1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.
  2. Jersey CID V7.1 dan V7.3 telah dipesan. Untuk update terakhir KLIK desain 4

Teknik dasar ber MTB

Discussion in 'Teknik Latihan Sepeda MTB' started by 0600661160, Feb 3, 2013.

  1. 0600661160

    0600661160 Active Member

    Hallo semua yook kita buka discussie yang terbuka sapa aja boleh ikut..
    Apa sih yang harus kita pelajarin dalam ber MTB..
    MTB disini maksudnya bukan cuma cross ya. MTB itu pokoknya sepeda yang melalui tanah dan pake ban pacul. Entah mau maen di gunung kek di kebon belakang rumah yang lebarnya 1 hektar atau dimana...

    Oke gue mulai dulu ya karena gue yang mulai.
    1. latihan candence alias spinning. Dulu gue itu latihannya si di seli karena diameter roda yang kecil. Dulu si latihan pake frog yang 14 otomatis itu spinningnya makin banyak dan ya latihan rpm sendiri.
    2. Push up buat apaan nih ? Ini buat latihan badan atas karena kalo maen MTB otomatis badan kita kan selalu siaga dan kebanyakan itu bagian atas badan kita yang selalu siaga. Apa lagi kalo MTB lo pake hard tail. Xabi abis itu badan lewat makadam rasanya kaya naek bajaj di jalanan rusak. Sampe biji juga mau copot..
    3. unclip dan clipping nah ini penting gila. Ga mau dong malu apa lagi kalo ada cewe cantik yang liwat..
     
    hafidznasution, Syahrul and andytio like this.
  2. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    om 06, teknik dasar di thread ini teknik dasar setting sepeda atau ridernya ?
    btw nice thread om, gw suka senyum senyum sendiri baca tulisan lo yang campur aduk indo sama belanda:giggle:

    point 1 sangat setuju, latihan spinning sangat dianjurkan bagi yang suka nanjak dan lewat medan basah/berlumpur, power besar ga guna di trek yang seperti itu, yang ada bisa wheelie (tanjakan) atau slip (basah/berlumpur)

    point 2 setuju juga, terutama yang masih pake mtb fork rigid, ditambahkan dengan lompat kodok om karena kaki juga punya peranan penting sebagai suspensi dari tubuh kita sendiri

    point 3 kalo ga pake cleat ga perlu latihan kaya gini:giggle:(masih ngeri gw main MTB pake cleat)
     
    andytio likes this.
  3. reggie

    reggie Member

    Nice share om ninggalin jejak dlu, bnyak yg bsa d prlajari hehe

    Sent from my ST25i using Tapatalk 2
     
  4. 0600661160

    0600661160 Active Member

    Dari ridernya dong.. Nanti setting sepeda cuba lo buka thread baru oom ntar gue tambahin de
    Kan sub forumnya teknik bersepeda mtb..


    Verstuurd van mijn GT-P1000 met Tapatalk
     
    andytio likes this.
  5. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    hoo, ok om 06, coba ngasi informasi di thread ini dulu deh, namanya juga nubie:giggle:
     
  6. golist15

    golist15 New Member

    ga pnh pke MTB, gmn mulaine ya..
     
  7. john

    john Well-Known Member

    nurut gw the best body excersise buat mtb itu deadlift
    arm kokoh, grip kuat, core kenceng, paha betis kena
    posisi deadlift itu mirip dengan posisi naik sepeda gunung
    googling deh coba
     
    andytio likes this.
  8. rix

    rix Member

    Kali menurut saya semakin banyak main turunan harus semakin banyak Latham badan bargain atas
     
    andytio likes this.
  9. Ted

    Ted New Member

    Mulainya: Ambil (atau pinjem) sepedanya terus dinaikin, coba pakai muter2 komplek utk ngerasain feel dan handling sepedanya.

    Sedikit tips utk latihan tanjakan: kalau lagi tanjakan, usahakan jangan pakai "easy gear" atau gir paling ringan. Kalau biasanya pakai gir yg teringan, coba pakai gir kedua teringan.

    Memang kemungkinan ga akan kuat sampai diatas lebih besar dan ujung2nya TTB, tapi setelah 3-4 minggu latihan biasanya sudah bisa teratasi.

    Kalau sudah berhasil, pakai gir ketiga yg teringan (pakai yg lebih berat), dst.

    Kuncinya jangan tergiur pakai gir yg paling mudah. Dengan begitu kekuatan otot akan semakin ada kemajuan. Trust me, it works! (udah kaya iklan aja :D)

    Sent from my IMO S88 using Tapatalk 4 Beta
     
    andytio likes this.
  10. haris_greenplateau

    haris_greenplateau Active Member

    Ikut nyumbang ide Om, kalo ga tepat dikoreksi aja. Saya sendiri masih butuh banyak masukan.

