1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.
  2. Jersey CID V7.1 dan V7.3 telah dipesan. Untuk update terakhir KLIK SINI desain 4

Index Thread Rakit Sepeda MTB

Discussion in 'MTB, Down Hill, Dirt Jump, dan BMX' started by mt, Jul 29, 2012.

  1. mt

    mt Pensiun Dulu

    Pertanyaan2 seputar merakit sepeda MTB, boleh ditanyakan disini, supaya terkumpul dengan rapih. :)
     
    darmamade likes this.
  2. Ammi HamzaH

    Ammi HamzaH New Member

    Judul thread: RAKIT SEPEDA MTB

    Itu maksudnya kompilasi antara rakit (getek) sama sepeda ya? Buat nyeberang sungai dong wkwkwkwk.
    Ijin ninggalin jejak dulu. Masih bingung mau nanya apa. Terlalu banyak pertanyaan.
     
    andytio likes this.
  3. mt

    mt Pensiun Dulu

    :confused:
     
  4. JalurPipaGas

    JalurPipaGas Akun Resmi Pengurus JPG Mountain Bike Park

    Salam kenal semua, kami dari JPG Mountain Bike Park, akun2 kami sbb:

    Akun Resmi Pengurus JPG Mountain Bike Park:
    1. FB 1: JPG Mountain Bike Park (jpg.mtb.park@gmail.com)
    2. FB 2: JPG Mountain Bike Park (jpgcommunity@gmail.com)
    3. Page FB: JPG Indonesia Mountain Bike Community
    4. Twitter: @Jalur_Pipa_Gas
    5. Instagram: Jalurpipagas
    6. Path : Jalurpipagas
    7. My Space: Jalur Pipa Gas
    8. LinkedIn : Jalur Pipa Gas
    9. Photobucket : Jalurpipagas
    10. Pinterest: JalurPipaGas
    11. Tumblr : Jalur Pipa Gas
    12. Stumbleupon : Jalur Pipa Gas
    13. Blog : http://jpgmtbpark.wordpress.com/
    14. Email: jpg.mtb.park@gmail.com
    15. Mailing List: jalurpipagas@googlegroups.com
    16. Forum : www : jalurpipagas.indonesianforum.net
     
  5. Jesa Nuhgroho

    Jesa Nuhgroho Member

    permisi suhu-suhu sekalian, ada yang ngeganjel nih pengen ditanyain...belom ketemu juga solusinya...
    Kebetulan ane biasa ngerakit sepeda sendiri (masih belajar), nah cuma kok knapa yah, susah bgt dapet settingan FD. Jadi, klo ane pake shifter-FD shimano (deore) dipasang ke crank deore pasti gampang settingnya, tapi klo pake shifter-FD SRAM (X4, X5, X9 udah ane jajal) kok susah bgt settingnya, terutama untuk chainring yang paling gede. Klo ane cuma pake dualchainring ga masalah, tapi klo triple, ga pas terus shiftingnya. Apa emang ga cocok ya? Tks atas tanggapannya.
     
  6. 0600661160

    0600661160 Active Member

    cranknya apa ya kalo bole tau?
    btw spek FD nya uda di lihat blom berapa maximum teeth yang bisa di tampung?
     
  7. Jesa Nuhgroho

    Jesa Nuhgroho Member

    Crank pake Deore, 42 teeth. Sekarang pake Shifter X9 FD X5. FD nya ane kurang tau max nya sampe berapa. Akhirnya, ane lepas yg chainring 42nya, jadi cuma pake dualchainring.
     
