1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.
  2. Polling desain jersey CyclingID edisi ke-7 sudah selesai. MOHON SEGERA PESAN!!! KLIK desain 4

tanya ganti stem

Discussion in 'Service, Maintenance & Modifikasi' started by jasonshia, Sep 30, 2016.

  1. jasonshia

    jasonshia Member

    Om mau tanya kalo dropbar carbon di kombinasi dengan stem alloy gmn yah...

    rencana mau ganti pake yg lebih pendek

    mohon masukkanya om semua

    terima kasih CID
     

    Attached Files:

  2. ferdiandriska

    ferdiandriska Well-Known Member

    Setau saya sih gak ada masalah om, stem alloy - dropbar carbon vice versa.


    Salam,
     
  3. Soekotjock

    Soekotjock Active Member

    Nggak ada masalah oom
    Paling harus diperhatiin grease nya
    Gw lupa tipenya apa,tp ada grease yg khusus buat alloy ketemu carbon,biar nanti ngga lengket
    Krn material carbon kan paling benci diclamped,apalagi diclamped sama alloy...
     
  4. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Mau nanya juga om

    Soal headtube tinggi menurunkan handling, itu karena apa yah??
    Nah saya kan ngerasa stem saya sekarang (90mm) terlalu jauh kalo pake di atas (kalo di drop sih pas sih --- kalo lagi di lever ga enak banget too stretch forward meski enak tinggi)), nahhh katanya kalo pendekin stem bakal meningkatkan handling. Saya TBH ga pernah ada masalah sama handling sekarang, secara saya pake sepeda jarang genjot2an balapan sama orang. Nahhh pertanyaan saya

    Head Tube saya 17-an cm, kata orang itu super tinggi. Under that logic, handling berkurang.
    Kalau stem saya pendekin sedikit, akan berasa seperti apa yah? Dan kalau saya merasa stem sekarang kejauhan, mending dipendekin berapa cm dulu?
     
  5. Soekotjock

    Soekotjock Active Member

    Sebetulnya bukan tidak stabil oom,tp posisi dropbar makin tinggi brarti input steering makin dikit,jd dropbar baru digerakin dikit sepeda udh berubah arah
    Ada yg bilang klo hal ky gt twitchy,ada yg blg klo ky gt responsif
    Gimana masing2 orang sih itu oom...

    Klo stem dipendekin,malah makin tinggi ntar oom
    Makin twitchy klo kata gw,steering imput makin dikit sepedanya udh berubah arah

    Klo kata gw,klo mau handling lbh stabil (input steering agak besar) harusnya stem malah dipanjangin oom
    Tp jd masalah soalnya pake stem 90mm aja oom bilang udh terlalu strech...

    Btw sepedanya apaan oom?
    Size frame sm tinggi bdn brp?
    Spacer stem udh mentok diabisin?
    Klo spacer stem plg bawah bentuknya cone,cb diganti ama yg bentuknya rata trus diabisin smp mentok
     
    Last edited: Oct 2, 2016
    lawyerone and Ferdi Hanafi like this.
  6. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Merida Ride 100 2015 size 50
    TT 530, HT 160, spacer 3 biji yang kecil + 1 biji yang gede (equivalent 2 kecil) (lupa yang berapa cm, nanti saya ukur deh).

    Tinggi badan 175, Inseam 75, wingspan belom ngukur. Tapi saya ngerasa too stretched forward tangan saya. Awalnya saya merasa size 48 (Small) pas di tangan, tapi salesnya bico pada bilang kekecilan buat saya, katanya terlalu nekuk. Tapi masalahnya di size 50 saya merasa posisinya terlalu jauh kalo lagi pegang lever :')



    Apa mendingan saya turunin aja posisi handle barnya? Biar pendek seperti geometri aero yang TT panjang dan handlebar pendek? Soalnya sekarang di size 50 posisi handlebar sama saddlenya ga jauh

    [​IMG]

    PS: saya pernah coba geser2 saddle malah jadi ga enak, sepertinya saddle udah paling pas di posisi itu hehehe. Ada tips om?
     
  7. Soekotjock

    Soekotjock Active Member

    Coba slam that stem dulu oom
    Abisin dulu spacer stemnya
    Tar klo tnyt dpt fitting yg lbh baik,baru mulai ekperimen pendekin stemnya

    Soalnya klo ngeliat size chart nya merida sih nggak kegedean frame nya
     
  8. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Iya, memang mestinya ga kegedean itu frame :')

    Cuman reachnya aja agak stretched out. Ntah mungkin efek handlebar yang terlalu tinggi juga hahahaha.
    Btw ad rekomendasi torque wrecher yang murah ga buat bongkar pasang stem di carbon fork?


    Thanks yah om :D
     
    Izzi likes this.
  9. Soekotjock

    Soekotjock Active Member

    Gw pake nya tekiro oom,yg ujungnya bisa digonta ganti
    Punya bokap gw embat
    G sanggup klo bli ndiri soalnya,1set dapet fulcrum quattro
    Hahahaha...

    Torque wrench jgn bli yg murah oom,nggak presisi
    Mending bli yg mahal sekalian,bisa dipake buat mcm2 dan puluhan taon ga rusak2
    Punya si bokap ini ada mungkin udh 10thn dan works perfectly fine...
     
