1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.
  2. Jersey CID V7.1 dan V7.3 telah dipesan. Untuk update terakhir KLIK SINI desain 4

Nutrition for Cyclists

Discussion in 'Latihan Sepeda Balap' started by M.Andi, Dec 4, 2012.

  1. M.Andi

    M.Andi New Member

    om saya pemula nih baru 1 tahunan ini maen road bike, saya mau tanya om untuk sarapan yang dianjurkan sebelum gowes itu bagaimana ? thx
     
  2. rocketsnail

    rocketsnail Contributing Member

    Yang pasti usahakan kalori-nya cukup tinggi & sarapan setidaknya 1-2 jam sebelum latihan terutama jika latihan berat untuk menghindari rasa tidak nyaman. Usahakan juga makan sesuatu yang mudah dicerna & cepat jadi energi, contoh : pisang, susu, telur.
    Tidak ada patokan pasti dalam hal ini, masing-masing individu bisa berbeda-beda respon tubuhnya. Yang pasti, asupan 200-300 kalori sebelum latihan jauh lebih baik & bermanfaat daripada tidak sama sekali.
     
    ajib and sguna like this.
  3. M.Andi

    M.Andi New Member

    dan untuk selama perjalan apa yang baik untuk di konsumsi, sehingga badan tetap fit ? thx
     
  4. Mancastillo

    Mancastillo Wheel Sucker

    makan pisang om selama perjalanan. murah meriah, gampang dicerna, gampang dibawa kemana2 (masuk ke kantong jersey).

    kl saya pake beginian...

    guurazzf.jpg
     
    Afandy Morie likes this.
  5. rocketsnail

    rocketsnail Contributing Member

    Yup.. pisang boleh, recomended milo 3in1 bikin agak kental, per takaran saji bisa 120 kalori. Sayangnya GU gel mahal :sob:
     
  6. Jev

    Jev Active Member

    kalo saya sebungkus amino barnya lmen + segelas protein shake (1.5 scoops + 300ml low fat milk)...
     
    rocketsnail likes this.
  7. rocketsnail

    rocketsnail Contributing Member

    Fitbar, snickers juga boleh buat cemilan kalo kuatir terlalu banyak cairan.. Kalo saya lebih prefer fitbar soalnya gak bikin enek...
     
  8. leorio

    leorio Member

    CMIIW, creatine monohydrate,, suplemen creatine meningkatkan senyawa ATP (adenosine tri posphat) di dalam sel otot. mengakibatkan otot dapat menyimpan air lebih banyak.. benefitnya dapat meningkatkan kemampuan otot dalam latihan jangka pendek (mampu mengangkat beban lebih berat dibanding yg tidak konsumsi),, misalnya di binaraga. tetapi di olahraga jangka panjang (misalnya sepeda,lari jarak jauh,dll) creatine tidak berfungsi. karena kerja otot (repetisi) nya tidak terbatas. creatine disini menjadi tidak berguna.

    mungkin kalau memang mau memakai supplemen2 fitness bisa menggunakan ( tidak untuk menggantikan asupan makanan sehat harian ):
    L-carnitine ; studi klinis menunjukkan zat yang paling aman sbg "fat burner" mempercepat pengangkutan sel lemak menjadi energy (dipakai utk weight loss program)
    amino dan whey protein ; sebagai suplement tambahan untuk asupan protein sehari2
    glutamine ; suplemen tambahan untuk atlet / penghobi olahraga yang latihan sangat berat, membantu mempercepat recovery otot akibat stress berlebihan / overtraining
    CMIIW

    @om rocket_snail kalau mau ningkatin massa otot bisa coba gainer punya merk Weider.. cueepet bgt,, 23 gr protein, kalori 700kkal klo g salah. yg seember itu kemasannya, tp harganya haduuuuhh:suicide:
     
    mt and andytio like this.
  9. Jev

    Jev Active Member

    nah, saya juga kalo latiannya kira2 akan lebih berat dari biasanya (lari 10K, atau gowes 100KMan, atau renang jarak jauh) biasanya juga minum kapsul L-Carni (500 or 1000mg)...
     
  10. rocketsnail

    rocketsnail Contributing Member


    Useless om... Anehnya berat badan saya justru naik-turun tidak karuan ketika dikasih gainer (dengan pola & intensitas sama beratnya) ini pertanda nggak baik buat saya.. Akhirnya pilihan saya justru jatuh pada Milo 3in1 itu, bukan hanya murah (70 ribu-an per 1,2 kg dapet bonus box lagi hehehe) tapi kalorinya juga lumayan & saya malah bisa mempertahankan berat badan.
    Sisi positif lainnya dengan Milo ini kulit saya balik halus lagi, tidak seperti ketika mencoba berbagai macam gainer itu, jerawatan & kasar. Tapi ya balik lagi, reaksi tiap individu bisa berbeda-beda demikian juga dengan kasus creatine itu.
     
    andytio likes this.
  11. andytio

    andytio Fat Cyclist

    waduh gua juga butuh nih.... biar kinclong lagi
     
    Last edited: Dec 8, 2014
    Becakarema likes this.
  12. rocketsnail

    rocketsnail Contributing Member

    Huwahahahahaha... Awas om, mungkin saja reaksinya bisa beda tiap individu :giggle:
     
  13. leorio

    leorio Member

    iya om rocket, produk2 gainer itu biasanya ditambahkan sedikit "growth hormone".. ngga bener2 spt growth hormone siy, tp spt zat-zat yg membuat tubuh selalu dalam kondisi anabolic ( tubuh selalu bertumbuh menambah massa otot )
    naah efek samping biasanya begitu, jerawat punggung, daerah bahu, dll. cocok cocokan jg,,
     
  14. 0600661160

    0600661160 Active Member

    karena ada hormone nya itu ya..
    o ya GU beli dimana si disini dulu si saya kalo genjot doppingnya selalu ini
     
  15. calvinzCK

    calvinzCK Active Member

    gw mau kurus aja ga kurus2
     
  16. Ochad95

    Ochad95 Active Member

    Lah gua mau gemukan dikit tapi kaga bisa2-__---

    Sent from my E15i using Tapatalk 2
     
  17. 0600661160

    0600661160 Active Member

    ya uda lha ya jangan berantem uda subsidi silang aja..
    semua senang toch
     
  18. Ochad95

    Ochad95 Active Member

    Kalo bisa boleh juga tuh ahhahaha

    Sent from my E15i using Tapatalk 2
     
  19. leorio

    leorio Member

    sama,, pengen tembus dibawah 70kg jg ga bisa2.. 70,4 naik lg 71. 70,2 naek lg 71...
    ampun deh
     
  20. Ochad95

    Ochad95 Active Member

    Cara gemukin badan gimana sih om??

    Sent from my E15i using Tapatalk 2
     

Share This Page