1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Polygon Helios C3.0

Discussion in 'Review Perlengkapan Sepeda Balap' started by dhaninugraha, Jan 4, 2014.

  1. dhaninugraha

    dhaninugraha Tukang Makan | Bali 2014 Organiser

    Jadi karena setelah berbulan-bulan tanpa sepeda, gw pengen balik ngaspal -- terutama karena pengen nyobain tarkam --, bulan lalu gw bungkus seekor Polygon Helios C3.0 size 48. Kenapa Polygon? Well, gw aja ga mau repot nyari brand lain, soalnya Rodalink deket dari rumah, dan gw dulu pernah pake Helios 100 tahun 2010. Emang sih waktu gw beli itu C3.0, Specialized lagi diskonan di BAB, tapi kok kayaknya males ya mampir-mampir apa nelpon ke BAB buat nyari size ama warna yang cucok. Emang dasar udah kebelet pengen gowes sih, hahaha...

    Sebelom beli gw udah telepon dulu Rodalink Pondok Indah (yang paling deket rumah), gw tanya ada gak C3.0 size 48 (sama kayak size Helios 100 gw dulu). Ternyata ada, tinggal 1, ya udah gw minta keep dulu. Gw pikir mau ambil C2.0 kok tanggung amat, trus ambil seri di atasnya kemahalan. Gw juga ga peduli banget sih ama groupset dll, yang penting asal shifternya udah STI gw udah seneng. Kapok pake shifter non-STI kayak punya 2300, capek di jempol... Ama ga keliatan keren aja hehehe...

    Tiba hari ambil sepedanya di toko. Pas abis ganti pedal (gw minta ganti Shimano M540, biar gw bisa pake sepatu spinning gw sekalian), gw naikin sepedanya... Ehh buset kok ini sepeda kecil bener? Sumpah ini sepeda sizenya sama ama Helios 100 lama gw, tapi yang ini beneran keliatan dan berasa kecil. Helios 100 gw dulu rasanya intimidating banget, gw bawanya somewhat grogi. Yang ini dinaikin kayak naikin sepeda undersized.

    Setelah minggu depannya dibawa tarkam dan dibawa gowes beberapa kali, dan sampe sekarang udah jalan ~600km, baru gw bisa komentar deh.

    Ini sepeda bisa dibilang 'pas' ama badan gw, like beneran pas, ngga kebanyakan setting aneh-aneh (tinggi gw 170cm BTW). Pas pertama dipake biji gw sempet ngilang, tapi itupun gara-gara setelan saddle terlalu dongak defaultnya. Begitu dilurusin, problem solved. Pantat ga ngomel dan selangkangan ga lecet walopun sadel standard (dan gw pake celana padding murah, dulu beli 150rb kali, busanya udah sobek-sobek), pegangan brifter pas banget, dropbar mau di flat apa di drop sama enaknya. Gatau defaultnya pas, gatau badan gw emang potongannya mainstream hahaha...

    Gw tempo hari sempet coba turunin handlebar sampe mentok ke bawah, dan potong steerer tube. Surprisingly dengan settingan ala tarkam gitu (handlebar mentok bawah, seatpost menjulang) gak pegel dibawa jalan jauh maupun lama! Lalu dengan konfigurasi kayak gitu jadi somewhat twitchy sepedanya, kerasa banget pas lagi off-saddle dan pegangan brifter ato pas lagi pegang brifter satu tangan sambil ambil/balikin bidon. Tapi gak liar-liar amat kok, malah bisa dibilang responsif... Pindah jalur kanan-kiri di Gatsu ama ngeles-ngelesin lubang juga enak aja, arahin kemana mata ngeliat, pindah sepedanya. Emang sih rasanya gak 'planted' alias napak gitu, tapi selama nurut kemana diarahin, cukup buat gw.

    Ride qualitynya... Yah enak enak aja sih, kalo kata oom @0600661160, af en toe gitu. Buat aspal halus yah nyaman aja, tapi kalo ketemu aspal kasar sepanjang Jalan S. Parman apa jalan konbloknya Pantai Indah Kapuk, ampun daaaahhh... Itu badan gw geter semua, dari tangan sampe pundak sampe pantat... Kalo off-saddle sih ga kerasa, tapi yah masak di S. Parman gw kudu off saddle sepanjang jalan? Kalo tadi siang pas gw lewat jalanan Legok ama Pamulang yang ancur sih, ya mau gak mau off-saddle, toh jalannya pelan banget juga...

