1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

NJS/Keirin

Discussion in 'Fixie dan Track' started by dxtr, Dec 26, 2013.

  1. tato

    tato Well-Known Member

    Cantik ya... Simple, presisi, terasa kecepatannya tergantung penunggangnya.

    Dua hari lalu saya berkesempatan mencoba sepeda fixie milik teman. Kesimpulannya, saya merasa belum cocok memakai fixie...
     
  2. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    Damn... look so simple and sleek :love:
     
  3. hmdns

    hmdns #LookProGoSlow

    Nampaknya mulai sepi, coba saya sundul dulu dengan beberapa quotes tentang NJS yang saya temukan saat browsing...

    - A common misconception regarding certification is that it is a mark of quality, when in fact it is simply a mark of standardization; parts stamped with the NJS logo have become fashionable in recent years with some Western cyclists.
    Source : http://en.wikipedia.org/wiki/JKA_Foundation#cite_note-1

    - NJS is a hipster acronym for "really good resale value on ebay". (<~ ini lucu tapi bener juga sih hahaha)
    Source : http://www.cyclelicio.us/2006/11/njs-nihon-jitensha-sinkokai.html

    - NJS frames are characterized by their artisan craftsmanship and superior quality. These frames are made for the track and while durable and agile, should be treated with CARE and RESPECT. (About vintage-lugged frames) These frames are timeless, and as such, old frames carry equal if not higher amounts of respect and admiration as new ones.
    Source : http://www.infobarrel.com/Fixed_Gear_Bicycle_Guide_-_Best_Steel_NJS_Lugged_Track_Frames

    ---------------------------------------------------
    FYI : Balap keirin di Jepang juga terbagi jadi 2 gender, yaitu men keirin & women keirin.

    Japanese Men Keirin
    [​IMG]

    Japanese Women Keirin (sedikit penyegaran mata)
    [​IMG]

    Women Keirin School (bentuk betisnya ga ada yang santai !!!)
    [​IMG]

    Dan klo disadari, ada perbedaan 180 derajat antara sepeda men keirin dengan sepeda women keirin dimana men keirin dengan ciri khas sepeda vintagenya dan women keirin dengan sepeda "modern"-nya...
    [​IMG]
    [​IMG]
     
    andytio likes this.
  4. joshua08

    joshua08 Well-Known Member

    wehehe..keren..,so dengan kata lain "real men ride Steel"?!..gitu ya?!..hehe:p
     
  5. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    iya nih, sepi, mana sih TS-nya ? wkwkkw
    lagi ngumpulin data tentang keirin racenya
     
  6. hmdns

    hmdns #LookProGoSlow

    wah iniiiiii, nice quote! haha
     
  7. andytio

    andytio Fat Cyclist

    Nanya dong,

    Apa semua frame2 track harus steel ?

    Apakah keirin cuma ada di jepang ? Kalau ada di luar negri selain jepang, apa masih harus ikutin NJS atau mereka ada aturan/ satandarisasi sendiri ?

    Jadi klo saya ga salah narik kesimpulan, NJS itu untuk memproteksi bisnis di jepang sendiri, standarisasi sendiri, memproteksi olahraga dan atlit sendiri, tapi orang luar banyak yg meng kultus kan NJS.

    Apakah di lomba keirin semua parts harus sama ? Misal cog musti 16t semua ? Kalau semua is being equal, berarti lomba keirin itu, yang cadence paling tinggi yang menang ( aka paling cepat ) ?

    Saya pernah liat di youtube ttg sekolah Keirin, emang mantap yah. Di ajarin semua. Tapi baca2 di artikel orang, keirin itu sekarang seperti pacuan kuda. Banyak yang pasang taruhan
     
  8. tato

    tato Well-Known Member

    Saya pikir parts Keirin perlu standardisasi NJS karena merupakan arena taruhan. Tenaga dan strategi rider yang jadi penentu (kalo bersih ya, kalo ngalah karena dibayar ya ngga tau deh..) Dilihat, memang seperti taruhan di pacuan kuda.

    Cog sepertinya pilihan rider. Dapat info di sini.

    Salah kaprah penafsiran NJS di luar Jepang ditulis di artikel wikipedia.

    Keirin pria frame steel & parts NJS, Keirin wanita bebas. Sepertinya begitu dilihat dari foto2 di atas..
     
    andytio likes this.
  9. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    untuk frame track yang pria memang harus steel, ada penjelasan tubingnya di page one.