  8. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    setau saya rasio tarikan antara sram dgn shimano berbeda om, kalo sram 1:1 kl shimano 1:2, tapi ga tau juga kalo pengaruhnya sampe ke chainring
     
  9. 0600661160

    0600661160 Active Member

    hm.. Kalo FD itu bisa koq oom.. di cross antara shimano dan sram. Rationya sama koq.. Saya sendiri pakai fdnya masih shimano tapi shifternya sram

    x5nya yang 2x10 apa 3x10 kalau 2x10 mau di pakein triple speed ya gak bisa lha harus beli yang 3x10.
    Untuk maksimal teethnya coba browsing ke http://www.sram.com/sram/mountain/products/sram-x5-front-derailleur-0 de download yang bagian sparepart catalogue disitu nanti keliatan
     
  10. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    yang beda rasio cable pull itu buat RD, FD sama aja..
    ngomong2,tinggal liat tulisan di FDnya aja 2X10 ato 3X10, kalo 3X10 harusnya bisa soalnya rata2 crankset triple punya sram itu 44 outer ringnya
     
  11. 0600661160

    0600661160 Active Member

    Nah cuma 2 kalimat yang harus di inget!!
    Jangan nafsu dan stick to the budget.
    Inget kata nabi semua yang berlebihan itu ga baik.. Nafsu bisa membuat budget loose lho.
    Sebaiknya kalau mau merakit cari2 dulu info sebanyak2nya tentang barang yang mau di beli. Tanya semua orang kalau perlu sampe rumput yang bergoyang kalo bis.

    Trus jangan lupa baca manualnya part yang mau di beli dan sesuaikan dengan spesifikasi sepeda. Contoh beli seatpost. Kalau framenya membutuhkan seatpost 31,8 beli lha yang segitu jangan beli yang 27,5 atau kalau framenya itu tappered headtube beli lha fork yang untuk tappered dus juga headsetnya juga.

    Mungkin segitu dulu kali ya. Gue uda berenti dari rakit2 semendjak pulang ke sini. Karena blom dapet duit lagi. Kalau uda dapet kerja mulai lagi dongg
    Verstuurd van mijn GT-P1000 met Tapatalk
     
    sidik99, andytio and Andrew like this.
  12. reza105

    reza105 Active Member

    hmm jadi pengen nulis tips rakit mtb.. IMHO, mungkin seperti di bawah ini..

    1. Tentukan mau kategori apa
    Pertama pastikan dulu mau main apa. XC, trail-all mountain, freeride, downhill, dirt jump, slopestyle, 4X, dual slalom, trials, dan lain2.

    2. Budgeting
    Yang paling susah ini kayaknya, tapi kalo udah niat sih bisa kok bikin sepeda yg sesuai budget. jangan lupa, biasanya keasikan milih2 parts sampai lupa ngasih budget buat finishing kit sepedanya, misalnya stem, handle bar, seatpost, saddle, grip, sama pedal. biasanya di bagian-bagian itu kecolongan, jadi over budget deh. jangan lupa juga buat helm dan perlengkapan lainnya

    3. Tentukan parts yang sesuai
    melihat dari kategori dan budget, baru dipilih parts2 nya.

    untuk memilih parts, juga disesuaikan sama kategori. kalo main XC, beli frame XC trus dipasangin komponen yg sesuai. jangan misalnya punya sepeda XC trus tiba2 pengen main DH trus dipasangin fork travel panjang, bisa-bisa failure frame nya, trus celaka deh. yah kadang bosen main XC trus mau main DH tapi dipaksain, selain kasian sepedanya juga kasian sama diri sendiri, masalah safety..

    -------------------------------------------------------------------------------------------

    hmm mungkin ini sedikit general guide utk travel fork dan shock berdasarkan kategori yang populer:

    1. XC dan XC trail
    fork dan shock : travel 80-120mm

    2. Trail - All Mountain
    fork dan shock : travel 130-160mm

    3. Freeride dan DH
    fork dan shock : travel 180-200mm

    4. Dirt jump dan 4X
    fork dan shock : travel 80-100mm, kadang ada yang 120mm juga

    -------------------------------------------------------------------------------------------

    Hardtail (Tanpa suspensi belakang) atau Full Suspension?

    sebelumnya, ini saya anggap untuk MTB selain DH dan Freeride, karena 2 kategori itu biasanya udah fullsus..

    kalo mengacu kepada budget, dengan budget yang sama, biasanya sih bisa dapet sepeda hardtail dengan spek lebih bagus ketimbang fullsus. menurut saya pribadi, lebih baik punya hardtail yang lumayan daripada fullsus nanggung, tapi semua kembali kepada pilihan masing-masing.

