1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.
  2. Jersey CID V7.1 dan V7.3 telah dipesan. Untuk update terakhir KLIK SINI desain 4

Orica-Scott Gunakan Teknologi Pelumasan Rantai Otomatis di 2017

Discussion in 'Commuting dan Bike2Work' started by bagusgowes, Jan 6, 2017.

  1. bagusgowes

    bagusgowes Well-Known Member

    maxresdefault.jpg

    Teknologi pelumasan rantai otomatis memang telah ada selama beberapa waktu, namun penggunaannya di sepeda dan pada saat ajang balap resmi masih menjadi perdebatan. Keputusan berani diambil tim Orica-Scott yang akan menggunakan teknologi Revo Via di musim balap mereka tahun ini.

    Revo Via mendapatkan tenaga dari dua baterai LR1, dan secara periodik meneteskan oli dari wadah yang menempel di frame ke komponen yang terdapat di dekat front derailleur.

    Sistem kerja Revo Via pada rantai

    Pelumas yang digunakan pun diformulasi secara khusus, sehingga cukup digunakan sedikit saja, lebih sedikit daripada oli atau pelumas rantai pada umumnya. Dengan volume tetesan yang lebih sedikit, itu artinya rantai juga akan lebih bersih. Disebutkan bahwa dalam tiap tetesnya bervolume 0,03 ml.

    Disebutkan pula bahwa pelumas tersebut tak mengandung zat aditif atau surfaktan yang lengket, dan diklaim memiliki koefisien friksi yang paling rendah. Kelebihan lainnya adalah oli itu biodegradable dan bisa dicuci dengan air.

    Lalu, apa yang terjadi jika sebagian kecil oli itu ada yang terpercik ke bagian pengereman, entah brake line atau brake pad? Pihak produsen menjelaskan bahwa karena kelebihannya yang bisa dicuci dengan air, maka oli itu pun tak akan berpengaruh pada pengereman. Pada saat pengereman, brake pad dan brake line akan bergesekan dan akan menimbulkan panas. Panas tersebut akan segera menguapkan oli yang tak sengaja terpercik, sehingga tak akan berpengaruh pada pengereman.

    Teknologi Revo Via menggunakan akselerometer, yang memastikan sistem itu bekerja hanya pada saat sepeda dinaiki. Ada tiga setelan seberapa seringnya rantai terlumasi, low, medium dan high.

    Baterai dapat bertahan hingga 7,5 jam pada setelan high, dengan tetesan 0,03 ml per 30 detik, 22,5 jam pada setelan medium (satu tetes tiap 90 detik) dan 37,5 jam pada setelan low (per 150 detik). Beratnya mencapai 121 gram (tanpa isi cairan pelumas).

    Kerjasama Orica-Scott dengan Flaer

    Shannon Bannan, general manager Orica-Scott berkata, “Kami menanti penggunaan teknologi ini. Flaer telah sangat inovatif dan kami tertarik pada banyak kelebihan yang mereka tawarkan".

    Tour Down Under adalah ajang World Tour pertama bagi teknologi Revo Via ini. Orica-Scott juga akan menggunakan beberapa teknologi lain dari Flaer, seperti spray pelindung bermerek Guard, dan cairan pembersih dengan merek Revive.

    Adaptasi dari tekonologi yang digunakan di sepeda motor

    Flaer adalah merek dagang dari Scottoiler Sport Solutions, yang membuat produk serupa untuk sepeda motor, sehingga bisa dipastikan bahwa perusahaan tersebut mempunyai pengalaman yang baik.

    Ide yang serupa akan diaplikasikan pada mountain bike, yang rencananya akan dimulai pada 2017.

    Sumber: http://goowes.co/2017/01/05/orica-scott-gunakan-teknologi-pelumasan-rantai-otomatis-di-2017/
     

Share This Page