  10. lawyerone

    lawyerone Active Member

    :')

    Agak serem harganya hahahahhahaa. Mending buat beli WS wakakakkaakka
     
  11. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Tinggi headtube sih benernya bukan parameter ukuran frame yg sesuai.

    Aturan umum buat fitting adalah, makin tinggi cockpit (handlebar) maka makin pendek stem dan begitu juga sebaliknya.
     
  12. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Iya om saya tau. Biasa yang dilihat saat beli adalah ukuran frame sama Top Tube
    Nah yang saya ga ngerti adalahhhh, pernyataan om itu

    Logika ini dari mana? Hahahhaha. Dan apakah ini ngefek ke rasa stretched-out saat kita lagi di lever?
     
  13. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Karena tinggi rendahnya kokpit memengaruhi torso angle om yang mengakibatkan bahu maju mundur. Coba liat diagram di bawah ini:

    roadbikefitangles.jpg

    Sudut aslinya adalah yang warna item.
    • Garis merah: badan lebih tegak akibat kokpit naik, maka bahu jadi lebih mundur yang berarti stem harus dipendekin.
    • Garis biru: badan lebih nunduk akibat kokpit turun, maka bahu jadi lebih maju yang berarti stem harus dipanjangin.
     
    Soekotjock and lawyerone like this.
  14. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Ohhhh ic

    Jadi kalau misalnya saya merasa too far-stretched handlebar bisa diturunin (kurangin spacer) biar ga berasa terlalu jauh kan yah?

    Siiip deh om, nanti saya coba kurangin spacernya :D


    Terus nih om, kalau misalnya saya merasa posisi enaknya -2cm (mundur dari tempat hood lever), itu biasa spacernya diturunin mulai dari berapa cm dulu yah? Sedikit-sedikit atau hajar kurangin banyak sekalian? 2cm itu banyak ga sih om?
     
  15. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    2 cm banyak om, dituruninnya harus ekstrim mungkin sekitar 5-6cm.

    Mungkin belom biasa aja di posisinya. Coba difoto dari samping pas lagi naek sepeda (gak harus jalan sepedanya) dan tangan pegang hood, kalo sudut ketiak (antara upper arm dan torso - liat gambar di atas) adalah 90 derajat atau kurang maka berarti dah pas posisinya.

    Alternatifnya adalah majuin saddle. Yg perlu diperhatiin adalah, untuk tinggi 175 cm dengan sepeda geometri spt itu seharusnya jarak horisontal antara ujung saddle dengan BB gak kurang dari 6 cm.
     
    lawyerone, Soekotjock and rosandy like this.
  16. rosandy

    rosandy Member

    saya setuju sma om @hansadhitya majuin dlu aja sadel smpe dpet posisi genjot yg enak,baru setel barnya.soalnya kalo ud ubah sana sini handelbar,pas rubah sadel smua jd ga enak lg. kalo udh baru deh d cba kurangin spaser. jujur buat saya pun adaptasinya perlu gowes smggu byar nyaman dlu baru kerasa kurang atau pas tp ada jg org yg baru fiting trus cba naikin lgsung tau pas apa ga,mgkin krna pglamannya sma tbuh sndri, nah dri hal diatas brrti kita sndri yg harus paham maunya badan itu kaya gmn bru nnt setingan dapet yg pas. iini cma pndapat pribadi yaa. gud luck om @lawyerone
     
    baqyak likes this.
  17. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Sebenernya settingan saddle sama kokpit itu bisa dibilang misah tapi bisa dibilang nyambung juga sih.

    Pada umumnya saddle disetting dulu terus baru ke kokpit. Settinggnya sendiri-sendiri dan gak nyambung (misalnya kalo terlalu stretched out harusnya kokpitnya yg disetting lagi dan bukan saddlenya). Tapi dicoba aja eksperimen sendiri. Semangat!
     
  18. Soekotjock

    Soekotjock Active Member

    Klo gw selalu set dari saddle dulu
    Yg diincer pedaling position terbaik,trus baru ngincer kenyamanan duduk di saddle

    Abis itu baru settingan cockpit menyesuaikan

    Knp setting saddle dulu?krn parameter yg bs dirubah di saddle cm 3 yaitu tinggi seatpost,maju mundur saddle sama kemiringan saddle,dimana ngrubahnya susah bener biar presisi

    Klo cockpit kn parameternya ada stem,spacer,kemiringan dropbar,bentuk dropbar yg ngrubahnya lbh gpg biar presisi,tp boros jg mslhnya ngerubah2 cockpit

    Semangat oom @lawyerone mencari jati diri kembali
    Hahahaha
     
    lawyerone likes this.
  19. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Pernah coba geser2 saddle om, dan posisi saddle sekarang paling enak buat gowes. Dulu udah di setel pas di bico si saddle, dan memang posisi saddle sekarang paling comfortable.

    Sebenernya saya juga awalnya ngerasa belom biasa. Tapi lama2 ntah mengapa berasa stretch out. Bahkan saya lebih nyaman di drop bar ketimbang di levernya. Makanya berasa mau dirubah posisinya, hehehehe.


    Thanks saran om om :D
     
  20. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Kalo udah nyaman di drop, jadiin default position aja om di drop bukan di hood.

    Sebenernya pegang drop lebih aman daripada pegang hood karena tangan gak bisa tergelincir ke depan dan juga pengoperasian brake lever lebih mudah.
     

Share This Page