1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.
  2. Jersey CID V7.1 dan V7.3 telah dipesan. Untuk update terakhir KLIK desain 4

Teknik "Menyenangkan" Ber-MTB versi 2: Track Stand

Discussion in 'Teknik Latihan Sepeda MTB' started by galihleo, May 13, 2016.

  1. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    Setelah beberapa waktu lalu saya menulis mengenai teknik menyenangkan dalam Ber-MTB, yaitu Bunny Hop. Sekarang saya mencoba teknik menyenangkan yang lain, yaitu Track Stand.

    Pada prinsipnya, track stand sebenarnya adalah teknik paling dasar dalam ber MTB, bahkan beberapa orang bilang bahwa teknik yang harus dikuasai terlebih dahulu adalah Track Stand baru yang lain. Di video teknik MTB yang ada Hans Rey dan Martyn Ashton, teknik Track Stand diajarkan paling awal, baru teknik-teknik lainnya.

    Track stand mempunyai peran penting dalam melatih keseimbangan kita. Hal ini akan bermanfaat jika kita nanti bersepeda gunung melewati celah sempit, jembatan balok kecil, bahkan single track dengan pinggir jurang dan tebing bisa kita lewati dengan tetap bersepeda tanpa harus dituntun.
    Selain itu, apabila kita lagi melewati track yang teknikal, kita bisa memanfaatkan trackstand untuk mengobservasi track dengan tetap di atas sepeda dan tanpa harus turun dari track.
    Selain di track MTB, track stand juga bermanfaat waktu commuting. Misalnya ketika menghadapi lampu merah, track stand beberapa waktu sebelum lanjut gowes lagi tentu akan terlihat keren dan menghemat waktu jika dibandingkan kita menunggu lampu merah dengan kaki menyentuh tanah..
    Oiya satu lagi, dulu sebelum musim fixie menjamur dan banyak lomba track stand, saya dan temen-temen saya sempat jadi pemburu hadiah waktu CFD. Di beberapa CFD suka ada lomba sepeda lambat dengan hadiah HP (walaupun pada waktu itu, hpnya adalah hp esia 200ribuan). Tentunya lomba ini akan sangat mudah dimenangkan dengan teknik track stand. Saya sendiri sih belum pernah dapat, tapi beberapa teman saya sering dapat, sampai akhirnya di black list ga boleh ikutan, karena judulnya adalah LOMBA SEPEDA LAMBAT bukan LOMBA SEPEDA DIAM :bomb:

    Oke, setelah dirangkum dari berbagai sumber, video dan pengalaman sendiri. Saya akan coba tulis cara-cara track stand di thread ini. Teman-teman bebas untuk mengomentari, menambahkan, mengkritik atau mendiskusikan di thread ini.

    Sebenarnya, Trackstand akan sangat mudah dilakukan dengan sepeda fixed gear, karena hanya dengan menggerakkan sedikit crank ke depan dan ke belakang, roda belakang juga ikutan gerak, jadi akan tetap menyeimbangkan sepeda tersebut. Agak sedikit tricky untuk sepeda yang berfreewheel atau berfreehub, karena ketika kita pedal sedikit ke depan roda otomatis ikut maju menyeimbangkan, sementara ketika kita back pedaling langsung ngelos, hal ini lah yang menyebabkan keseimbangan waktu track stand di MTB menghilang.

    Sekarang mari kita coba bahas satu persatu teknik Track Stand di sepeda MTB.

    Hal yang pertama yang kita lakukan adalah tinggalkan pedal clipless dan sepatu cleat mu. Ganti dengan flat pedal dan sepatu biasa. Lalu kemudiang pasang posisi pedal di posisi jam 3 dan jam 9, alias horisontal. Pilih posisi kaki terkuat di posisi pedal belakang. Kalau saya sih posisi kaki kanan di depan.

    Untuk memudahkan awal belajar, kita bisa mencoba di lahan yang agak menanjak. Pasang posisi sepeda menghadap tanjakan. Lalu kemudian sambil berdiri, putar handlebar sekitar 45 derajat. Putar ke kanan atau ke kiri handlebar tergantung dimana posisi kaki depan kita. Apabila kaki depan di kanan, maka putar handlebar ke kanan, begitu juga sebaliknya. Hal ini dilakukan agar bagian belakang ban depan tidak bersenggolan dengan ujung sepatu kita yang dapat mengakibatkan hilangnya keseimbangan kita.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Sambil tetap handelbar diputar 45 derajat dan badan berdiri. Posisikan bahu sejajar dengan handle bar.

    Karena kita latihan trackstand pada lahan uphill, maka secara otomatis sepeda akan bergeser turun. Ketika sepeda udah mulai bergeser inilah kita memberikan sedikit tekanan pada pedal sehingga sepeda maju sedikit. lakukan gerakan ini terus-menerus, ketika sepeda mundur ke belakang, beri tekanan sedikit pada pedal sehingga maju sedikit. Gerakan maju mundur sedikit akan membuat seolah-olah sepeda kita statis di satu titik.

    Jika sudah mulai terbiasa di lahan uphill, kita bisa mencoba di lahan datar. Agak sedikit berbeda dengan uphill, karena sekarang mundurnya sepeda tidak dibantu oleh gravitasi, sementara kita juga tidak bisa back pedalling. Disini kita mengganti bantuan gravitasi dengan gerakan tubuh untuk memberikan sedikit dorongan ke belakang. Untuk membuat sepeda sedikit mundur ke belakang, kita dapat menggeser pinggul dan bahu kita ke belakang (memindahkan titik center of gravity), pada saat sepeda sudah mulai agak mundur, mulailah beri sedikit tekanan ke pedal.
    Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang agar track stand tercipta.

    Dan yang pasti, latihan terus menerus, jangan pernah bosan...

    :dj::dj:

    Salam
     
    farcantes likes this.
  2. farcantes

    farcantes Active Member

    Ane paling sering mengamalkan yang ini, soalnya bisanya cuma ini. Dan itupun jauh dari sempurna. Masih harus banyak latihan lagi.

    16 - 1.jpg
     
    galihleo likes this.
  3. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    iya om, latian terus menerus biar lancar... kalo diliat dari gambar posisinya sudah benar kok om :D
     
  4. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    Om @galihleo , saya sangat mengapresiasi bagi-bagi ilmunya disini. Thank you so much :love:
     
    galihleo likes this.

Share This Page