1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Kaki Kram

Discussion in 'Komunitas Sepeda Touring' started by SpinWarriors, Jul 11, 2017.

  1. SpinWarriors

    SpinWarriors New Member

    Hai Spinners pernah merasa kram saat tengah asyik mengayuh sepeda? Sebenarnya apa yang membuat kaki kram saat bersepeda?

    Saat kaki kram maka akan merasakan nyeri yang tajam dibagian kaki atau betis yang disebabkan oleh otot yang secara tidak sengaja mengalami kontraksi atau membentuk simpul. Jika rasa sakit ini sangat parah maka bisa membuat seseorang berhenti mengayuh

    Berikut ini adalah penyebab kram seperti dikutip dari Livestrong:

    -Bersepeda saat udara panas karena keringat yang keluar dapat mengurangi jumlah elektrolit di tubuh

    -Dehidrasi

    -Adanya otot yang tegang sebelum seseorang bersepeda

    - Faktor Usia (menurut American Academy of Orthopaedic Surgeons)

    -Lamanya waktu atau durasi mengayuh tanpa istirahat

    -Tidak memadainya suplai darah

    -Selain itu, bisa juga karena kaki tidak terbiasa mengayuh.

    Umumnya kram kaki ini bisa hilang dengan sendirinya, tapi ada hal yang bisa dilakukan untuk meringankan rasa sakit yang muncul. Sebaiknya berhenti mengayuh sejenak dan mencari tempat untuk beristirahat. Setelah itu lakukan peregangan dan pijat di daerah yang mengalami kram tersebut. Melakukan kompres juga bisa membantu mengurangi otot yang sakit.

    Berdasarkan American Academy of Orthopaedic Surgeons diketahui melakukan pemanasan dengan jogging ringan selama 5 menit yang diikuti dengan peregangan otot-otot kaki bisa membantu menghindari kaki kram. Selain itu mulailah bersepeda secara bertahap, dalam arti jangan langsung mengayuh sepeda dalam jangka waktu atau durasi yang lama untuk menghindari kelelahan otot, konsumsi vitamin B kompleks secara cukup, serta perbanyak minum air putih diselingi minum air yang mengandung elektrolit selama bersepeda.

    Sekian artikel dan tips mengahadapi kaki kram, semoga bermanfaat untuk Spinners semua. Sebagai langkah preventif kaki kram, Spinner bisa membeli produk-produk berkualitas dari Sportsbalm yang dikhususkan untuk melindungi otot dan tendon kalian selama bersepeda.

    Silahkan kunjungi http://www.spinwarriors.com/collections/all/sportsbalm

    Untuk deskripsi produk lebih lengkap.

    Let’s Rideee!!!

    Cramps-accesssportsmed_com.jpg
     

Share This Page