1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Index Thread Index Thread: Groupset Road

Discussion in 'Road, Time Trial, dan Cyclocross' started by mt, Jul 29, 2012.

  1. Adom Chien

    Adom Chien Member

    saya revisi om, jadi maksudnya itu upshift.

    kalau posisi lagi tekan rem, masih bisa upshift om ?
     
  2. Ernestkus

    Ernestkus Well-Known Member

    Saya ga tau, om. Jari2 saya ga sanggup kayaknya :oops:
     
  3. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Bisa sih, tapi saya yakin ketika ngerem ga akan ganti gigi...

    Pengguna Shimano 105
     
  4. Adom Chien

    Adom Chien Member

    hehehe ok om. thanks ya om :D
     
  5. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Permisi mau nanya dong

    Pull ratio FD Shimano 105 R7000 sama 5800 sama ga ya?

    Soalnya kan chainset (crankset) baru gabisa pake FD lama (karena posisi ring beda).

    Ada kepikiran mau ganti crankset ke compact nih. Tapi takutnua shifter ga cocok di FD baru.

    Thanks before.


    Btw kayaknya RD juga gitu ya? Pull ratio beda kayaknya? Atau compatible sama shifter lama?


    EDIT: udah nemu jawabannya

    Compatibility Chart bisa dilihat disini
    http://productinfo.shimano.com/#/com/3.2?cid=C-453&acid=C-455

    Conclusion
    Shifter 5800 bisa dipakai untuk FD R7000 dan 5800
    FD R7000 hanya bisa digunakan untuk FC7000, FD 5800 hanya bisa digunakan untuk FC 5800

    Jadi kalau mau ganti crankset cuma perlu ganti FD

    Untuk RD semua compatible ga ada problem.

    Semoga bisa membantu menjawab teman2 yang lagi cari isu serupa.
     
    Last edited: Oct 4, 2018
  6. Ramen Mk-II

    Ramen Mk-II Well-Known Member

    Last edited: Oct 22, 2018
  7. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Ga pernah om

    Setau saya yg 11-32 belakangnya kan nyatu tuh 25 28 32. Kalau mau lepas haeus lepas 3 3 nya.

    Saya pernahnya cog 11t dibikin 10t, yang dicopot 14t.

    Kalau saya lihat disana sepertinya lebih baik beli langsung ya. Karena kalau mau ganti cog juga harus dihitung ratio lompatan giginya. Ga semuanya bisa shifting dengan baik.

    Misalnya di 11-28 kalau saya mau ganti ke 12-30, saya ga bisa hanya lepas cog 11 dan pasang cog 30. Dari 21 hingga 28 juga perlu saya ganti agar jarak antar cogny tetap terjaga seperti lompatan akhir dari 28 ke 30

    Cmiiw. Mungkin saya salah. Tapi setau saya seperti itu.
     
  8. Ramen Mk-II

    Ramen Mk-II Well-Known Member

    betul om
    setelah lama mikir2 dan nyari part-nya, jadinya saya mungkin mau gabungin 11-32 saya dengan 12-25 punya ultegra

    jadinya nanti 13-14-15-16-17-(18-19)-22-(25-28-32)
    *yg dalam kurung yg ga bisa dipisah
    **13t taruh bawah walaupun bukan 1st position cog, nanti kasih loctite

    belum beli sih, baru mikir doang
     
  9. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Hmmm, jadi nanti loctite sebagai pengganti lockringnya gitu? Kreatif juga hahahhaa

    Btw kayaknya 19 ke 22 kejauhan ya mengingat sebelomnya lompat 1 1 doang. Setelnya bisa ga tuh? Saya bukan mekanik sih, ga paham soal setel RD. Tapi dulu pernah ad yg kasih tau kalo jarak antar cog harus perlahan2 membesar, gabole langsung lompat.

    CMIIW.
     
