1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.
  2. Jersey CID V7.1 dan V7.3 telah dipesan. Untuk update terakhir KLIK SINI desain 4

Index Thread Rakit Sepeda MTB

Discussion in 'MTB, Down Hill, Dirt Jump, dan BMX' started by mt, Jul 29, 2012.

  1. Indra PT

    Indra PT Active Member

    Walaaahhhh Ommmmm, cakep amat warnanya yaaaaaa:eek:
    Brakesetnya apa tuh Om
     
  2. wsaputra

    wsaputra Well-Known Member

    Warna kebangsaan, merah putih, hehe..
    Brakeset standard CX1 kayanya hydro non series atau alivio deh.. lupa.. tp itu lom ada discnya, cm di plek dari wheelset roadbike.
     
    andytio likes this.
  3. Indra PT

    Indra PT Active Member

    Salah satu paduan warna favorit buat MTB dan Road tuh Om. Kesannya galak:chainsaw:
     
  4. wsaputra

    wsaputra Well-Known Member

    hehe... kesannya aja galak Om... aslinya ramah berjamaah... merah+putih kan jadinya pink tuhhh sebenernya...
     
    Indra PT likes this.
  5. setzz

    setzz Well-Known Member

    ooms.. tanya donk..ga tahu dah di bahas blom.. beda rigid fork sm yg pake suspensi apaan yak? secara fork suspensi lumayan.. mahal..

    Sent from my GT-N7105 using Tapatalk
     
  6. maharga

    maharga Member

    om nanya kelebihan sama kekurangan crank dual chainring ketimbang tripel apa yak?
     
  7. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    Well, suspension fork yaaa.. untuk ngeredam benturan lah om :)). I mean, kalo di medan yang berbatu-batu alias makadam, pake fork rigid bukannya ga bisa, tapi kita mesti pinter milih jalur & tangannya luwes bisa ngikutin kontur treknya. Kalo ngga ya, biasanya tangan bakal cepet pegel. Pake fork suspensi aja kalo lewat makadam kadang2 masih sering sakit kok tangannya.

    Dual chainring itu kelebihannya nomer 1 ya lebih enteng, chainring cuman ada 2 dibanding 3 ya lebih entengan 2 kan? Ehehehe..:oops:

    Dual chainring sih keunggulannya nge-eliminasi rasio gir yang banyak numpuk di crank triple.
    p4pb6431703.jpg
    Nah, kalo diliat di grafik, bagian triple chainring kan ada tuh bagian2 yang overlapping rasionya (okay, itu triple chainring dengan kondisi masih 9-speed ya). Jadi walaupun kesannya kita punya total 27 kombinasi gir, banyak di antaranya sama. Banyak juga yang kena cross-chain jadi ga bisa dipake. Coba liat paling kiri. 22t di sprocket 11-34. Rasio 0.65 itu kan didapet dari 22/34 = 0.647 jadi 0.65. Mestinya range chainring ini berarti sampe 22/11 = 2.00, tapi ngga kan? Cuma bisa dipake sampe 1.47 atau di 22/15. Kombinasi 22/13 & 22/11 ga bisa dipake gara-gara cross-chain (di gambar, simbolnya cuman garis tipis aja). Begitu juga di 44t. Jadi kalo diliat, dual chainring untuk tiap chainringnya, kita bisa pake di full-range sprocketnya (kecuali yang 36-24) berarti kita bisa fokus di 1 chainring & cuma shifting di RD aja di bagian trek tertentu, ga ribet mesti shifting FD sering-sering.

    Kekurangannya? Range gearing dual chainring ngga segede triple chainring. Liat aja, triple chainring pake 9 speed bisa sampe rasio 4.00. Oke, kita bisa kejar pake dual chainring 42-30, tapi kan gear ratio paling rendah kita juga naik jadi 0.83 dibanding 0.65. Sedangkan kalo ngincer low gearingnya di crank 36x24 (bisa dapet 0.67) tapi top speed kita jadi cuman di rasio 3.27.

    Itulah kenapa biasanya dual chainring punya beberapa pilihan kombinasi chainring. Tujuannya biar tiap rider bisa milih rasio yang cocok untuk power, gaya riding & terrain tempat main MTBnya.

    Semoga membantu
     
    ppephe, maharga and andytio like this.
  8. andytio

    andytio Fat Cyclist

    Klo single chainring?
     
  9. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    Single chainring? Kalo maksudnya om andy di sini itu groupset 1x11 yang sekarang mulai rame dari SRAM, yaaa kurang lebih konsepnya sama lagi. Mereka nyoba kasih range yang sedikit lebih kecil dari drivetrain 2x10, tapi dengan keuntungan dapet bobot lebih ringan (ngga punya FD, shifter kiri & kabelnya) & cuma fokus di pergantian gigi di RD aja yang rangenya 10-42t. Nah, di sini lagi-lagi ridernya sendiri yang milih mau range gearingnya gimana dari opsi ukuran chainringnya berapa teeth. Karena BCDnya unik, chainringnya available bisa sampe 28t untuk yang paling kecilnya, paling gede 38t atau 40t kalo ga salah (tersedia di jumlah teeth genap saja :giggle:) SRAM juga nawarin keuntungan pake single chainring tanpa mesti pake chainguide.