    Kalo soal betot-membetot, jangan salah... Ini sepeda bisa banget dibawa ngebut, walopun judulnya sepeda endurance. Dalam kondisi standar, initial acceleration emang berat, entah pengaruh WS (Shimano WH-R500) dan/atau ban (Schwalbe Lugano 700x25)... Tapi yah bisa-bisa aja tuh tembus 56kph. Nanjak di Tosari ama Rasuna juga enak loh. Again, emang siiih ngeflex pas dibetot mendadak, but what can I say? Sekarang gw udah pake Hutchinson Nitro 700x23 BTW, dan larinya makin ajib ini sepeda. Di seputaran SCBD pas latian TTT tadi, betot ke 40-45 lumayan gampang loh.

    Overall sih ini sepedanya menyenangkan ya. Walopun disetting ala tarkam dengan handlebar rendah, tapi kok bisa yah masih nyaman gitu dibawanya. Secara udah teruji digowes 60-80km sekali jalan badan gw gak ngomel, otomatis settingan tarkam bisa banget gw pake buat B2W atopun touring. Naikannya sih lumayan, yah walopun ridenya somewhat jarring tapi gak ancur-ancur amat lah, masih bisa kok dibawa di jalanan Jakarta, ya asal sensible aja, jangan trus aspal jerawatan ama lobang dihajar-hajarin... Sepeda manapun juga ga enak naikannya pasti... Groupset Sora 9-speed yang baru selain cakep, juga lebih dari cukup buat dalem kota, dan tarkam tentunya. Flexing, yah dimaklumin aja lah yaaa... Pokoknya jangan kaget kalo abis U-turn Ratu Plaza, dibetot banget, kerasa ngek-ngok-ngek-ngok meleyot kanan kiri hahaha... *lebay dot com*

    Buat harga 7.1jt, gw sih seneng banget ama sepeda ini. Pas ama badan, bisa dibawa ngebut, relatif nyaman, bomb-proof pula. Carbon cuma di fork doang, wheelset R500, groupset ga fancy; ga takut ancur ato kenapa-napa. Worry-free banget. Walopun racun berdatangan, tetep yang di pikiran gw: di tarkam aja gw bisa lari sekian kph pake sepeda standard, buat apaan gw upgrade buru-buru yah? Gw pikir, daripada upgrade ini itu terus gw jadi malah kebanyakan mikir (takut wheelset out-of-true, takut GS salah setelan trus shifting jd ga enak, what if kalo upgradenya bikin sepeda jadi ga enak), dah standard begini aja si C3.0 udah cakep banget.

    Yang kepikiran mau ambil C3.0, ambil gih. Beneran. Ga bakal nyesel. Worth every penny.
    Anda ga bakal jadi yang paling keren di tarkam ato jadi yang paling cepet... Tapi sekali lagi: kapan lagi punya sepeda yang relatif terjangkau, nyaman dibawa, cocok ama setelan badan mainstream orang Indonesia, bisa ngebut, dan worry-free?


    PS: paging oms @the_albanna dan @igorrr, komentar juga dong soal C3.0 masing-masing hihihihi.
     
  2. the_albanna

    the_albanna Active Member

    mantep reviewnya dhan....:D
    emang helios C 3.0 ini walau banyak yg anggap remeh tapi tetep salah satu fullbike entry level dengan price performance terbaik menurut Gw. bentuknya ga malu maluin, dan nyaman dipake, dibetot betot juga masih oke, jalan jauh juga Oke. Selama nemenin gw 10 bulanan ini juga masi belum ada kendala berarti.
    kalo masalah kenceng mah kenceng aja dhan....lha lu latihan spining brapa kali seminggu coba:p. mau dikasih apa juga pasti ngacirrr....hehe
     
    sidik99, andytio, darmamade and 2 others like this.
  3. dhaninugraha

    dhaninugraha Tukang Makan | Bali 2014 Organiser

    dikasi Trek Kuning belom tentu ngacir yang pasti... hahaha...

    but seriously, ini C3.0 enak yah bawanya Mat... minim fitment issues sih di gw, makanya gw selalu gembar-gembor kalo ini sepeda pas plek di badan gw kan... kalo di lu gimana? kan lu udah ganti sadel segala tuh...
     
    andytio likes this.
  4. endtrue

    endtrue New Member

    ane kepikiran mau beli satu biji c3 tapi denger2 februari mau launching produk baru... jadi bingung :(
     
  5. Mardhika16

    Mardhika16 New Member

    seneng ngeliat ada yg ngereview nih sepeda.. setuju sama mas yg satu ini, saya juga pake C3.0 bener bener enak di pake jalan jauh.. :D
     
    dhaninugraha likes this.
  6. Mancastillo

    Mancastillo Wheel Sucker

    Langsung beli aja c3 nya. Biasanya launching produk baru itu akhir2 tahun kok.
    Lagian seri c ini kan baru, saya rasa produk baru gak akan ganti total, paling cuma ganti warna aja. Terus biasanya setelah launching biasanya gak langsung keluar di pasaran.
    Jadi, buat apa nunggu2 lagi.
     
