1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Forum Notice New Members, Please Step In.

Discussion in 'Seputar Forum Cycling-Id' started by dhaninugraha, Jan 21, 2014.

  1. dhaninugraha

    dhaninugraha Tukang Makan | Bali 2014 Organiser

    Okay, saya rasa ngga perlu introduction yang manis-manis ato gimana ya... Seperti yang kita semua tahu, yang namanya forum online itu pasti isinya sangat diverse alias beragam. Gak cuma topik postingnya yang beragam, tapi orangnya alias membernya juga beragam. Dari berbagai rentang usia, profesi, status ekonomi, tingkat intelijensia, pengalaman, status nikah, genre sepeda, and so on.

    Atas dasar keberagaman itu, dan atas nama ketertiban serta kenyamanan bersama, saya rasa ada beberapa hal yang perlu dipahami oleh semua member Cycling-ID (terutama member baru) pada khususnya, dan pengguna/pengunjung/member forum online (tanpa merujuk ke satu forum spesifik) pada umumnya. In other words, bisa dibilang apa yang akan saya sampaikan ini juga berlaku secara general pada forum lain, bukan hanya pada forum Cycling-ID. Call it "etika berforum online", if you will. Dan poin-poin dari etika yang dimaksud adalah:
    • Pastikan topik yang ingin Anda bahas sudah pernah dibahas sebelumnya.
      Seringkali poin ini dilupakan atau sengaja diacuhkan oleh kebanyakan member pada umumnya. Entah kelewat penasaran, entah tidak sabar, whatever. Well, kita di sini sangat appreciate a good discussion among us, but please, saya ucapkan lagi: pastikan dulu topik yang ingin Anda bahas sudah pernah dibahas sebelumnya.

      Caranya? Gunakan fungsi search yang terletak di pojok kanan atas dari halaman forum ini.
      search.PNG

      Cara lain? Geledah satu-persatu subforum yang sesuai dengan topik tersebut. Kalo misalnya Anda ingin membahas (atau mencari bahasan existing) tentang "Shimano Dura-Ace" misalnya, ya tentu Anda harus main dan ngubek-ubek subforum Road, Time Trial, Track, dan Cyclocross. Kalo Anda mau mencari sparepart MTB misalnya, ya Anda harus ke subsubforum Jual Beli MTB. Use your common sense!

      Kenapa harus begini? Karena kalau ternyata topik yang ingin Anda bahas ternyata sudah pernah dibahas, dan Anda malah bikin topik baru instead of melanjutkan diskusi di topik lama, kasihan member lain yang mau mencari info tentang topik yang sama. Pembahasan di satu topik lebih baik dibanding pembahasan yang pecah jadi beberapa topik. Lebih terorganisir gitu loh.

    • Postlah pesan Anda pada tempat yang benar.
      Kalau poin pertama tadi penekanannya pada melanjutkan topik yang existing, poin ini menekankan tentang posting pada tempat yang seharusnya. Anda mau jualan, silahkan posting di subforum Jual Beli. Anda mau bahas soal "sepeda Specialized Stumpjumper" ato main DH, ya di subforum MTB, Downhill, Dirtjump, dan BMX. Anda mau belajar posting, ada tempatnya di Problem Report & Test Post. Anda mau curhat hati-ke hati, ada subforum Ngobrol Bebas.

      Sepele memang, tapi keteraturan seseorang itu mencerminkan orangnya seperti apa. Kalo Anda nggak mau dijudge -- sorry to say -- tidak cerdas dan/atau ignorant alias cuek bebek, post your message where it belongs, karena tidak cerdas dan ignorant itu, sorry to say again, bedanya tipis.

    • Tidak semua orang adalah teman Anda.
      Ingat, ini adalah forum online. Dunia maya. Beberapa dari kita mungkin pernah bertemu di dunia nyata. Beberapa mungkin pernah kenal di forum online lain. Beberapa mungkin anggota keluarga atau teman satu sekolah. Whatever. Setiap forum online adalah ladang yang berbeda, dan Anda sebagai pendatanglah yang harus memahami aturan main, suasana, dan orang-orang di sini.

      Tidak semua orang akan play nice terhadap Anda. Tidak semua orang akan ngertiin Anda. In fact, tidak semua orang bakal negor Anda kalau Anda salah... Bukan karena takut, tapi karena bisa jadi Anda dianggap malesin. Some people bisa dengan mudah Anda akrabi, some people not as much. Ada yang kalo posting jutek, ada yang super ramah.

