1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.
  2. Jersey CID V7.1 dan V7.3 telah dipesan. Untuk update terakhir KLIK SINI desain 4

Perbandingan Crank dan Freehub Gear

Discussion in 'Singlespeed MTB' started by Harjo, Jul 16, 2013.

  1. Harjo

    Harjo New Member

    permisi , saya nubie di single speed (sebenarnya tidak juga karena sudah lama pakai onthel phoenix dengan perb. gear 44/16. hhe) begini, saya mau bertanya tapi bingung di ruang mana. jadi saya buka di thread saja ya. mohon maaf kalau salah.
    saya pemakai wimcycle dragster26" yang memakai gear depan:belakang 36/16. karena sering merasa keberatan untuk genjotan awal dan wheelie, akhirnya saya ganti gear depan dengan 25T. sehingga perbandingan menjadi 25/16.
    Kebetulan beberapa saat lalu saya sedang main ke ace hardware dan memutar pedal BMX monggose chamber 20 coklat (ratio gear 25/9). hanya sedikit putar crank dah bisa muter ban belakang cepet. saya pikir karena saya suka main di landasan pendek saya merasa butuh karakter ini. perjalanan dimulai dengan mencari2 freehub ss. tapi yang tersedia di pasaran sekitar kota jogja hanya freehub BMX dan multi speed. pakai punya BMX tidak mungkin soalnya ga ada dudukan buat discbrakenya, pake multi speed hub ini yang memungkinkan dilakukan. saat bertanya ke pemilik toko, dia hanya punya cog ukuran 13 maka saya memiliki keinginan untuk mengubah hub belakang menjadi 13T sehingga perbandingannya menjadi 25/13
    menurut kutipan ini di thread om ted,

    Screen shot 2013-07-16 at 9.27.56 AM.png

    saya harus membuat perbandingan. maka saya membuat tabel ratio seperti di bawah ini.
    Screen shot 2013-07-16 at 9.42.36 AM.png
    nah, saya mau bertanya, apakah keinginan saya untuk mendapatkan kecepatan tinggi dalam landasan pendek dapat tercapai? lalu apa ada saudara2 yang dapat berbagi tentang makna dari perbandingan di atas karena kalau dilihat, perbandingan antara onthel saya (44/16) dengan bmx monggose 20 coklat (25/9) kok sama ya? terima kasih.
     
  2. Anton Dharmawirja

    Anton Dharmawirja New Member

    Rasionya memang mungkin sama om, tapi kan roda yang diputar beda.. BMX20" sedangkan onthel kalo ga salah 28" ya? jadi pasti effort utk memutar cranknya juga bakal beda.. kalau sekarang om mau pakai di dragster 26", pengalaman saya sih (saya pakai adrenaline 4X utk sepeda pumptrack 32-15t) yang aman 2:1 seperti yang Om Ranggapanji bilang, masih bisa dipakai kemana-mana. Kalau depannya pakai 25t belakang 13t sepertinya keinginan om utk akselerasi cepat bisa tercapai. IMHO yaa...
     
    Harjo likes this.
  3. Harjo

    Harjo New Member

    oom anton, wimcycle adrenaline 4x itu pake ban berapa inci ya?
    wah, pencerahannya membuka peluang untuk menabung lebih getol nih. thx, oom!
     
  4. Anton Dharmawirja

    Anton Dharmawirja New Member

    Adrenaline 4x pakai ban 26" om..
     
  5. Harjo

    Harjo New Member

    wah, sama kaya dragster kalo gt ya. makasi, oom!
     
  6. z85

    z85 New Member

    nubi nyumbang pengalaman om :sob:
    setingan magic gear utk frame police 17"
    cog belakang 13 chainring depan 32
    cog copotan sproket shimano 8 speed
    chainring bawaan shimano deore
    sip utk ngaspal klo utk oprod agak berat
     

Share This Page