1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Mencuat Lagi Debat Disc Brake di Road Bike

Discussion in 'Road, Time Trial, dan Cyclocross' started by Ary, Feb 24, 2017.

  1. Ary

    Ary The Locomotive

    Kejadian crash yang melibatkan sepeda Sworks-nya Kittel di Tour Abu Dhabi, di mana sepeda itu memakai rem cakram (disc brake), membuat rider SKY Owain Doull meminta perhatian khusus tentang keselamatan rider saat terjadi crash yang melibatkan disc brake. Doull menunjukkan bahwa SEPATU-nya teriris sampai tembus oleh disc brake Kittel. "Lihatlah garis tipis irisan ini, ini jelas akibat cakram rem yang seperti pisau, memotong sepatu saya. Doull mengusulkan agar penggunaan disc brake dalam balapan DILARANG, karena membahayakan saat terjadi crash.

    http://www.cyclingnews.com/news/dou...disc-brake-bike-almost-caused-serious-injury/

    Fakta crash di Abu Dhabi ini, seperti memberi siraman bahan bakar bagi CPA (Asosiasi Pesepeda Pro) yang meminta agar UCI MELARANG PENGGUNAAN REM CAKRAM dalam balapan sepeda, dan kalau mau menerapkan rem cakram agar dicoba dulu dalam sebuah event khusus balapan yang semua pesepedanya menggunakan rem cakram, jangan langsung di level Pro Tour. Mereka menganggap UCI hanya mementingkan penjualan dan pabrik sepeda dibandingkan keselamatan para pembalap sepeda pro.

    http://www.cyclingnews.com/news/rid...-brakes-until-complete-peloton-trial-is-held/

    [​IMG]

    [​IMG]

    Bagaimana pendapat anda?
     
  2. kw2

    kw2 Active Member

    serem sih ... kalo mtb walau sama2 pake disc kayaknya lebih aman,,, soalnya jarang bgt group riding/peloton (paling pas start xc doang) ,,, kalo road jatuhnya kan bisa nimpa/kena rider laen ... atau pake ini aja[​IMG]
     
  3. Bourbon2008

    Bourbon2008 Active Member

    Padahal sudah di kasih pelindung ya.. :(

    Sent from my Redmi Note 3 using Tapatalk
     
  4. Yori SMI

    Yori SMI Member

    Kalo baca komentar2 dari artikel beritanya sih banyak yang meragukan kalau itu beneran kena disc brakenya Kittel.
    Katanya sih posisi rider SKY ini di sebelah kiri Kittel tapi malah kaki kirinya yang kena.

    Ya mudah2an diinvestigasi dulu sih, bener atau enggak itu akibat kena disc brake.
    Namanya lagi crash ya semua hal bisa terjadi sih.
     
    Last edited: Feb 24, 2017
  5. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Menarik beritanya om, terutama bagi saya yang pro disc brake dan ingin agar disc brake semakin berkembang untuk pemakaian di road bike.
     
  6. arie7

    arie7 Active Member

    Kalau buat event balapan apalagi untuk atlit pro agak ngeri juga kalau sampe sering kejadian kya gini. Atlit pro lewat medsosnya mereka juga secara terang terangan tidak setuju dg penggunaan diskbrake.
     
  7. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Sayangnya (atlet pro) yang setuju atau ok2 aja saya saya rasa gak banyak yang bersuara, seperti juga di hal-hal lain.
     
    Last edited: Feb 25, 2017
    Tass likes this.
  8. arsenal4

    arsenal4 Atlit Jombang Crit

    ngeri...