    Kalo untuk single chainring yang modifikasi (1x10 atau 1x9) saya rasa itu kemungkinan datengnya dari downhill (DH). Kayaknya sih, rider2 MTB yang main All-mountain mulai ngeliat keuntungan pasang chainguide supaya rantainya tetep secure pas lewat bagian yang banyak guncangan (terutama di turunan). Jadilah FD & shifter di-ditch dan diganti pake chainguide. Begitu masuk jaman 10-speed & sprocket jadi 11-36t, pilihan chainring juga mulai banyak. jadi kombinasi chainring 32t atau 34t & sprocket 11-36 udah cukup ringan di tanjakan & cukup masuk akal buat speed di bagian-bagian yang lebih flat. Minusnya ya kalo udah ga kuat nanjaknya terpaksa nuntun, hehehee... Untuk top speedToh, kalo turunan di MTB, mau berapa sering sih pedallingnya? Tapi single chainring perlu sedikit trik yang agak beda pas ridingnya, terutama di tanjakan ya. Om @red_cyclist sempet posting di bagian tips nanjak di thread sebelah.

    Menurut saya sendiri, drivetrain 2x10 itu sebenernya sekarang yang paling masuk akal buat kebanyakan orang ya. Range gearing bisa cukup rendah buat nanjak, ngebut juga masih bisa. Pilihan cranknya dari yang 38x24, 40x28 atau malah 42x30 juga ada, jadi bisa cocok buat macem-macem tipe rider. Chainguide yang bagus buat double chainring juga udah ada. Tambah lagi, drivetrain 1x11 masih terlalu mahal & range gearingnya mungkin belum tentu cocok buat semua orang.

    Saya sendiri set-up MTB saya pake drivetrain 1x10. Kenapa? Saya suka simplicitynya, tambah lagi orientasi saya lebih suka nikmatin turunannya. Jadi single chainring + chainguide lebih aman pas turunan. Masak lagi asik-asik ngebut di turunan, mau pedalling terus teriak, "SIALAN, CHAINDROP!" :)):)):))
     
    Last edited: Jun 14, 2014
  10. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    di forum sebelah ada yang bikin "poor man" XX1..
    pake wolftooth chainring 30t dan tambahan cog 42 di sprocket..

    jadilah 1x10 tanpa chainguide dan ga kawatir rantai lepas.. Temen ada yang pake wolftooth buat DH juga aman sih..
     
    andytio likes this.
  11. red_cyclist

    red_cyclist Rider Sruntulan

    Gue banget :mad::mad::mad:

    Intinya kalo pake single chainring harus pasang chainguide....kecuali pake RD SRAM Type 2 atw Shimano Shadow Plus ditambah chainring single spesific/narrow-wide. Saya sendiri belum pasang chainguide, cuma pake FD yang buat dual chainring terus dibikin fix aja posisinya. Hasilnya? Ya masih chaindrop aja....

    Kalo mau yang simple bisa pasang yang begini

    8290.jpg

    Itu kaya FD diganti guide aja, biar rantai ga ke mana-mana. Kalo mau lebih aman ya yang model begini

    2012-x0_chain_guide-truvativ_x0_white_chain_guide-en.jpg

    Di bawahnya ada roller atw guide lagi, jadi juga ngeliminir kemungkinan chaindrop gara-gara back-pedal (muter pedal ke belakang).
     
    Last edited: Jun 14, 2014
  12. Indra PT

    Indra PT Active Member

    Emang setelah diteliti, rute dan track sepeda XC dan DH ternyata tidak memperlukan range rasio sebanyak triple chainring. Jd akhirnya skarang justru utk XC crank double lebih banyak dipakai. di disiplin Downhill malah pakai singgle.
    Seperti halnya di Roadbike, GS triple dr jaman dulu hampir susah jualnya, krn sedikit bgt yang mau make. Ndak tau nih apa di MTB jg akan seperti itu. Kalau di Roadbike dulu saya masih inget, org2 pada malu make triple chainring:giggle:
     
  13. andytio

    andytio Fat Cyclist

    ngeliatnya aja dah berasa ini parts berat banget

    jauh beda sama road punya hahaha

    deda_dog_fang_chain_guide_road_bike.jpg
     
    Indra PT likes this.
  14. Arif aboed

    Arif aboed Active Member

    I ❤️singlecrank...

    ImageUploadedByTapatalk1402714259.691369.jpg
     
    andytio likes this.
  15. Arif aboed

    Arif aboed Active Member

    Kalo udah pake single ga mau lagi pasang dualcrank...
     
  16. Indra PT

    Indra PT Active Member

    Sprocketnya sadis bgt om. Mega range yah?
     
  17. Arif aboed

    Arif aboed Active Member

    Iya om
    Yg besar saya pake one up 42t
    Yg kecil saya pake canfield brot micro drive 9t
    ImageUploadedByTapatalk1402714878.989857.jpg

    Depan pake chainring 34t

    Jadi kombinasinya 9t - 42t ..
    Sedangkan XX1 cuma 10t - 42t
     
    andytio likes this.
  18. Indra PT

    Indra PT Active Member

    wawwww, sprocket 9 T bisa buat Road ndak yah?:giggle:
    Mantep Om!:D
     
  19. Arif aboed

    Arif aboed Active Member

    Freehubnya 12 x 142 om..kalo road 9 x 135 , trus ada sixboltnya
    Ahaaa...jadi cyclocross doonng
     
  20. Indra PT

    Indra PT Active Member

    Ho ho, bgono rupanya. Lha wong make sproket 14 aja megap-megap ya Om, kok mau make 9:oops:
     
    andytio and Arif aboed like this.

Share This Page