1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Index Thread tanya2 seputar ban roadbike

Discussion in 'Road, Time Trial, dan Cyclocross' started by dxtr, Nov 19, 2012.

  1. Ernestkus

    Ernestkus Well-Known Member

    Kalo yg 2 pilihan diatas menurut saya masi ada unsur experimennya om
    Kalo mau yg paling ekonomis, pake ban yang sesuai peruntukannya. Biasanya ban buat 4 season, training, commuting, jauh lebih tahan bocor dibanding ban2 buat racing
     
  2. Adom Chien

    Adom Chien Member

    Iya om. ban yang sekarang masih bawaan dari sepedanya.
    nnti kalau sudah mau ganti, sepertinya pilih yang commuting paling cocok.

    om. saya ada ketemu ban air less / solid di aliexpress.
    sudah ada pengalaman pakai om ? kira2 aman ga ya :eyes:
     

    Attached Files:

  3. Ernestkus

    Ernestkus Well-Known Member

    Saya pernah pake merk Nexo di brompton. Trus saya jual setelah 5x ride :oops:
     
  4. Adom Chien

    Adom Chien Member

    nah lho.. kenapa di jual om ? berat ya om ? :eyes:
     
  5. Ernestkus

    Ernestkus Well-Known Member

    Like riding in the mud.. :oops:
     
  6. Adom Chien

    Adom Chien Member

    oooo.... :eyes: gak nyangka ternyata feel ride nya seperti itu ya :(
    thanks infonya ya om :yes:
     
  7. znugraha

    znugraha New Member

    Nyari schwalbe pro one sekarang susah ya... di olshop kosong semua. Mungkin teman2 ada info cari dimana? 700c x 25mm
     
  8. piak

    piak Active Member

    bukalapak ada koq om
     
  9. znugraha

    znugraha New Member

    Kosong semua itu..
     
  10. myopavp

    myopavp New Member

    Permisi mau tanya ukuran tekanan angin yang pas itu seperti apa?, Misal disamping ban tertulis 100Psi, apakah kita harus pompa sampai batas 100 atau kurang?
     
  11. tato

    tato Well-Known Member

    Tekanan ban yang pas itu tergantung berat badan ditambah berat sepeda, serta di dalam batas minimal dan maksimal yang tertulis di ban.

    Demi kenyamanan, alm Sheldon Brown memberi patokan ban itu terlihat sedikit gembung di bagian yang kena tanah waktu kita menaiki sepedanya.

    Bisa juga pakai patokan grafik di bawah ini:
    bertopresschart.jpg

    Kalau saya sendiri, berat total sekitar 76kg. Ban depan 23mm tekanan 95psi, ban belakang 25mm tekanan 105psi.
     
    Adom Chien likes this.
  12. Adom Chien

    Adom Chien Member

    mau tnya om. kebetulan berat rider + bike saya 100kg sama seperti contoh tabel di atas.
    kondisi ban depan uk 35mm (max 65 psi), ban belakang uk 28mm (max 85 psi).
    kalau ikut tabel diatas bearti seharusnya tekanan angin ban depan saya => 50 psi, ban belakang => 90 psi.
    tekanan ban depan saya biasa di pompa sampai 60 psi, ban belakang biasanya 85 psi.
    jadinya yang depan kelebihan tekanan, yang belakang kekurangan tekanan.
    ini nantinya akan bermasalah ga ya om ?
     
  13. Ernestkus

    Ernestkus Well-Known Member

  14. Adom Chien

    Adom Chien Member

  15. tato

    tato Well-Known Member

    Ga bermasalah. Tabel itu untuk 15% tire drop, jadi cukup "lembut". Selisih 5 psi tidak terlalu terasa.
     
  16. Adom Chien

    Adom Chien Member

    oooo... ok2.. makasi infonya ya om :yes:
     
  17. ahmad yusuf

    ahmad yusuf Member

    Selamat pagi semua, minta saran ban ukuran 700x25c budget 400k/pc kebutuhan daya tahan, karena digunain tiap hari commute .Ban bawaan udah botak terima kasih. salam

    Sent from my A1601 using Tapatalk
     
  18. Ramen Mk-II

    Ramen Mk-II Well-Known Member

  19. kunaskun

    kunaskun New Member

    ada yang pernah alami ganti ban luar ukuran persis sama dengan bawaan sepeda yaitu 700 x 25c, tapi setelah dipasang roda belakang ada gesekan sedikit di dudukan u brake, kalau diputar memang terlihat ban naik turun = butuh truing, tapi yang ga kena pun mepet banget mungkin ga sampe 2 mm jadi akan sulit sekali untuk truing karena memang mepet banget.

    nah anehnya ban asli bawaan sepeda yaitu kenda aman2 saja dan ada jarak lumayan kalah tidak salah ukur 8mm ke atas. ketika saya sebelahin velg + ban lama vs velg + ban baru, kelihatan ban baru jadi bikin lebih tinggi.

    ini kepengen ganti ban karena ban standard agak serem pas nikung di aspal pinggiran jalan yang ada pasirnya. ban baru pake schwalbe lugano. ada rekomendasi ban luar yang recomended dan tidak terlalu tebal? kebutuhan cuma buat happy riding di jalanan aspal khas pinggiran kota untuk bakar lemak paling belasan km pp saja.
     
  20. tato

    tato Well-Known Member

    Menurut saya, beda merek ban, beda pula ukuran pasnya. Tapi kalau sampai terlihat ban bisa selisih 2mm waktu roda diputar, rodanya yang perlu disetel dulu. Roda yang baik dan benar akan bundar sempurna setelah di-truing (alat truing itu presisi).

    Kalau setelah disetel bagian ban masih dirasa terlalu mepet ke frame, ganti ban dengan merek atau tipe lain? Apapun bannya, pasir di tikungan itu selalu membahayakan untuk road bike menurut saya. Apalagi pasir kering...
     

Share This Page