    Keirin sendiri aslinya memang dari jepang, saat ini sudah diterima secara internasional sebagai salah satu kelas lomba track bike. Namun yang berbeda adalah saat dimainkan di arena internasional hanya aturan lombanya saja yang digunakan, tidak peraturan dalam sepeda dan gearnya. Means, sepeda keirin NJS bisa dipake di lomba keirin internasional, namun belum tentu sebaliknya.

    seperti yang om andytio simpulkan, standarisasi NJS memang tujuannya untuk proteksi bisnis dalam negrinya jepang dan memastikan tidak ada gear atau part advantage di antara rider. Hal inilah yang banyak membuat orang mungkin mengkultuskan NJS parts, frame custom sesuai ridernya, hand made pula, dan hampir semua parts punya standar yang sama.

    Means, dalam Keirin jepang kemampuan atletlah yang menentukan kemenangan, bukan kemampuan finansial dari sponsor (beda jauh dengan pro team dimana modal finansial sangat menunjang performa ridernya).

    Saya sendiri termasuk orang yang respect dengan prinsip mereka, you start with equal bike and gear, whos finish first depends on the man, not the bike and gears. I means tidak ada kebanggaan semu seperti saat anda naik Lamborghini menang drag lawan avanza, hahahaha

    Untuk cog sepertinya tidak harus sama jumlah teethnya, tergantung ridernya, kan ada yang tipe pusher atau spinner.
     
    andytio and tato like this.
  10. aiyo

    aiyo Active Member

    saya ga punya sepeda NJS, gak nge fans NJS, gak ahli NJS juga. Mungkin, ide dari NJS Keirin racing ini, me minimalisir faktor laen, sehingga dapat lebih mengutamakan faktor dengkul. "9 starter, 9 pasang dengkul, Cateris Paribus" quite brilliant. kalo mau liat NJS Keirin racing dari perspektif luar Jepang, salah satu nya mungkin mini dokumenter RYOKOU di yutub.
     
    andytio likes this.
  11. hmdns

    hmdns #LookProGoSlow

    Yap, saya juga sudah post itu filmnya di thread "Film bertema sepeda" ~> http://cycling-id.com/index.php?threads/film-bertema-sepeda.430/page-3#post-23426

    Keirin race di Jepang memang dijadikan ajang taruhan oleh para penontonnya, dari dulu, bukan cuma sekarang2 aja. Yah yang kita tau kan orang2 Jepang hobi banget tuh taruhan pacuan kuda, nah mungkin ini salah satu "alternatif" dari ajang taruhannya itu...

    CMIIW
     
  12. hmdns

    hmdns #LookProGoSlow

    1988 Bridgestone NJS
    Ishiwata tubing

    [​IMG]

    Contoh yang benar dari pelestarian frame2 balap jadul !
     
    alvi and andytio like this.
  13. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    niceeeeee
     
  14. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

    M A U dong... bukan karena NJS. Karena warnanya sangat Tasteee...

    [​IMG]
     
    andytio and hmdns like this.
  15. hmdns

    hmdns #LookProGoSlow

    Georama Harutomo SS-Class Special 2010 size 51,5 !!!
    Color/Red/Green Two Tone
    Headset/Hatta Swan Super Deluxe
    BB/Hatta R9400
    Seat tube/51.5cm c-t
    Top tube/52.5cm c-c
    Rear/120mm
    Seatpost diameter/27.0cm
    Standover/78cm
    Model Year/2010
    Condition/This njs track frame has a few chipped paint spots and a dent in the right side of the toptube but is otherwise still in great condition!

    Langsung bayarin aja nih ooooom! ~> http://www.njs-export.com/products/georama-harutomo-ss-class-special-2010-51-5cm-1
     
  16. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

    belum datang juga detail2 Paypal om @hmdns , ditunggu ya... :)
     
  17. hmdns

    hmdns #LookProGoSlow

    itu sizenya udah pas blum om? dari C-T dan C-Cnya
    sekalian liat "standover" heightnya juga biar makin pas om
     
  18. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    ayoo, ini thread NJS ya, bukan tata cara jual beli dan fitting frame:cool:
     
  19. hmdns

    hmdns #LookProGoSlow

    hehe santaiiii, toh yang dibahas kan tentang frame NJS jg om.

    Saran juga, klo mau beli frame NJS bener2 harus perhatikan sizenya lho. Karena (mungkin) ga seperti frame sepeda2 lain, klo frame NJS kebesaran/kekecilan dikit feel ridenya langsung beda hehe
     
  20. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

    ...mau bercanda bahasanya kurang tepat...:(
    om @dxtr , framenya NJS...
     

Share This Page