1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.
  2. Jersey CID V7.1 dan V7.3 telah dipesan. Untuk update terakhir KLIK desain 4

The Cadence Thread

Discussion in 'Latihan Sepeda Balap' started by mt, Jul 30, 2012.

  1. Izzi

    Izzi Well-Known Member

    Mau nanya nih...

    Tadi nyobain latihan cadence, ternyata yang saya rasain, waktu pedalling, kok rasanya posisi duduk jadi terangkat-angkat gitu ya ? (Nyoba konstan di rpm 100 - 115)

    Kira-kira apa yang musti disesuaikan ? Ketinggian sadel atau apa ?

    Trims...
     
  2. sekop

    sekop Contributing Member

    yg saya pernah dengar sih klo rpm cukup tinggi dan bokong terangkat2 berarti seatpostnya terlalu tinggi

    tptlk@GT I9070
     
  3. Mancastillo

    Mancastillo Wheel Sucker

    bukannya emang begitu ya? saya juga kalau rpm ketinggian pasti bouncing. kalau sampai bouncing itu kayanya rpm lebih dari 115 dan karena gearnya terlalu ringan. biar ga bouncing, bisa pindah ke gear yg lebih berat setingkat, jadi rpm bisa turun sedikit.
    biasanya atlit2 kalau lagi rpm tinggi kan selalu standing (terutama pas sprinting). soalnya susah rpm tinggi sambil duduk, otomatis badan bakal terangkat.
     
    sgunawan likes this.
  4. mt

    mt Pensiun Dulu

    Gw juga pernah dengar gitu. Tapi kenyataannya seatpost mau mentok pendek, kalo rpm tinggi tetep aja bouncing.



    Sent from Tapatalk 2
     
  5. sgunawan

    sgunawan Member

    sama spt saya ...
     
  6. Izzi

    Izzi Well-Known Member

    Jadi normal ya klo spinning diatas 115rpm jadi bouncing ? Kirain ada settingan sepeda atau teknik saya yg salah... Hehehe

    Sent from my GT-S6802
     
  7. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    normal om, pake mtb juga sama aja, kalo lagi nanjak rasio girnya kelewat ringan juga mentul mentul:giggle:
     
  8. ch00bzs

    ch00bzs Well-Known Member

    menurut saya sih yang mesti disesuai itu justru kaki kita
    ada yang bisa cadence tinggi kaki tetep stabil
    ada yng bisa bouncing gt keknya karena kaki ga bisa ngikutin cadencenya
    saya juga begitu
    kalo lagi ngikutin peloton roadbike pas mulai attack saya masih stabil kaki
    dengan cadence tinggi 130 RPM an *maklum pake FG rasio 48-17 :oops:
    pas pada agak konstan trus menurun kaki saya kan mulai lemes tuh
    nah mulai ga bs ngikutin cadencenya begitu deh bouncing jdny hehe
     
  9. Izzi

    Izzi Well-Known Member

    See... Emang berasa bouncing setelah >30-40 menit nyoba konstan di rpm tinggi...

    Awal-awalnya sih stabil, hehehe...
     
  10. wisnhu agung

    wisnhu agung New Member

    Kalau menurut saya sih latihan cadence yang efisien itu di indoor training. Pake roll maksudnya. Karena kita bisa konstan ngayuh gak seperti di jalan raya yang kehalang banyak faktor. Naik turun, traffic dll. Itu juga harus nemuin ngicik ideal masing masing. Mulai dari spinning cadence cepat dan marshing make power cadencenya lambat.setelah ketemu enaknya cadence ideal baru jadi patokan.tapi saya pribadi sih lebih nyaman make high cadence seperti kata orang banyak prinsip naik sepeda itu kan muterin gir. Setelah itu baru bisa kita praktekan di jalan raya.tapi kalo gak ada roll tetap safe riding...di jalan raya bener gak ya??
     
    andytio likes this.
  11. audi aldiano

    audi aldiano New Member

    Numpang tanya dong master2, di tanjakan dgn slope 12-15% biasanya optimal di cadence brapa ya? Saya pake 34x28 nahan di 65-68rpm rasanya mau meleduk ni paru2
     
    sgunawan likes this.
  12. mt

    mt Pensiun Dulu

    Masalah cadence optimal tergantung orang, otot orang beda beda. Saya kalau ke rindu alam bisa cuma 40-50rpm

    Sent from my GT-I9500 using Tapatalk 4 Beta
     
    sgunawan likes this.
  13. ellaello

    ellaello Active Member

    Hahaha. Balik ke sweet spot masing2. Kalo referensi2 sih menyarankan 80++ tapi klo konstan buat saya sounds imposibruuu. Tanjak terus om. :D
     
  14. mt

    mt Pensiun Dulu

    Kalau nonton balap2 kelas Giro apa TdF ngeliat mereka nanjak juga nggak nyampe 80++ cadencenya. Itu guide2 internet memang suka seenaknya. Paling 80++ tuh kalau lagi standing attack, itu juga itungan detik lah.
     
  15. sgunawan

    sgunawan Member


    harus latihan spt apa agar kalau nanjak dengan slope sekitar 10 % cadence cuma 80 ++ ?
     
  16. andytio

    andytio Fat Cyclist



    errrrrr...... latihan nanjak ?
     
  17. hasan

    hasan Well-Known Member

    Hehe permasalahan yg sama dg sy, powernya kecil bgt hehee

    Nanya, ada kolerasi ndak sih kaki besar identik powernya besar? Kaki kecil mungil bagus spinning nya ?

    Tq
     
  18. mardeinse

    mardeinse Penggemar Jeruk Nipis

    Kaki besar gt masa mungil.... Hahahaha
     
    Ardi likes this.
  19. hasan

    hasan Well-Known Member

    Haha berarti ndak ada kolerasi ya...logika sy kaki yg guuede besar powernya besar( mbayangin kaki nya bapak becak) hehe
     
    mardeinse likes this.
  20. mardeinse

    mardeinse Penggemar Jeruk Nipis

    Hahaha, guede besarnya bawaan orok ato hasil latihan? Kalo hasil latihan, kaya kakinya chris hoy gitu powernya pasti besar... Tapi gimana daya tahannya?
     

Share This Page