      Ibarat Anda diundang ke pesta seorang teman (yang juga dihadiri oleh teman-temannya dari circle alias pergaulan yang lain), just because Anda kenal dengan tuan rumah yang mengundang Anda, tidak berarti Anda bisa SKSD dengan orang lain atau bahkan belagak jagoan dong?
      Ibaratnya lagi: mau Anda pernah gowes bareng Cancellara kek, mau mertua Anda temenan sama Eddy Merckx kek, mau sepeda Anda diservis sama mantan mekanik Team Sky kek, mau Anda punya koleksi sepeda yang total nilainya lebih mahal dari SUV BMW terbaru kek, ngga ngaruh.

      Behave like how a new guy should: get to know us. Ini dinamika sosial. Di dunia nyata pun, saya yakin, itulah yang harus Anda lakukan ketika Anda baru nyemplung ke satu komunitas baru: kenalanlah sama yang lain, have some decency, punya rasa sungkan. In other words... Anda harus bisa bawa diri.

    • Leave old habits on the door.
      Bahasa Jawanya: tinggalkan kebiasaan lama Anda dari forum sebelah. Kalo di forum sebelah Anda punya kebiasaan jadi first poster di tiap thread ("Pertamax" dan sejenisnya), biasa manggil member lain dengan panggilan spesifik di forum tersebut (bro, gan, pak, cyiiin, whatever), ngajak member lain untuk saling like post buat nambah poin... Tinggalkan kebiasaan itu. Our house, our rules. Kalo Anda tidak bisa menghormati peraturan tuan rumah, jangan harap tuan rumah akan respect kepada Anda. Kalo Anda belom bisa menghormati peraturan yang berlaku di rumah tertentu, jangan bertamu. Latihan dulu di rumah sendiri, latihan menghormati peraturan yang berlaku di rumah Anda, itupun kalau ada aturan... Baru Anda boleh bertamu.

      Oh and BTW, berikut saya kutip poin penting dari om @andytio mengenai panggilan antar member di forum:

      thread uneg2 nih ya ? hehee... ikutan yakk. ( klo salah tempat, notify me, ntar saya apus )....

      ini mengenai panggilan " agan " .....


      terus terang saya super risih sama panggilan khas forum sebelah. mungkin saya nya sensitif atau apa, tapi WTH lah, saya coba ungkapin pemikiran saya. buat nuebie2, klo masuk sini, hargai "rumah " orang. karena disini kebiasaannya pake OOM / TANTE / BRO / SIS. " Ahh gitu aja repot2 amat sih ?" .... well..... :

      GUA BUKAN BABU LU SAMPE GUA MUSTI MANGGIL LU " JURAGAN " . kalo gua bercanda sama temen gua yang gua kenal baik, biar dia kadang dagangnya misal cuma buka kios, gua suka isengin manggil " BOOOSSSSSS "...... nah sekarang berasa ga lu, klo turun dari mobil / motor, tau2 ada yang manggil boss ( totally stranger ). either gua bakalan mikir ini pasti tukang parkir tapi klo tukang parkir ga resmi, ngapain SKSD panggil BOSS......... wwwaaahhh anjrit PREMAN. nah klo ada yang manggil gua AGAN ... gua gimana balesnya ? klo boleh gua panggil JONGOS / BABU atau apa aja.

      jadi ngebayangin klo kita yang cengengesan sama orang asing ( ga kenal ), terus kita SKSD " iya GAN "... hiiiiiii . buat saya itu satu bentuk dari INFERIOR MENTALITY. klo kata temen gua yang komen soal AGAN2 "Mental Budak " .... kok kasar amat sih sampe gitu, yaaahh mau gimana ? klo nganggap diri sendiri sebagai jongos ya udah. sekarang bayangin aja klo lu ngajarin anak lu yang kecil " nak, ayo kamu panggil bapak disana,.... jangan ga sopan ya, panggil JURAGAN " . coba cek di Bali.. gimana perlakuan penjual terhadap bule2 atau jepang2 ? terus bagaimana perlakuan terhadap orang sendiri ? mentalitas kayak gini kan juga berlaku di komunitas sepeda... wah sepeda saya jelek, menyingkir lama2 iri, lama2 nge jelekin orang yang lebih berada. Am I right ?