  10. Ramen Mk-II

    Ramen Mk-II Well-Known Member

    karena bongkar2 kamar trus nemu sprocket 11-28, akhirnya saya campur dengan 11-32 saya
    dan..... ternyata 1st sama 2nd position itu g bisa diutak-atik (11-12) bukan cuma masalah thread + lockringnya, tapi bentuk recess-nya juga
    *untung blm jadi beli 12-25

    jadi sekarang sprocket saya:
    11-12-15-17-19-20-21-22-(25-28-32)
    dari yang semula:
    11-12-13-14-16-18-20-22-(25-28-32)

    besok testride
     
  11. tato

    tato Well-Known Member

    Jumlah gigi makin banyak, selisih diameter makin kecil. Sepertinya lompat dari 19 ke 22 tidak masalah.

    Nah, saya juga jadi penasaran, shifting antara 12T dan 15T tidak bermasalah?
     
  12. Ramen Mk-II

    Ramen Mk-II Well-Known Member

    betul om
    yg gigi bawah g bisa lompat ketinggian, beda dengan gigi atas
    pas td pagi nyoba, 12 ke 15 susah bgt

    tadi sore saya coba ganti lagi jadi:
    11-12-14-16-18-20-21-22-(25-28-32)
    klo ini 12 ke 14 mendingan, 14 ke 12 juga g masalah
    tapi muncul masalah pas 21 ke 20, padahal 20 ke 21 lancar
    *mungkin juga gara2 kabel rd saya

    btw liat sprocket shimano yg baru ada 11-34, naiknya 2-2
     
    tato likes this.
  13. widzsatya

    widzsatya New Member

    Newbie mohon pencerahan
    baru aja mulai road bike an. cobacoba dulu inertia 1.0. (emang baru bisa belinya itu ).
    gs bawaan shimano tourney. kalo besokbesok mau upgrade sprocket (tiagra misalnya), hub nya ganti apa sama wheelset nya kah?

    Sent from my vivo 1714 using Tapatalk
     
  14. Ramen Mk-II

    Ramen Mk-II Well-Known Member

    hub/wheelset g perlu ganti om, tapi shifter + rd + sprocket perlu ganti
     
  15. myopavp

    myopavp New Member

    Permisi, saya baru saja pakai RB strattos S3 2018. Sy ingin tanya klo upgrade sprocket ke 11-34 kira kira apa saja yg harus ganti?, Berikut speknya

    RD SHIMANO SORA RD-R3000-SS
    FD Shimano Sora R-3000
    Shifter SHIMANO SORA ST-R3000
    Crank Set SHIMANO SORA FC-R3000 50X34T
    Cassette SUNRACE CSM96, 9-SPEED 11-28T
    ChainK KMC X-9

    Mohon bantuanya ya:oops:
     
    Donny386 likes this.
  16. widzsatya

    widzsatya New Member

    oke tks pencerahannya ANDA...

    Sent from my vivo 1714 using Tapatalk
     
  17. Adom Chien

    Adom Chien Member

    cmiiw ya om.
    kalau sprocket bawaannya model drat / ulir mau di upgrade ke sprocket model slop (tiagra model slop) mesti ganti Hub nya om.


    kalau nambah speed mesti ganti briefter.
    kalau masih sama speed cuma ganti sprocketnya aja. tapi kyaknya mesti ganti rd nya juga. dicoba aja dulu.
    https://bike.shimano.com/en-EU/product/component/sora-r3000/RD-R3000-SS.html
     

    Attached Files:

    Last edited: Oct 30, 2018
  18. widzsatya

    widzsatya New Member

    kayanya belum free hub ANDA. itu yang SAYA tanyain. kalo ganti hub apa ganti wheel set juga? ato cukup hub nya aja

    Sent from my vivo 1714 using Tapatalk
     
  19. Adom Chien

    Adom Chien Member

    kalau jumlah lubang spokenya sama, ga usah ganti om.
     
  20. Ramen Mk-II

    Ramen Mk-II Well-Known Member

    ini gaya bahasa baru atau gimana?
     

Share This Page