1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Project Sepeda Ceper (Surly Steamroller)

Discussion in 'Fixie dan Track' started by galihleo, Dec 1, 2019.

  1. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    Setelah sebelumnya berhasil membuat project sepeda ceper (http://www.cycling-id.com/threads/project-sepeda-ceper-wheel-26-on-27-5-bike.7157/)
    Kali ini saya kembali membuat sepeda ceper untuk Surly Steamroller istri saya.
    Sudah lama steamroller ini menjadi bagian dari keluarga sepeda kami, di saat sepeda lain datang dan pergi, rasanya hanya Surly Steamroller ini yang masih setia bertahan. Bukan apa-apa, sepeda ini sangat enak dipakai, bahkan untuk commuting, Steamroller ini rasanya lebih enak dibandingkan dengan Surly Pacer saya.

    Kurang lebih 10 tahun Steamroller ini kami miliki, sudah banyak lecet dimana-mana. Sudah banyak cerita dilalui bersama dan sudah banyak menjelajah aspal, bahkan sampai ke Timika Papua.

    Dari awal setup fixed gear seadanya,
    surly.jpg

    lalu dibuat single speed dengan ban CX
    surly 2.JPG

    Sekarang saya buat dengan setup agak ceper, di-convert ke ban 650B. Agar istri saya nyaman memakainya.
    Walaupun sebenarnya ini sepeda istri saya, tapi lebih banyak saya yang pakai, karena istri saya masih merasa kebesaran dengan steamrollernya.

    Walaupun dengan seatpost full terpendam, istri saya masih merasa sepeda Steamroller size 49 ini kebesaran. Karena istri saya masih sedikit jinjit ketika naik sepeda ini.

    Akhirnya timbul ide untuk sedikit memendekkan sepeda ini. Awalnya mau membuat sepeda ini dengan ban 26 dan rem discbrake. Tapi rasanya jadi kurang proporsional dan maksain, padahal sudah beli fork rigid almunium, discbrake depan aja dan juga rim 26". Setelah konsultasi dengan sahabat sepeda saya, om ranggapanji. Dia menyarankan pakai wheelset 27,5 dengan caliper long reach. Untuk sektor kokpit, hanya sedikit perubahan, memakai stem Amoeba Borla dan Handlebar FSA, boleh dapat dari diskonan cuci gudang BAB.

    Dengan memakai ban Kenda Kwest 27.5x1.75, membuat sepeda ini sedikit lebih ceper daripada sebelumnya, namun tetap proporsional dilihatnya. Jarak antara permukaan ban dengan crown fork tidak terlalu besar.

    surly steamroller (7).jpg

    surly steamroller (5).jpg surly steamroller (1).jpg surly steamroller (3).jpg surly steamroller (4).jpg

    Walaupun hanya turun sedikit, tapi istri sangat menyukainya. Tidak terlalu jinjit ketika dipakai dan terasa sangat pas.
    Mungkin untuk tahap berikutnya, mengganti crank arm yang agak pendek. Karena crank arm sekarang 170cm sering pedal strike.

    Di gudang menyisakan fork rigid, disc brake depan dan rim. Sisa dari project ini yang gagal terpakai..
    Semoga tidak khilaf dan menjadi sebuah sepeda lagi, heheheheh
     
    dasarbule likes this.

Share This Page