  7. andytio

    andytio Fat Cyclist

    #racunberbalutlogika wkwkkkk
     
  8. endtrue

    endtrue New Member

    c3 sekarang dikisaran berapa gan? kalo ada yang jual 2nd mulus boleh tuuh.. hahaha :D
     
  9. dhaninugraha

    dhaninugraha Tukang Makan | Bali 2014 Organiser

    pake size berapa C3.0 nya, om? udah diapain aja?
    coba ditongolin di thread yang ini... ;)

    kalo keracunannya ada justifikasi kan rasanya gimana gitu om... less guilty wakakaka :oops:
    tempo hari liat di bukalapak berapa ya... 6.5jt gitu ya kalo ga salah? tapi gatau sih udah berapa lama pake tuh, om...
     
    andytio likes this.
  10. setzz

    setzz Well-Known Member

    @endtrue justru klo launching baru.. harga lebih mahal, klo dapetin tahun2 sebelumnya bisa lebih murah. Kecuali klo situ emng tend to get a new model.
    Dan blom tentu model baru lsg masuk ke distributor. Aplg di kota2 kecil ky solo. Rodalink ada di jln slamet riyadi, dateng aja ke situ sambil nanya2.



    Sent from my GT-N7105 using Tapatalk
     
    andytio and dhaninugraha like this.
  11. setzz

    setzz Well-Known Member

    Racun berbalut review.. padahal kita tahu tuh mo di apain c3 nya.. :D nunggu momentum aja wkwkwk

    Sent from my GT-N7105 using Tapatalk
     
    andytio likes this.
  12. Yumashell

    Yumashell New Member

    Salam kenal semua. Mantap owm Dhani reviewnya, dari kemarin naksir2 C2.0... kalau begini ceritanya nabung-nabung buat ambil C3.0 kali yaa :)
     
  13. Mardhika16

    Mardhika16 New Member

    @dhaninugraha saya pakai size 53 om, headtube tinggi sekali ternyata.. belum di apain nih cuma ganti saddle sama pasang cleat doang hehe
     
  14. t0n0

    t0n0 Active Member

    Mantab review nya omm... Jadi masukan berharga buat sy yg pengen beralih dari mtb.. nyobain maen rb tapi dengan budget terbatas..

    Maap kalo salah thread, numpang tanya sekalian, kalo di mtb sy pake frame ukuran 17", kalo di rb kira2 ukuran berapa ya omm..? Tinggi sy 169cm.

    Maap nubie bgt.. :)




    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
  15. andytio

    andytio Fat Cyclist

    Size 48-50 top tube 500mm aja
     
  16. dhaninugraha

    dhaninugraha Tukang Makan | Bali 2014 Organiser

    salam kenal juga oom... langsung C3.0 aja oom, C2.0 agak nanggung ya... hihihi... ;)

    posturnya mirip gw (gw 170cm)... bener kata om @andytio, size 48 ato 50 kalo di Helios C-series pas kok buat tinggi segitu...
    gw pribadi sih merasa pas banget di 48 ya...
     
    andytio likes this.
  17. t0n0

    t0n0 Active Member

    Hiihihi.. Masalahnya sy kalo ngukur tinggi badan.. Kadang 169.. Kadang 170cm tingginya omm..

    Atau karena kepala sy yg rada panjul (nggak simetris)..? Jadi kalo nunduk dikit pas diukur jd nambah tinggi satu senti.... :D


    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
  18. dhaninugraha

    dhaninugraha Tukang Makan | Bali 2014 Organiser

    ga masalah oom... yang penting kan ketauan posturnya segitu...
    48 cocok harusnya oom...
     
    andytio likes this.
  19. densoed

    densoed Well-Known Member

    kalau size 48 sama size 50 bedanya jauh ga sih om?
    kmrn tnya RL jgj cm ready size 50 :confused:
     
  20. dhaninugraha

    dhaninugraha Tukang Makan | Bali 2014 Organiser

    kalo diliat langsung sih keliatan ya... ga beda jauh, tapi keliatan aja kalo yang 50 gedean dikit.
    mending dateng ke RLnya trus coba naikin om.
     
    andytio likes this.

Share This Page