    Selama ini saya cuma main XC, semata-mata cuma karena ingat umur (dan Budget).
    Setuju sama opini diatas. Latihan badan bagian atas berguna banget buat MTB-er yang suka meluncur di turunan. Pakai sepeda fulsus aja masih terasa capek apalagi pakai HT Fork Zo*m travel >100mm trus meluncur di jalan makadam. Rasanya kaya kesemutan stadium empat. kalo saya sendiri ngerasa pada saat nanjak atau di jalan datar beban tubuh lebih banyak bertumpu di pantat dan kaki. Tapi kalo jalanan turun hampir setengahnya bertumpu di tangan dan bahu. Semakin tajam turunan, semakin banyak pula beban tubuh yang bertumpu di Tangan dan bahu. tidak hanya menopang beban tubuh saja, tangan juga mesti siaga buat menjaga keseimbangan saat ekor sepeda tiba-tiba mengibas karena di rem mendadak. Tugas tangan dan bahu akan semakin berat jika posisi Rem horizontal dengan handle grip. Karena tiap kali melakukan pengereman jari tangan seperti membentuk sudut mendongak ke atas. Untuk meringankan tugas, ada baiknya untuk mengatur posisi tuas rem agar lurus dengan lengan.

    [​IMG]



    Perlu sesekali mengatur ketinggian seatpost. Sesuaikan dengan rute yang akan dilalui. Kalo saya sendiri, biasanya berangkat nanjak ke gunung. Seatpostnya saya bikin tinggi hingga posisi kaki hampir tegak lurus saat mengayuh, kata teman-teman biar ga gampang capek.
    Kalo sudah mau pulang seatpost diturunin. Ibaratnya, tanpa rantai sudah bisa pulang nyampe rumah. Ngayuhnya sesekali saja, yang lebih diperlukan adalah kaki bisa menjangkau tanah jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan. Berangkat pelan-pelan tapi pulang gaspol. Kadang kepeleset kerikil, tanah licin bahkan rumput basah. Saat-saat seperti itulah diperlukan reflek kaki untuk selalu siaga. Yakin aja reflek kaki bisa dilatih



    Safety first, kalopun kepaksanya pengen latihan MTB di medan DH tapi terlanjur beli sepeda XC travel 100 & angle tube 69 sebaiknya kecepatan disesuaikan dengan skill yang ada. Untuk yang satu ini saya belum pernah mencoba. Karena bagi saya, bersepeda itu untuk menjaga kesehatan dan bersenang-senang. Bukan untuk mengejar podium.

    Untuk tanjakan sendiri, sudah ada threadnya. Dan saya banyak belajar dari sana
     
    hafidznasution, ch_cx and andytio like this.
  11. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    Untuk disiplin downhill... jangan ragu atau gengsi untuk menyusuri trek pelan-pelan atau jalan kaki...

    kalo ga mau seperti ini :

    [​IMG]
     
    Shuga, Raka, hardi and 1 other person like this.
  12. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    geblek, desainer treknya kacau tuh
    ga ada warning sign:chainsaw:
     
  13. hardi

    hardi Well-Known Member

    Jalur nya emank dibawah kali, hahah
     
  14. bagusgowes

    bagusgowes Well-Known Member

    namanya juga downhill.. :) #blusukan
     
  15. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    dapet gambar itu dari 9gag, dan ada yg komentar kalo banyak noob yang nyemplung di titik itu, yang asal slonong di track tanpa melajari tracknya dulu..

    tapi emang sih kalo diliat dari jalurnya kebanyakan bakal ngira drop off di ujungnya
     
  16. dominatedekil

    dominatedekil New Member

    Nambahin dari pengalaman saya Om,

    Shifting juga menjadi salah satu yg terpenting,biar gowesannya efisien dan membantu biar gak TTB

    Butuh latihan untuk menemukan waktu yang tepat utk pindah gear. Jangan sampe telat pindah gear,memaksakan pindah di tanjakan dan rpm kurang,bisa jebol rantai n rd nya.
     
    Shuga likes this.
  17. viktorio asael

    viktorio asael New Member

    Mau nanya om, bisa gak latihan MTB di lapangan latihan Motocross?, karena di daerah saya ada tempat latihan motocross yg jarang dipakai
     
  18. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    bisa aja, tapi sepertinya sangat berat dan kurang efisien buat sepeda.. soalnya obstacle motorcross kan besar-besar, dan biasanya berada di lahan yang cenderung flat..
     
  19. viktorio asael

    viktorio asael New Member

    Terima kasih penjelasannya om, karena saya cuma pakai sepeda MTB ke sekolah jadi nyari-nyari tempat untuk main MTB dan dapatnya di tempat latihan motocross
     
  20. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    domisilinya dimana om?
     

Share This Page