1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.
  2. Jersey CID V7.1 dan V7.3 telah dipesan. Untuk update terakhir KLIK SINI desain 4

Tanjakan?! Siapa takut?

Discussion in 'Teknik Latihan Sepeda MTB' started by Handy Chan, Apr 15, 2013.

  1. red_cyclist

    red_cyclist Rider Sruntulan

    Om @haris_greenplateau, mantep banget penjelasannya!! :D:D:D

    Saya coba tambahin untuk yang Tanjakan Tanah Lembek ya;

    Selama ini saya lewatin medan ini gara-gara pada dasarnya ini medan tanah yang abis keguyur hujan. Tapi beda sama tanah keras yang udah dibahas di atas, tanah yang ini kalo kena air jadi loamy, lengket gitu, bayangin gowes di atas nutella. Dari pengalaman saya, tanah lembek ga terlalu licin untuk dilewatin, tapi kendala utamanya itu resistance di ban lebih berat dibanding medan lainnya dan tanah-tanah lembek gini biasanya lengket, jadi nempel di ban semua dan bisa menuhin ruang antara ban dan frame/fork. Tipsnya, momentum harus bener-bener dijaga, karena kalo udah berenti, susah untuk start/akselerasi di medan ini. Belum lagi kalo sampe harus berenti dan sepatu cleat napak tanahnya, tanahnya bakal nempel di cleat juga, bikin susah clip-in. Walaupun licinnya ga separah di beton atw tanah keras, tapi traksi harus tetep diperhatiin. Kunci utamanya sih, harus pinter-pinter line choosing, cari jalur-jalur yang kira-kira tanahnya paling ga lembek.

    Kalo tanjakannnya udah berhasil dilewatin dan medan agak datar dikit, coba lihat sekeliling apakah ada genangan air atw kayu yang bisa ngebantu ngelepas tanah di ban :oops:

    Ban yang cocok, atw tire clearance (ruang kosong antara ban dan frame) yang besar sangat membantu di medan ini. Kalo di tanya ban yang cocok itu apa sih, saya belum bisa jawab soalnya selama ini ban saya jadi donat terus.

    Bonus pic:
    393494_10150404667574707_1540746263_n.jpg


    Untuk tanjakan Root Section, saya belum banyak pengalaman. Kebanyakan ketemunya di turunan :oops:
     
  2. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    Foto lama tuh hahahhaa:))

    Jangan lupa kalo di tanah keras licin, nanjaknya bisa sideways :giggle:

    Nanjak root section, yaaa kayak di hutan pinus lah le. Mesti milih kapan unweight buat lewatin obstacle tapi tetep maintain traction.
     
  3. VanYahya

    VanYahya New Member

    ijin gabung dan nyimak mas.. ane juga pecinta uphill

    salam dari bantul jogja
     
  4. Indra PT

    Indra PT Active Member

    Wah salam kenal juga mas, sama-sama dr Jogja. Biasa gowes ke mana mas?
     
  5. ANTASENA

    ANTASENA Active Member

    I like this post.. Kuddooss
     
    elha likes this.
  6. Syahrul

    Syahrul New Member

    Ilmunya manfaat om2 senior...
    karena kesalahan saya di poin 2 itu yg sadel terlalu tinggi bikin pinggul nyeri3x... ampe berhari2...:(
     
  7. elha

    elha Active Member

    apakah urusan tire clearance ini bisa diatasi dg pake wheelset lebih kecil? jadi pakenya frame buat 27.5 tapi yg dipasang 26.
    memang ground clearance yg kepangkas. tapi apa berkurangnya ground clearance menimbulkan masalah baru ya oom?
     
  8. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    Masalah baru bakal muncul om. Ground clearance yg kurang berarti tambah kemungkinan crank mentok ke obstacle/batu di bagian teknikal
     
    elha likes this.

Share This Page