1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Superteam C60

Discussion in 'Review Perlengkapan Sepeda Balap' started by pumashoes, Jun 4, 2018.

  1. ch00bzs

    ch00bzs Well-Known Member

    wah ga kalah ni sama yang di instagram ngaku abis fitting bisa turun Heart Ratenya sekitar 20 BPM
     
  2. pumashoes

    pumashoes Well-Known Member

    Yaelah seriusan bert. Biasanya gw ngikut peloton 40an di alsut palingan 2 lap juga udah copot, HR tinggi.
     
  3. perutbuncit

    perutbuncit New Member

    Ban dalamnya pakai yg brp panjang pentilnya om? Atau pakai valve extendernya?
     
  4. U2nk

    U2nk Member

    Chain ring g juga turunin hr bert wkwkkwkkw
     
  5. pumashoes

    pumashoes Well-Known Member

    Pake yg 100mm. Waktu beli ban dalem yang 80mm lagi abis.
     
  6. toko883

    toko883 Member

    Numpang foto om. Depan 50mm, belakang 60mm.[​IMG]

    Sent from my Lenovo P1a42 using Tapatalk
     
    andytio, pumashoes and Donny386 like this.
  7. perutbuncit

    perutbuncit New Member

    saya mau ikutan review..

    Saya beli lewat seller yang sama, om yg diatas ini pelakunya. saya pilih spoke nya 20-24 biar sedikit bomb proof dengan deep 50mm depan 60mm belakang berat nya kurang lebih 1690-1700 an.
    langsung saya pesan pertengahan puasa dan baru sampai sebulan setelahnya. pas sampai lumayan kaget, packaging nya rapih banget, ada kotak kecil isinya QR,Brake pad, Spoke cadangan,Valve extender dan buku panduan.
    baru kali ini saya liat brand china ada buku panduannya, ada dua bahasa english dan chinese. dibagian wheel ada card checklist macam kalau beli wheelset bermerek lainnya
    besok nya langsung saya test dan enak banget untuk trek flat , nahan speed diatas 40 enak banget, untuk side wind sedikit lumayan terasa.

    saya rencana beli wheelset ini buat gaya biar kece pas tour de ambarukmo nanti. kebetulan saya sendiri tinggal dijogja, akhirnya setelah seminggu dipakai flat saya nekat coba nanjak ke panggang, rute yang bakal dilintasi TDA nanti
    niat saya mau uji brake track nya pas diturunan karena kebetulan masih garansi, khususnya setelah kopi panggang yang lumayan curam dan ada U turn yang sangat sangat membahayakan kalau gk tau medannya.
    untuk asuransi akhirnya saya relain beli brake pad swiss stop black prince biar hati lebih tenang sedikit, brake pad black prince sendiri review nya sangat bagus sekali, heat tolerance dan modulation nya lebih bagus.

    sampai dipanggang disaat nanjak gk terlalu berasa bedanya dengan wheelset saya sebelumnya, saya pakai fulcrum 5 sebelumya, dan sampai dipuncak nya dekat kopi panggang saya sempatin istirahat sebentar dan berdoa semoga selamat sampai bawah (ini beneran wkwkw) disaat turun saya brake 5 detik lalu lepass sekian detik lalu brake lagi, sampai lewat turunan curam dengan U Turn mau gk mau saya mesti brake panjang dan lumayan lama, karena kalau tidak saya bisa tembus ke pagar pembatas, dan pas belokan tersebut mungkin karena saya rem terlalu keras ban belakang saya nge lock, hampir jantungan disini, sesampai dibawah saya berhenti dan cek kembali brake track nya, dan hasilnya, AMAN SENTOSA, gk ada scratch gk ada bleyot atau apapun (nanti saya update photonya) yang parah hanya dibagian side wind, mungkin karena tanjakan panggang ini lokasi nya dipinggir pantai jadi angin nya kencang sekali terasa banget teman saya yang hanya pakai dbwheel RR aja ikutan ketiup apalagi yg deep.

    mungkin banyak orang yg takut atau tidak percaya dengan brand china, saya sendiri termasuk salah satunya. tapi pintar2 aja disaat research nya. saya pilih superteam juga karena banyak yg review dan yang pakai, diinstagram pun banyak yg pakai #superteamwheels, diyoutube,di amazon, digoogle aja dehh..

    saya belum bisa bicara untuk durability jangka panjang nya, tapi untuk saat ini , saya puas dengan wheelset ini, dengan price yang affordable. bikin sepeda keliatan tambah ganteng dan hasilnya makin semangat sepedaannya.
     

