1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Jakarta - Pamulang - Serpong - Bintaro - Jakarta

Discussion in 'Blog Mt' started by mt, Oct 14, 2012.

  1. mt

    mt Pensiun Dulu

    Kemarin sabtu pertama kali nyoba gowes ke serpong lewat jalur Pamulang. Sebelumnya saya selalu pake rute Bintaro - Serpong, karna saya suka gowes sama teman yang tinggal di Bintaro. Rute Bintaro - Serpong sebetulnya sangat tidak recommended, soalnya lewat sektor 1 sampe 9 itu jalanan Bintaro banyak lubang dan rata2 sangat jelek kondisinya. Setelah itu lewat jalan2 kampung kecil, lewat Jalur Pipa Gas juga bukan jalan yang ideal buat road-bike.

    Nah, jadinya kemarin saya janjian sama bro ppephe yang berdomisili di Pamulang untuk sama2 ke Serpong (juga ada satu orang bule namanya Mark). Berhubung dia tau jalan dari Pamulang ke Serpong, kita memutuskan lewat jalur itu. Wah, jalanannya sangat enak, lebar dan relatif sangat bagus kondisi jalannya. Walaupun jarak total lebih jauh (sekitar ~7km lebih jauh dibanding saya lewat Bintaro), tetapi AVS bisa lebih tinggi karna jalanan lebar dan halus. Biasa saya enggan pake pelek carbon untuk gowes ke Foresta karna kondisi jalan di Bintaro. Tapi kalo melihat jalanan Pamulang begitu mulus, besok2 sih berani aja pake pelek carbon.

    Pagi2 jam 5.00 saya sudah berangkat dari Fatmawati ke Ratu Plaza untuk jemput Mark. Sampe Ratu Plaza 5.20, ketemu Mark, langsung kita jalan ke Poins Square lebak bulus untuk ketemu ppephe. Dari Poins Square kita jalan jam 5.50 AM, lalu sampe ke Foresta BSD sekitar 50 menit kemudian jam 6.40 AM. Sampe di Foresta cyclo sudah menunjukkan 40km+. Di Foresta, jalan beserta peloton, sampe jam 9 AM dapet 100 km. Saya pamit dulu sama peloton karna nggak mau gowes pulang kesiangan, panas! Rute pulang kita lewat jalan yang agak jauh yaitu Alam Sutera baru tembus ke Bintaro karna Pamulang bakalan sudah macet berat jam segitu! Akhirnya sampe Jakarta jam 11.20 AM, cyclo menunjukkan 140km+. Waktu total dijalan 6 jam! Laen kali dari Bintaro lebih enak lewat pondok indah baru ke fatmawati. Kemarin lewat ciputat raya, waduh macet sekali padahal baru jam 10+.

    Badan terasa lumayan masih kuat, saya rasa karna asupan karbohidrat betul2 pas hari itu. Saya bikin larutan air gula + pocari (utk ion) + krating daeng (untuk caffeine) di masukkan ke dua bidon ukuran 24oz (yg gede) -- satu botol krating daeng untuk tiap botol bidon. Selain itu di kantong jersey belakang bawa dua botol Mizone (untuk karbo). Cairan lumayan cukup, baru akhirnya abis waktu jalan pulang sampe di Bintaro. Kita mampir Shell bentar untuk beli Aqua yg 1.5 liter, saya tuangin ke dua bidon yang sudah kosong untuk refill. Sewaktu di Shell juga mampir ke kamar mandi untuk siram badan, tangan, kaki, kepala dengan air supaya temperatur badan tidak overheat soalnya diluar sudah lumayan panas (sekitar jam 10:30AM).

    Sebelum sampe rumah saya lewat apotik sebentar, beli cairan NaCl (air garam, Rp12,000 seukuran kantong infus standard) lalu di siram ke tangan, pundak, kaki. Pokoknya yang kejemur matahari lah, kalo sudah sampe merah itu biasa bakalan sunburn (kecuali pake arm cover atau sunblock). Dengan disiram NaCl, sunburn bisa dihindari. Saya juga ga tau teorinya gimana, cuman diajarin ama petugas medis. Emang abis disiram NaCl kulit berasa dingin sejuk sampe ke bawah kulit, beda sama disiram air biasa.

    Setelah itu sampe rumah langsung recovery drink chocolate milk, siram otot2 kaki yang cape dengan air dingin. Hari besoknya (minggu) active recovery, gowes ringan di chainring kecil (walaupun akhirnya narik2 juga sih di SCBD).:oops:
     
  2. sgunawan

    sgunawan Member

    Thanks om atas ceritanya, hebatya sudah bisa 140 km+
     
  3. mt

    mt Pensiun Dulu

    Sama2 om.. yang bikin lebih mudah untuk dapet jarak kilometer yang jauh adalah goes di serpong sama peloton, soalnya AVS sangat tingi jadi gowes 2 jam saja bisa dapat 70KM.
     
  4. Jev

    Jev Active Member

    wah oom boleh dong saya ikutan kalo mau rute itu lagi... lewat deket tempat saya itu...
     

Share This Page