    untuk yg baru bersepeda MTB, sebaiknya memulai dengan hardtail, kenapa? karena MTB awalnya dari hardtail juga, dan bisa lebih banyak belajar.. skill yang kita latih di sepeda hardtail bisa dibawa ke sepeda fullsus, tapi tidak dengan sebaliknya.

    kalo mau memulai dengan fullsus pun tidak masalah, tapi biasanya sepeda fullsus yang lumayan itu harganya ga murah..

    berikut tips bagaimana riding dengan hardtail, tentunya bisa diaplikasikan juga ke fullsus, dari bikeradar:

    http://www.bikeradar.com/fitness/article/technique-hammering-hardtails-i-16845/
    http://www.bikeradar.com/fitness/article/technique-hammering-hardtails-ii-16848/
    ada 5 part, tapi saya kasih 2 dulu, karena yg 2 ini basic nya.. saya juga masih belajar hihi :oops:

    untuk sepeda travel panjang seperti Freeride dan DH, biasanya memang sudah fullsus, jadi yah siapkan budget aja deh hehe..

    -------------------------------------------------------------------------------------------

    26 inch, 650B, atau 29er?

    hmmm yang ini juga kembali lagi kepada pilihan..

    kira-kira pros dan cons nya begini:

    26 inch
    Pros:
    - udah standard, parts mudah didapat
    - lincah
    - diameter ban kecil, jadi lebih rigid dibanding 650B atau 29er
    Cons:
    - kalo ketemu obstacle, roll-over nya ga sebagus 650B atau 29er, karena diameter yg lebih kecil

    650B
    Pros:
    - Ngga se-sluggish 29er dan lebih lincah dari 29er
    - roll-over obstacle nya lebih bagus dari 26inch, karena diameter lebih besar
    Cons:
    - ngga selincah 26inch
    - parts nya susah dicari, ngga semua merk punya

    29er
    Pros:
    - Roll-over obstacle nya paling bagus karena diameter besar, apalagi kalo dapet momentum
    - Untuk trail (jalur sepeda) yang flowy, katanya sih enak banget karena ngeroll terus, momentum nya kejaga.. (saya ga punya 29er, cuma pernah coba sebentar, itupun di toko)
    Cons:
    - ngga cocok untuk orang yang tinggi badannya kurang, katanya
    - ngga lincah kayak 26inch dan 650B, apalagi di technical trail. kalo ini kembali ke skill rider nya ntar
    - ada yg bilang, wheelset jd terasa kurang rigid karena diameter besar
    - parts juga agak jarang, walopun sekarang udah mulai banyak yg jual

    ----------------------------------------------------------

    kurang lebihnya mohon maap, postingannya juga agak kepanjangan.. kalo ada yg kurang tepat, mohon masukannya dan koreksinya
    semoga bermanfaat.:oops:
     
    Zyd, goebang, Mancastillo and 7 others like this.
  13. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    postnya mantab om reza105:D
    ditambah ada pro and cons-nya juga

    lumayan bagus sebagai panduan nubie yang mo belajar ngerakit sepeda
     
    Zyd and reza105 like this.
  14. reza105

    reza105 Active Member

    thanks ya om dxtr, kalo ada yang kurang2, mohon koreksi nya dan tambahannya :sorry:
     
  15. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    jika ingin sepeda yang bisa digunakan untuk semua medan
    atau ga mau punya sepeda banyak banyak tapi mo nyobain segala jenis trek mtb
    sebaiknya ngerakit sepeda mtb tipe all mountain

    why?