    Attached Files:

    Last edited: Jul 16, 2018
    bleui, pumashoes, john and 5 others like this.
  8. toko883

    toko883 Member

    Saya juga pertama kali pake carbon rim. Sebelum nya mavic yg alu+carbon. Terus terang rasa ngerem nya ga ada beda nya sama alu. Memang blom coba saat kondisi basah. Pake brakepad bawaan superteam saja. Mungkin yg dimaksud basalt rim brake itu memang bener2 bekerja seperti yg di iklan kan.

    Sent from my Lenovo P1a42 using Tapatalk
     
    pumashoes, john and Donny386 like this.
  9. Iswan Pradiptya

    Iswan Pradiptya New Member

    Om-om disini sudah ada yang sudah coba WS ini dengan alloy brake surface?sy kemaren cb kontak seller china. dengan powerway R36 ceramics, alloy brake surface dikasih harga USD480...

    bakalan kena tax barang masuk berapa ya...

    Sent from my MI 6 using Tapatalk
     
  10. pumashoes

    pumashoes Well-Known Member

    Summon @wsaputra
     
  11. wsaputra

    wsaputra Well-Known Member

    Ribet sih nanti urusnya karena banyak yang harus ditanya dan konfirm, mendingan lewat @toko883, harga relatively sama kok dan ga pusing juga jadinya.
     
  12. pumashoes

    pumashoes Well-Known Member

    Screenshot_2018-09-21-16-49-29.png

    Halo @aol. Superteam recommended buat price to performance. Kebetulan ada temen yang abis bikin head to head comparison superteam vs shimano dura-ace c50 dan pemenangnya adalah superteam! Kalo penasaran, akan saya upload datanya.

    Harga sebelum bulan puasa 2018 6jt rupiah dgn hub powerway r13. Tapi kalo saya ada rejeki pengen pesen lagi pake r13 ceramic atau novatec.
     
  13. aol

    aol New Member

    @pumashoes terimakasih abang uda sangat membantu saya ngambil keputusan.

    Setelah baca baca yg cukup panjang, akhirnya aku beli yg 50 mm deep, 23 mm clincher, bashalt braking surface pakai powerway r36 ceramic bearing seharga $400 + $55 ongkir dari seller china. Kalo mau pakai allu breaking surface, tambah $20 lagi. Wilsetnya baru dikirimin kemarin, jd masi beberapa hari lagi baru sampe ya.

    Sejauh ini tidak ada kendala apa apa kecuali seller chinanya yg cuma membalas email 1x sehari. Itu aja sih yg bikin lama. Tp setelah aku bikin payment, komunikasinya jd lancar . Payment lewat paypal.

    Sekian
    Aol
     
    pumashoes likes this.
  14. Dr Dre

    Dr Dre New Member

    Bro AOL, gimana wheelset nya , mantap kah? kena berapa pajak nya? trims info nya
     
    john likes this.
  15. Hi, om om boleh ikutan review gak wheel Superteamnya

    Oke om ... ini review saya setelah 76 hari tuh wheel set nempel di frame road saya hihihi
    Dengan sebelumnya saya memakai wheel set temen saya Fullcrum Racing Quattro alloy dengan spek sbb
    Lebar rim/ deep : 35 mm (Medium)
    Lebar luar rim : 23.2 mm, ETRTO 17C
    Lebar bagian dalam rims : 17 mm
    Stainless steel, double butted spokes & Aluminium Nipples
    16 (8 left + 8 right) front
    21 (7 left + 14 right), Two to one rear
    Berat total wheel set = 1725 gram

    Dengan wheel set ini saya dapat bertahan di speed 35-40 km/h dalam waktu 10 s/d 15 menit di depan pleton dengan kondisi jalan beton ditengah sawah kanan kiri (tepatnya jalan lingkar tanjungpura karawang) dgn heart rate 185-195 bpm. Sambil pake wheel set pinjeman ini saya juga sambil mencari-cari wheel set baru karena gak enak minjem kelamaan

    Karena saya masih awam pake RB saya bingung dan kebanyakan saran temen saya pake wheelset alloy aja fullcrum LG juga bagus katanya. Dan saya liat budget saya ada 3-4jt sedangkan wheelset fulcrum tiba tiba melonjak naik sampai" harga second sama dengan harga baru 2016-2017
    Akhirnya pupus sudah harapan saya buat beli...