      bukan basa basi lah di Indonesia, orang mandang orang kaya dengan IRI, di anggap nya semua korupsi, penjajah dll dll dll. padahal ? MENTAL BUDAK. klo mau kaya ya get your ass off and work. Be Satisfied klo dah ada income, save money, be Happy. berasa kaya deh. compare to no one... tapi ga bisa, why ? mental itu lagi balik2.

      so.... jangan harap saya manggil orang "agan"

    Mungkin poin-poin di atas tersebut yang sangat penting untuk disampaikan, karena selama ini kalau saya perhatikan, masalahnya forum online tidak jauh dari hal yang itu-itu saja... Ngga pernah search, asal posting, atau member SKSD atau berasa kepalanya di atas awan.

    FYI, saya bukan siapa-siapa di sini, cuma member biasa, bukan manusia setengah dewa, sepeda bukan sepeda mahal, gowes pun tidak lebih kencang dari atlit Pro. Tapi saya merasa perlu speak up untuk menyampaikan poin-poin penting di atas, yang seringkali... Dicuekin.

    Om @mt, mohon ditambahkan kalau ada poin yang kurang.

    Sekian saja dari saya, I hope you guys get to enjoy your visit here. Observe the points above, play by the rules, keep the discussions civilized, and I'll assure you guys will have a great time here. And many thanks for your time to read this post.

    Cheers!

    Dengan Hormat kepada semua members Cycling-ID,
    ...Habis Posting Utama trit ini dibaca ulang, ada sesuatu yang harus ditambahkan, yaitu etik dan etiket seputar kepribadian member masing2.
    Tadi saya sempat lihat posting member yang isi foto yang pamerkan nama dan nomor hp member lain. Meskipun niyatnya bukan untuk sebarkan detail2 pribadi member lain, tetapi itu hasilnya.
    Forum kita ada dua sisi;
    Ada yang public (postingan forum).
    Ada yang private (sistem PM atau Conversation).
    Kalau kita hendak berikan atau saling tukar detail2 pribadi, seperti nomor HP/WA/BBM dll, sebaiknya kita pakai sistem private dengan cari buka Conversation dengan member yang diinginkan.
    Sebagai contoh, sering dilihat pemintaan, "Minta WA/Ada WAnya/ add PIN, ya" di FJB. Makaknya saya selalu jawab dengan memohon member kirim PM ke saya aja. Bukannya saya nggak mau konvo sama peminta, tapi untuk kasihtau info yang dicari secara pribadi.
    Jangan lupa, sekali ketik nomor hp Anda atau member lain di Internet Forum, langsung hilang kepribadian. Semua dunia bisa lihat. Kalau cari jodoh oklah, tapi kalau nggak mau terima sms dari temannya temannya temannya mantan member forum yang nanya spec WS yang baru saja ditawarkan orang pas jam 23:53 WIT...sebaiknya dipikir 2 kali.
    Untuk ke depan saya mohon semua members untuk melindungi info pribadi baik diri sendiri, maupun member yang lain. Kalau ada posting yang melanggar mohon direport postingnya supaya kita semua bisa tetap aman dan nyaman di belakang layar dunia maya.

    Best Regards,
    db
     
    Last edited by a moderator: Dec 2, 2014
  2. mt

    mt Pensiun Dulu

    Thanks Dhan...


    Nanti gw put a link supaya every new member baca postingan ini dulu..
     
  3. ch_cx

    ch_cx Bali 2014 Organiser

    'punya rasa sungkan..' I like that.. hal itu akan jadi semacam check point sebelum bicara atau bertindak.

    Setiap komunitas pasti punya aturan dan kondisi yang berbeda. Kebayang kondisi jalanan yg semrawut sekarang, padahal udah ada aturannya tapi enforcementnya masih sangat kurang atau gak konsisten. Apresiasi buat om @dhaninugraha yang udah speak-up supaya kondisi tersebut gak terjadi di forum kita tercinta ini. Yuk kita tertib ikut aturan supaya semua member bisa nyaman dan betah.
     
    arsenal4 and andytio like this.
  4. Raysigar

    Raysigar Active Member

    I love what om Dhaninugraha said.
    And i love to step keep in line. Moga member forum ini tetap bersahabat, ber-etika, dan keep nice gowes in net n real life.
     
    andytio likes this.
  5. dhaninugraha

    dhaninugraha Tukang Makan | Bali 2014 Organiser

    Couldn't have said it better myself, om @andytio. Saya quote utuh untuk ditambahin di first post ya.
     
