisan yah hehehhe ,berarti hr tinggi menandakan interval kita maxsimal yah ,sip sip ,thx infonya
     
  18. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Kalo latihan interval kan sampai lebih dari 100% om, pasti HR nya mentok ke atas hanya memang gak lama-lama (cuma pada interval tertentu sesuai namanya).

    Selamat latihan! :dj:
     

Share This Page