    Sambil cari-cari dan nengok wheel set baru dan second merk lain di google dan BL akhirnya ketemu dah wheelset karbon superteam dgn harga barunya gak beda tipis dgn fullcrum quattro alloy

    Akhirnya saya mulai nabung lagi sambil liat" review wheel superteam (lewat yusup, instagram, juga disini) dan chat dgn sellernya BL @toko883

    Dan tabungan udah siap akhirnya saya pesan wheel set superteam costume PO. 1 Bln dengan spek sbb
    Lebar rims / deep : 50mm (dpn/blkng)
    Ukuran ban : 700x25c
    Type : cilincer
    Spoke depan : 18
    Spoke blakang : 21 (type G3)
    Hub : Power Way R13 (merah) std bearing
    Dengan nipple merah juga

    Pesan tgl 22 sep 18 nyampe tgl 18 okt 18
    Langsung pake test drive tgl 19 okt 18

    Pertama ngetest wheel set ini gue coba main trek datar dulu ngeloop di summarecon mall bekasi jarak 59.5 km
    Av speed : 27 km/h
    Max speed : 51.1 km/h (baru pernah sampe segini datar)
    Av HR : 135 bpm
    Max HR : 185 bpm (ini mustahil padahal biasanya sampe 195)

    check my strava acount MUHAMMAD NUR PAMUNGKAS -- activity 19 oct 18

    Karena masih kinyis kinyis tuh wheel set trus ada garansi braking surface pecah karena over head saat ngerem maka gue masih penasaran akhirnya gue coba lagi main endurance
    Jauh ~Bekasi - waduk pluit - Bekasi
    Activity strava 20 oct 18
    Temen pecah ban jadi distancenya kurang karena sampe rawamangun nge - grab

    Besok gue coba lagi ajak temen gue yg lain ke waduk pluit lagi lanjut ngeloop smb total 103.5km yeah akhirnya distance nya nembus 100km

    Karena wheelsetnya enak gue coba lagi goes gila sampe 201.5km ~Bekasi - Tebing Koja - Bekasi~
    Alhasil wheelset ini makin loncer dan garing suaranya jozz dah pokoknya
    Activity strava 28 oct 18

    Karena datar datar gue udah yakin akhirnya gue coba main turunan kata orang orang wheel set karbon ringkih kalo di rem pas speed tinggi apalagi turunan apa bener?

    Test drive sekalian coba karena penasaran
    Maka gue tes ~Bekasi - Mang Ade Puncak - Bekasi~ Jarak 178km PP
    Activity strava 3 nov 18

    Pas turunan hotel Pardede gue speed sampe 66.6 km/h (actual speed garmin 820 gue itu 68.2km/h) trus gue tahan rem

    Ternyata gpp alhamdulillah lancar
    Gue coba lagi dengan speed menurun 50.2km/h karena gak ada lagi turunan yg curam panjang selain pardede di puncak
    Alhasil ga ada masalah apa pun

    Dan sesampainya di gadog ke katulampa hujan pun turun deras alhasil gue dedegan kata orang-orang kalo rims karbon kurang pakem kalo hujan
    Alhamdulillah saat hujan pun tak ada kendala berarti dan gue sampai dirumah dengan selamat dan kering lagi tau kan bekasi susah hujan hehehee

    Akhirnya sepeda gue cuci dan sevice lanjut gue pake lagi endurance ~Bekasi - Telaga Biru tanggerang - Bekasi
    Activity strava 7 nov 18

    Disini lah keluar suara decit saat di rem (kayak suara rims karbon mahal gituh )

    Padahal dari pertama pake sampe hari ini gue masih pake brake pad bawaannya alhasil semua hampir sempurna

    Satu yg masih kurang hub free hub R13 gue kendor dan ban belakang gue pun gesek ke frame tiap kali gue interval

    Pertama firasat frame gue yg bermasalah lolos quality
    Dan gue bawa ke bengkel katanya wheel setnya

    Akhirnya gue bingung dan saat di check sama mekanik andalan gue di bekasi ternyata dudukan lubang QR nya udah kendor mas akhirnya dikencengin dan gue pake lagi ternyata aman setelah prutasi berhari hari gue

    Cacatan nya yaitu kalo pake RB udah masuk 200km kata mekanik andalan gue " sepeda harus di check ulang semua karena semua settingan akan berubah" seperti hub freehub dan headset karena tumpuan sepeda road ada pada bagian tersebut

    Mungkin itu aja yg bisa gue rasakan dengan wheel set superteam pada sepeda gue
    Garis besarnya yg gue rasakan
    1. Av Speed gue nambah dari
    Before 25-28 km/h
    After pake superteam 28-32km/h
    Dengan jarak tempuh yg sama 40-60km

    2. Heart rate gue pun stabil dari
    Before max 195 bpm
    After pake superteam max 182-185 bpm aja
    Dengan speed max 45-50 km/h

    3. Tarikan awal juga jadi terasa ringan dan buat nahan speed juga gak ngoyo padahal nahan speed 40-42km/h

    4. Emang terasa berat saat nanjak kalo pake deep yg terlalu lebar buat depan

    5. Lumayan melayang kalo ada angin dr kanan dan kiri pake deep lebar khususnya buat rim depan saja karena
    NB. Saran lebih baik costume deep depan 38mm dan blakang 50mm itu lebih aman buat kalian yg masih oleng bawa road