    andytio likes this.
  6. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    @andytio curcolnya udah lama dipendam kayanya, :p
    btw, om Dhani, really appreciate sudah membuat thread ini, nice:D
     
  7. surfnux

    surfnux Active Member

    panggil Om Gan aja deh. :) Om Ganteng.
     
    andytio likes this.
  8. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    itu becanda ya, paham ? wkwkw, jadi OOT deh
     
    andytio likes this.
  9. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

    @dhaninugraha
    Terima kasih banyak atas threadnya. Meskipun bukan asal dari Tanah Air, saya sangat cemas kalau lihat bahasa seindah Indonesia punya, lagi di seret ke pinggir trotoir sama pemakain yang kurang sopan. Bukannya kita harus sok elite, tapi memang kenapa orang tidak bisa sopan satu sama yang lain. Bagaimana reaksinya sang Kekek atau Nenek kita kalau lagi dipanggil, "Yo, Bosssss!" atau sederajatnya?
    Kalau ada yang minta info dari saya dengan sopan dan jelas, akan dibalas dengan baik dan senang hati.

    Ada cara lagi untuk telusuri suatu topik tertentu; Di search fieldnya google coba ngetik, "search topic site:http://cycling-id.com". Misalnya mau cari semua posting tentang bearing ceramic, ngetik bearing ceramic site:http://cycling-id.com , akan muncul semua posting dari site kami.

    db
     
    Last edited: Jan 22, 2014
    galihleo, andytio, FunRunner and 3 others like this.
  10. arbo

    arbo Active Member

    kalo make panggilan "bang a.k.a abang" sopan ga y..soalnya suka merapat kepinggir sambil blg "bang, numpang nanya jalan ini blalal..blalal..-makasih bang..ngacir":sorry:
    tapi emang sih plg sensi kalo dipanggil "bos" pikirannya tuh pasti nh orang "penjilat" ada mau nya..:mad:
     
    andytio likes this.
  11. ch_cx

    ch_cx Bali 2014 Organiser

    "Gan?..Gan?"
    "Mau manggil siapa? gw bukan Peter Sagan!"
     
  12. Cuncun

    Cuncun Member

    Wuih ada nama "penjual di Bali" kesangkut juga. Mudah mudahan hanya oknum panjual, soalnya saya juga pedagang kecil kecilan dan cari hidup di Bali. Dan dengan rendah hati saya minta maaf atas nama pedagang dan penjual di Bali kalau kalau ada salah.

    Btw setuju dengan yg diungkapkan oleh @dhaninugraha kadang kl tidak hati hati dalam ber forum bisa terjadi salah paham.
     
    Last edited: Jan 26, 2014
    andytio and ch_cx like this.
  13. Indra PT

    Indra PT Active Member

    Setuju Om, mungkin memang harus dijelaskan dulu aturan mainnya. Karena yg namanya tamu juga kadang bingung harus bersikap bagaimana di rumah orang. Apakah harus menggunakan etika A atau etika B. Dikira yg berlaku yang a ternyata yg B, mau lakukan yg B, ternyata malah aturan C yg ndak tau harus bagaimana.
    So, setuju bgt warga baru wajib baca aturan, sehingga kenyamanan utk bersama.
     
    andytio likes this.
  14. Indra PT

    Indra PT Active Member

    Wah, kalau sampai sengaja jualan di lapak org tuh ya kebangetan tuh orang :(, kecuali mungkin ada ijin gitu ya Om:oops:
     
  15. tinus_sportid

    tinus_sportid New Member

    ijin merapat ya... salam kenal buat semuanya
     
    andytio likes this.
  16. Indra PT

    Indra PT Active Member

    Salam kenal Om Tinus, dari mana nih?:cool:
     
  17. tinus_sportid

    tinus_sportid New Member

    dari bandung om
     
    andytio likes this.
  18. eki028

    eki028 New Member

    Kulonuwooon, salam kenal dari solo
     
    andytio likes this.
  19. seputih hitam

    seputih hitam Member

    salam untuk sesama member, dari Lampung :sorry:
     
    andytio likes this.
  20. Sentosa

    Sentosa New Member

    Salam kenal semua ... baru gabung cycling-id ,selama ini silent reader ...

    saya noobies baru gowes 3 bulanan Road bike ... biasa main di gading ...
     
    andytio likes this.

Share This Page