1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Need advice: Konversi sepeda MTB tua untuk commuting/touring

Discussion in 'Commuting dan Bike2Work' started by Shiroa, May 17, 2017.

  1. Shiroa

    Shiroa New Member

    Halo Gans,

    Perkenalkan saya member baru (posting, sblmnya cm stalking).

    Disini saya mau minta saran untuk konversi sepeda MTB tua warisan ortu: Giant Butte circa 1990an.

    Karena gatal mau punya sepeda drop bar fungsional untuk ke arah commuting dan touring (next step) jadi yang sudah saya lakukan:
    1. ganti ban jadi cungkring (dr lucky stone 26x2.15 jadi cst 26x1.15)
    2. ganti sadel dr giant jadi virtus ccavs (lmyn nyaman, tampilan jd lbh aero)
    3. pasang adapter stem dan stem (kepanjangan masih pesan yg pendek: viva standar)
    4. pasang drop bar dan shifter microshift 3x7
    5. terakhir bar tape
    6. tune up and cleaning

    Dmg cost: 1.5jt

    Berikut foto konversi dr MTB ke commuter:
    IMG_20170517_131518.jpg IMG_20170517_131426.jpg
    Yang mau saya tanya:
    1. Apakah harus ganti ke 700c?
    2. Apakah sebaiknya frame di repaint?
    3. Frame size 52cm sedangkan tinggi saya 165cm, apakah sebaiknya ganti frame? So far ms bs napak tanpa jinjit cm bagian sensitif masi kena
    3. Upgrade berikutnya?

    Thanks gan.
     

    Attached Files:

    Last edited: May 17, 2017
  2. fwid

    fwid Active Member

    Salkem om.
    Ciyus sy jg ada mtb jadul dan bannya diganti ke 26x1,75aja uda berasa ga enak diliatnya om. Jd banyak space kosong di forknya. Lalu putaran pedal terasa enteng tp jd kurang ngacir.
    Baiknya kl ada dana sih bli roadbike beneran dripada modif2an. Jtuhya lbh mahal dan blm tentu nyaman.

    Ini masukan kontra dri saya.
     
  3. Shiroa

    Shiroa New Member

    Betul gan banyak space kosong itu jg yg sy perhatiin, makanya ada opsi klo mau ke 700c tp yg pasti sudah nggak fit lg ukurannya ada benernya jg cr sepeda baru. thanks masukannya gan. Untuk skrg sy cm bs lakuin dgn budget seadanya, semoga tahun depan bs nabung u beli sepeda yg lebih proper ya.
     
  4. 2pic

    2pic Active Member

    Kalo tujuannya supaya sepeda lama ga nganggur, munggkin restorasi sebatas pd fungsional aja n sedikit kosmetik..
    Misal kl roda 26 dgn ban langsing krg memadai, bisa coba wheelset ukuran 27.5 tetap dgn ban langsing..

    Frame sih jangan diganti..kl ganti, sama ky beli sepeda baru nanti..

    Repaint juga pilihan bagus, bs bikin penampilan sepeda tua berubah total..
     
  5. Shiroa

    Shiroa New Member

    Thx masukannya gan iya tujuannya lebih ke spy spedanya ga nganggur sama mmg dananya terbatas sekali hehe.

    Klo pake 27.5 kyny hrs ganti remnya jd disc brake ya?

    Repaint sebaikny kmn gan? Bs ga stiker body nya dipertahankan atau diduplikasi dulu ya?
     
  6. kw2

    kw2 Active Member

    saya malah seneng tampilan sepedanya sebelum dimodif :eyes:
     
  7. 2pic

    2pic Active Member

    Iya juga ya..rim brake jd ga bs dipake..
    Setuju sama om @kw2 , kl sy paling sekedar cat ulang frame n ganti komponen yg rusak aja dgn yg lbh baru ato spek lbh baik..ban cukup ganti yg minim kembang biar enteng gowesnya..

    Soal repaint, kurang tau om..blm pernah..tp baca2 disini, di sekitar jakarta ada yg nyebut motoworks, crankaddict..
    Google2 bengkel cat sepeda motor/mobil aja om yg mmg spesialis cat..
    Kalo repaint sendiri dgn budget terbatas, pilox..surfacer + warna + clear coat..
     
  8. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

    adetya kris likes this.
  9. Shiroa

    Shiroa New Member

    Siap bro, sbtlny ada org spanyol yg convert ke 700C sih tampilannya keren abis dia pakai untuk CX, cuma cari remnya umum ga sih? ini fotonya

    [​IMG]



    Halo Om terima kasih sambutannya ini wah terima kasih jg sudah mampir ya disini Om, mohon bimbingannya. Sedang saya baca untuk newbie guidenya, terima kasih yaa.
     
  10. Shiroa

    Shiroa New Member

    hehehe ya Pak sudah tampilan gitu 3thn jadi bosen juga, ban jg rolling resistancenya tinggi banget buat di jalan raya itu yg bikin jd ganti ban dst dst
     
  11. 2pic

    2pic Active Member

    Rim brake nya standar aja sih om..yg penting posisi rem nya bs ngejangkau brake track rim 700c..
    Itu sepedanya sama persis ky punya si om? Ga ada beda spek frame?
    Coz keliatan posisi remnya seperti asli bawaan utk 700c..
     
  12. kw2

    kw2 Active Member

    kalo drop bar saya malah seneng yg compact atau traditional ... kurang suka anatomic ...
    kalo remnya pas atau ga buat 700c... coba pinjem WS 700c ... coba pasang dulu ... daripada beli WS tapi ga pas :eyes:
    26" (559 mm) vs (622mm) 700c... beda 63 mm diameter rimnya ... berarti harus ada space ke atas 3,15 cm (dari setting yg sekarang) ke atas buat brake shoenya (cmiiw) :eyes:
     
  13. Shiroa

    Shiroa New Member

    sama persis sih framenya ya dr butte ke yukon cm beda setaun, ganti nama karena namanya sering diledekin hahaha, forknya jg masi sama om.

    bedanya apa ya anatomic sm yg tradisional? saya beli di rodalink om pas diskon ini cm 70rb klo ga salah

    nah kira2 pake rim brake apa ya klo kaya gitu om om sekalian?
     
  14. 2pic

    2pic Active Member

    Rim brake bawaan diukur dl om..dr kampas rem saat ini, masi bs geser ke atas ga 3.15cm..
     
  15. kw2

    kw2 Active Member

    beda cuma bentuknya... traditional&compact lengkung ... anatomic kyk bengkok ada sudutnya gitu ... cuma soal selera aja sih ...
     
  16. Shiroa

    Shiroa New Member

    ga bs om mentok paling 5mm gesernya

    yg saya pake ini model apa ya om?
     
  17. Shiroa

    Shiroa New Member

  18. Shiroa

    Shiroa New Member

    [​IMG]

    balik ban lama, jauh lebih nyaman dan top speednya lebih dapet ya
     

Share This Page