    Semua real lihat di My activity strava
    Jgn lupa invite juga ya kali kita bisa joint bareng goes sekalian sharing mohon bimbingannya bagi para master di cycling id dan penunggang RB lainnya ✌

    https://strava.app.link/fMfzGHOEYS


    Salam kenal buat para master saya goeser newbie dr luar planet Bekasi City hihihi
     
    bleui, kw2 and Donny386 like this.
  16. IMG-20181028-WA0005.jpg IMG-20181028-WA0042.jpg IMG-20181028-WA0005.jpg IMG-20181017-WA0008.jpg IMG-20181029-WA0004.jpg IMG-20181028-WA0029.jpg IMG-20181104-WA0021.jpg IMG-20181027-WA0008.jpg IMG-20181027-WA0005.jpg
     
    Last edited: Dec 27, 2018
    Adom Chien, masukiwa and toko883 like this.
  17. igacez

    igacez New Member

    C50 yg 7900cl atau yg 9000cl om? Ditunggu data komparasinya..

    Sent from my ASUS_Z017DB using Tapatalk
     
  18. Raditya Byantara

    Raditya Byantara New Member

    halo om2 semua, mau tanya mumpung ada om @toko883 juga. Saya sudah nabung untuk beli ws superteam ini, udah sempet ngobrol juga dengan beberapa teman dan ada yang bilang kalo ws full carbon (brakeline carbon) akan meleot kalo ban kebanyakan dipompa di tekanan tinggi. Saya kebetulan 90an kg dan biasa pake tekanan ban 120 psi. Nah kira2 om ada yang pernh pengalaman pake rim carbon/basalt dengan tekanan diatas 110psi terus menerus, kira2 rimnya bakal meleot gak ya?
     
  19. toko883

    toko883 Member

    Spesifikasi pabrik max 120 psi, pada prakteknya kita yg pake ban lebar 25mm biasa pompa di 95-110 psi. Untuk max berat rider adalah 120 kg. Sampai saat ini belum ada kasus rim rusak karena tekanan ban. Dan beli superteam di Toko883 ada garansi rim 2 tahun.
     
  20. pumashoes

    pumashoes Well-Known Member

    Belum setahun pemakaian, bearing freehub udah kena. Menilik konstruksinya, saya agak nggak yakin kalo mau bongkar pasang sendiri bearingnya. Jadi optionnya adalah beli sepasang bearing dan nambah effort buat masang (ke bengkel? C'mon..masa masang bearing doang ke bengkel) atau ganti 1 gelondong freehub body yang tinggal plek pasang aja. Lalu saya pm om @dasarbule buat nanya stok dan harga. Kebetulan 2 jenis barang yang saya tanyakan harganya nggak jauh beda, makanya saya putuskan untuk beli aja 1 gelondong freehub body. TAPI dari situ saya udah curiga bearing untuk R13 yang disebutkan kok beda sama yang saya pegang. Lalu sempat ngintip harga dan foto di aliexpress juga, kok jumlah pawlnya 3. Beda dengan bawaan pelek yang 6 pawl.

    Ok, setelah barang datang (dan nggak pake lama) daaaan... ini yang ditunggu-tunggu: KOPI BALIIIII!!!

    DSC_1289.JPG
    Paketannya lengkap beserta oli buat pawl dan sedikit grease beserta manual sheet via PM. Karena itu sudah malam, saya cuma foto ala kadarnya sambil liat bedanya selain jumlah pawl. Sempat saya pasang asal karena pingin denger suaranya yang sesuai dugaan: lebih garing dan enak!

    Ok, masalah mulai ketika saya melapor ke Pak C via gambar berikut:

    DSC_1292.JPG DSC_1293.JPG DSC_1291.JPG

    Menurut Pak C, freehub saya yang lama itu (sebelah kiri, warna seal bearing hitam) BUKAN Powerway R13. Dan beliau menebak apakah itu berasal dari wheelset Superteam? Hmm..

    Beda freehub body R13 versi Pak C vs Superteam:

    1. Dimensi keduanya sama, jadi plek langsung bisa terpasang di hub tanpa masalah
    2. Jumlah pawl versi Pak C ada 3, versi Superteam ada 6
    3. Seal karet versi Pak C sedikiiit lebih tebal, jadi ketika dikencangkan, putaran akan sedikit seret. Solusinya, pake aja seal yang lama
    4. Versi Pak C ada sepasang bearing yang SAMA PERSIS di sisi luar dan dalam, sementara versi Superteam bearing luar dan dalam beda ukuran
    5. Versi Superteam belum setahun pemakaian sudah rusak, versi Pak C belum terjawab (yaiyalah)

    Ok, selebihnya silakan dinilai sendiri karena masih terlalu awal untuk berasumsi apapun. Cuma yang jelas, bearingnya belum setahun (5000an km) udah minta diganti.
     
    Last edited: Feb 7, 2019
    ocokusoel13 and dasarbule like this.

Share This Page