    Sent from my Redmi Note 3 using Tapatalk
     
  9. 2pic

    2pic Active Member

    sebenarnya rotor disc brake ga sedahsyat itu bisa motong sepatu kalo ga kondisi berputar..memang kondisi statis tetap cukup tajam.
    pas lagi crash biasanya roda uda peyang duluan, kemungkinan roda (+rotor) masi berputar relatif lebih kecil ya..
     
    hasan likes this.
  10. piak

    piak Active Member

    saya ga tau gimana crashnya tp kalo yg depan jatuh dan yg belakang hantam masuk akal sih
     
  11. andredechh

    andredechh Well-Known Member

    Ngomong2...discbrake kan pada pake through axle ya...trainer untuk TA udah ada belum sih? Hehe
     
  12. Erlbayu

    Erlbayu Member

    Udah ada om


    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
  13. Soekotjock

    Soekotjock Active Member

    Gw pro disc brake
    Disc brake itu safety improvement untuk manusia biasa ky kita2 ini
    G gampang overheat,modulasi totally superb dan lbh irit krn yg habis cm rotornya bukan full 1 set wheelset

    Tp klo buat race,well gw rasa g perlu2 amat
    Beda antara disc sama rim brake d tangan pro racer cuma masalah kencengnya,klo pake disc y jdnya avg speed lbh kenceng
    Klo pake rim brake yg ngeremnya rada jauhan dikit,yg hasilnya ya avg speed jd sedikit lbh pelan

    Tapi gw rasa kasus terakhir ini pesan sponsor deh
    Seperti yg kita tau,pinarello tidak punya dan tidak akan pernah bikin road bike disc brake,ini statemen GM nya pinarello waktu launching dogma F10
    Dan klo liat rekaman crashnya,tu sepatu kena pembatas jalan deh...

    Tp gw setuju sm concern dari bbrp pembalap,terserah apapun remnya yg ptg 1 peloton homogen,klo disc y disc semua,klo rimbrake y rimbrake semua
     
    saiberian likes this.
  14. Soekotjock

    Soekotjock Active Member

    yg dipake kittel blom ada casingnya oom
    Tp dia pake rotor dura ace yg udh rounded edge,jd g ada sisi yg tajem...
     
  15. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    F8 ada versi disc om....
     
  16. Soekotjock

    Soekotjock Active Member

  17. saiberian

    saiberian Active Member

    Solusi supaya disc brake lebih aman :D
    [​IMG]


    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
  18. Soekotjock

    Soekotjock Active Member

  19. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Sebenernya kayaknya rim brake sekarang soal pakem sih udah cukup pakem yah. Makanya kayaknya pada ngerasa mending rim brake aja yang udah pasti aman. Iya ga sih?

    Saya merasa soalnya antara hidrolik Deore XT sama Rim Brake 105-5800 stopping performancenya ga beda jauh ah. Beda feel aja. Tapi kayaknya lebih karena kabel mekanik vs hidrolik. Meski saya pernah sih nabrak pas becek gara-gara rem nya ga gigit :') Tapi memang dulu rim brake nya ga sepakem yang 105 sekarang to begin with. Gatau sih sekarang begimana, kayaknya sih akan tetap licin sih pas basah.


    Jadi apakah menurut om om disini disc brake itu perlu? Saya sih lumayan serem kalo jatoh dan kena bagian rotor nya. Apalagi habis ngerem kan panas tuh. Rim aja berasa panasnya kalo habis ngerem, apalagi disc.
     
  20. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Menurut saya bukan masalah perlu atau ngga om, tapi secara desain disc brake itu lebih masuk akal.

    Yang pertama adalah, dengan disc brake maka rim hanya perlu berfungsi sebagai struktur (dan juga yang bersifat aerodinamis) dan ngga perlu lagi berfungsi sebagai brake track. Fungsi tambahan rim sebagai brake track melemahkan fungsi dia sebagai struktur.

    Kedua, dengan menindahkan brake track ke tempat lain maka brake caliper ngga perlu kompromi dengan lebar ban. Pasang ban lebar lebih gak memusingkan, asal muat di frame, dan gak harus pake long reach caliper yang mengurangi kepakeman.

    Ketiga, rotor sepertinya lebih sulit kotor karena jaraknya lebih jauh juga dari tanah. Ini penting buat yang suka jorok-jorokan atau maen di salju, misalnya.

    Dan keempat, pasang mudguard lebih gak memusingkan karena gak ada brake caliper yang ngalangin.
     
    lawyerone likes this.

Share This Page