    sesuai namanya, all mountain, sepeda jenis ini sudah cukup untuk melalui segala jenis medan, mo nanjak ayo (ga senyaman hardtail dgn travel 80-100, tapi kalo suspensi depan belakang bisa di lock lumayanlah)

    mo nyoba trek downhill juga ayo (jangan dipaksa drop off terus yaa)

    trek teknikal juga ga masalah (set up suspensi, panjang stang, stem dll)

    mo buka jalur baru di hutan ? cocok banget

    see ? sepeda am bisa masuk ke semua level trek, mulai dari xc sampai dh tentunya dengan batasan batasan tertentu

    nahh kalo budget terus terang harga sepeda am itu lebih murah dari sepeda dh lebih mahal dari sepeda xc

    untuk saat ini range harganya sekitar 7-20 jt
    tergantung frame dan komponennya

    agak berat memang kalo baru pertama kali ngerakit
    tapi worth jika anda punya keinginan untuk mencoba berbagai jenis trek mtb

    monggo di kritisi dan diperbaiki pendapat saya

    terima kasih
     
    andytio, bleukatana2004 and reza105 like this.
  16. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    yups, benar sekali om dxtr.. pendapat saya sih kurang lebih sama. mungkin kalo sekitar 2-3 tahun lalu agak susah sih, cuma sekarang teknologi damper fork & shock ditambah layout suspensi sepeda yang lebih pedalling friendly bikin sepeda2 travel 140-160mm masih enak diajakin nanjak. geometri sepeda belakangan juga rata2 agak lebih slack di head angle jadi handling di turunan lebih mantep.

    kalo mau pilih sepeda fulsus sih (selama yakin ngga mau main downhill) saya lebih nyaranin sepeda travel 120-140mm, masih relatif ringan jadi enak buat di-handle. (tambah lagi kalo mesti nuntun sepeda pas ngga kuat masi lebih enteng dibanding yang travel 160an :giggle: )

    satu lagi, kalo mau rakit sendiri dari 0, mendingan bukan buat sepeda pertama, kecuali ada kenalan deket yang udah tau bener seluk beluk sepedaan bisa bantu. coba di-list barang2 yang kita pengen/perlu, termasuk pertimbangannya untuk tiap barang.. tambahin juga alternatif2nya yang comparable (dari segi harga atau fungsi). nah tiap kali nyari barang, list ini jadi guide kita. jadi kemungkinan besar sepedanya bakal mendekati target awal
     
    andytio, dxtr and reza105 like this.
  17. reza105

    reza105 Active Member

    kadang ada yg rakit supaya lebih murah, kadang ada yg emang mau bikin sepeda yg sekali bikin langsung bagus jd dipakenya bisa lama..

    sayangnya, seringkali rakit sepeda biar murah malah jadi lebih mahal karena faktor ketersediaan barang seken yang ditungguin eh ngga muncul2, jadinya cari yg ada aja di toko biar sepedanya cepet jadi.. jadi yg om FunRunner bilang soal rakit sepeda sebaiknya jadi sepeda yg long last itu ada benernya juga, biar ngga nyesel..

    soal sepeda All Mountain yg om dxtr dan om FunRunner bilang, setuju banget, all for one jadinya, kayak swiss army knife :yes:
    biasanya frame AM yg tergolong "oke lah masuk standar minimum" ngga murah karena fulsus..

    mungkin buat yg budget terbatas dan tetep pengen punya sepeda AM, bisa coba solusi agak sedikit nekat, rakit hardtail trail-AM yg didesain utk travel 120-140 (saya salah satunya, haha, tapi seru juga lho):oops:
     
    andytio likes this.
  18. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    om reza, sebenernya ga ada masalah dgn frame am hardtail
    suspensi belakang diciptakan dan diinstalasi pd frame sebenernya kan untuk kenyamanan rider dan daya tahan komponen supaya tidak cepat rusak saat menemui berbagai medan

    case yg sama sperti rider pak sepeda dj buat downhill, saat komponen kurang mendukung skill riderlah yg menentukan

    :)
     
  19. reza105

    reza105 Active Member

    emang ga ada masalah kok om, cuma kadang kan orang pengennya langsung fulsus hehe, saya si ga masalah pake hardtail :oops:
    betul om skill ridernya yg menentukan..
     
  20. riaddenoe

    riaddenoe Member

    Emang frame hardtail yg bisa tuk am tu yg gimana sih? Ane taunya hardtail paling cuma tuk kelas xc, dj n 4x
     

Share This Page