1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Teknik Bersepeda Agar Kesuburan Pria Tetap Terjaga

Discussion in 'MTB, Down Hill, Dirt Jump, dan BMX' started by bagusgowes, Jan 15, 2016.

  1. bagusgowes

    bagusgowes Well-Known Member

    Buat yang suka bersepeda, masalah yang paling sering terjadi adalah cedera saraf/nervus di daerah penis dan testis akibat penekanan dengan sadel. Selain itu dapat juga terjadi kontusio testis atau dalam bahasa awam disebut memar testis. Trauma penis, torsio testis atau terpuntirnya testis, iritasi prostat, juga pernah dilaporkan terjadi.

    Akan tetapi, hal-hal yang dihawatirkan ini dapat dicegah. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya trauma, gangguan ataupun keluhan seputar daerah urogenital pria. Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk dapat tetap menjaga kesuburan bagi penghobi bersepeda:

    1. Pilihlah sadel yang tepat dan nyaman. Sadel yang dianjurkan adalah sadel yang cukup lebar sehingga memungkinkan terjadinya kontak antara bagian belakang sadel dengan ujung tulang duduk Anda. Apabila sadel terlalu sempit, tulang duduk Anda akan jatuh ke samping sadel dan menyebabkan ujung sadel/hidung sadel menekan testis dan nervus di daerah tersebut. Hal ini dapat menyebabkan rasa kebas atau nyeri. Anda juga dapat memilih sadel yang mempunyai cekungan atau lembah di tengah sehingga dapat mengurangi tekanan ke daerah testis.
    2. Gunakan celana bersepeda yang memiliki bantalan (padded) sehingga dapat mengurangi benturan ke daeerah testis.
    3. Ubah sedikit posisi duduk Anda di sepeda setiap 10 menit bersepeda atau condongkan ujung sadel sedikit ke bawah sehingga penekanan pada testis berkurang.
    4. Apabila terdapat opsi dalam memilih rute, sebisa mungkin hindari rute yang melibatkan jalanan yang berbatu atau yang berpotensi menimbulkan goncangan dan hentakan antara sadel dan badan.
    5. Apabila terjadi hentakan atau goncangan di sepeda, Anda dapat sedikit mengangkat badan atau mengurangi tekanan badan pada sadel sehingga gaya benturan tidak sepenuhnya diteruskan. Akan tetapi berhati-hati pula agar Anda tidak kehilangan keseimbangan ketika mengangkat tumpuan saat bersepeda. Oleh karena hal inilah maka tidak terlalu dianjurkan untuk mengambil posisi berdiri saat bersepeda kecuali Anda betul-betul yakin dapat mengontrol sepeda dengan baik.
    6. Terakhir, apabila Anda mulai merasakan timbul keluhan seperti nyeri atau rasa kebas di daerah skrotum/testis maka segeralah temui dokter spesialis urologi untuk mendapatkan pemeriksaan dan terapi yang sesuai sedini mungkin.
    Sumber: http://goowes.co/2016/01/13/teknik-bersepeda-agar-kesuburan-pria-tetap-terjaga/
     
  2. haris_greenplateau

    haris_greenplateau Active Member

    Ini thread penting banget, mestinya dipasang di Ngobrol Bebas biar nggak terbatas orang MTB saja yang tahu.
    Sekedar sharing, saya mulai giat bersepeda sejak juni 2012. Waktu itu belum nikah, dan sering di takut-takuti oleh ibu-ibu sekantor kalo naik sepeda bisa mand*l. Sempat kuatir juga sih... tapi alhamdulillah tidak terbukti, sekarang punya anak dua
     
    jikindra and ferdiandriska like this.
  3. abtob_bdhj

    abtob_bdhj New Member

    Intinya klo udh merasa 'panas' dibagian kantong menyan, sgera release dr saddle. Jangan dipaksa nempel disaddle trus, bahaya!

    Sent from my Lenovo A6000 using Tapatalk
     

Share This Page