1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.
  2. Polling desain jersey CyclingID edisi ke-7 sudah selesai. MOHON SEGERA PESAN!!! KLIK desain 4

Index Thread Index Thread: Groupset Road

Discussion in 'Road, Time Trial, dan Cyclocross' started by mt, Jul 29, 2012.

  1. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    Kalo ga salah sih, 105 5800 brakenya udah yang dual-pivot, sedangkan tiagra 4700 masih single-pivot. Dari beberapa review groupset, dual-pivot brake ini sering jadi keunggulan Shimano.

    Untuk drop cadence, saya ga yakin bisa separah 30 rpm sih dropnya (Bahkan di 90 rpm di 53×13 ke 53×11). Mungkin lebih karena kaki om kaget sewaktu ganti ke kombinasi yang lebih berat aja. Kakinya ga kuat pas ganti gear, jadi cadence & speednya drop gitu.

    Dari shifting & bentuk shifternya sendiri sih, Tiagra 4700 udah sama kayak 105 5800 atau Ultegra 6800 & shifting performancenya sendiri pasti lebih bagus dibanding Claris.
     
    andytio, Koko eS eL and lawyerone like this.
  2. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Wahhh biasa beli dimana tuh om? Buat jalan kering pakem juga kan yah pasti?
    Saya dual pivot Tektro yang short reach tapi om, bawaan Merida (tektro rebrand). Nanti saya coba deh brakepadnya. Kalau toko biasa ga jual yah paling nanti beli di BL pasang sendiri hehehe.

    Lebih baik yang koolstop atau yang swissstop yah om?


    Tiagra 4700 juga sudah dual pivot sih om, tapi sepertinya memang brakepadnya ga bisa dilepas. Jadi harus ganti satu unit :') --- memang beda design sepertinya hahahaha

    Ohhh mungkin juga sih kaki saya yang kaget, jadi cadence dropnya parah. Tapi saya udah coba (di cyclo lagi posisi 18km/h dengan pas cyclo 26km/h) mau pas berat pas ngga tetep aja bedanya berasa jauh. Yah mungkin saya aja sih yang kurang bisa adaptasi sama beda cadence jauh gitu hahahaha. Maklum betisnya masih payah hahahahaha. Lewat flyover karet aja ngos ngosan cuman buat maintain speed :')

    Biasanya berasa jauh gitu ga saat top speed sih om, di gear2 nanggung seperti 50 x 15/18/21. Pas lagi ga genjot2an, pas gowes santai. Tapi tetap annoying aja lagi enak2 begitu upshift tiba2 drop, jadi saya mesti genjot lagi buat naikin cadence. Saya pernah pake setup 3x10 di Deore ga separah ini rasanya.

    Saya kombinasi 50x11 nyaris ga pernah pake, secara gowes di 40an aja udah lemes hahahahaha. Biasa main konstan di 30-40, jarang banget lebih. Ga kuat betisnya :')


    Sebenernya sih awalnya mau nyari2 Sprocket 11-21 aja sih, buat latihan udah lebih dari cukup kan, dan flyover2 di jakarta ga ada yang jahat. Tapi nyari sprocket 8 speed yang narrow gitu sekarang susah, rata2 jualnya 11-32 :')
     
  3. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Dari pengalaman saya kayaknya sama aja sih kool stop salmon sama swisstop biru (model Flash Pro BXP). Sayangnya saya gak tau di sini beli dimana soalnya belinya waktu di luar negeri....

    Kekurangan dua pad/kampas ini adalah sepertinya mereka lebih cepet abis dibandingkan bawaan Shimano. Walapun didesain buat basah, buat kering udah pasti lebih pakem lagi!
     
    lawyerone likes this.
  4. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Habis nyari di BL ga nemu nih om :')

    Kool Stop adanya yang biru, dan Swiss Stop nemunya kuning... Hahahhahahaa
    Nanti nyari di Sinar Bangka deh coba :D
     
  5. tato

    tato Well-Known Member

    Om @lawyerone, kalo yang dicari performa shifting mulus dan responsif, menurut saya upgrade ke kelas tertinggi yang masuk budget. Ada harga ada rupa, ambil kelas lebih tinggi seharusnya tidak akan menyesal hehe...

    Tapi walau shifter sudah mendukung 10 atau 11 speed, apakah hub sudah siap?

    Tentang cadence drop, biasanya sebelum pindah kombinasi gir yang lebih berat, kita naikkan dulu cadence supaya waktu up-shift dan cadence turun tidak terlalu banyak usaha untuk menaikkan ke cadence awal.

    Menurut saya kalo biasanya jalan 30-40kpj, berarti sudah termasuk kencang. Dan sedikit lagi masukan, dari pengamatan saya waktu gowes dan youtube (hehehe...) otot yang paling banyak dipakai untuk gowes adalah otot paha (quads, keempat bagian itu). Otot betis tidak terlalu banyak terpakai. Banyak atlet yang pahanya besar tapi betis cenderung kecil. Mungkin termakan endurance, entahlah... Jadi waktu gowes, coba andalkan kekuatan paha.

    Maaf jadi keluar dari topik. Semoga membantu...
     
    Koko eS eL, lawyerone and bleui like this.
  6. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    Brakenya 105 5800 & Tiagra 4700 itu beda:
     
    andytio and lawyerone like this.
  7. emirr

    emirr Contributing Member

    wah klo bntuknya sama sih msh oke lah,lha ini bntuknya beda. ge anak diliat dong belang gitu haha
     
  8. bleui

    bleui Well-Known Member

    yah pokoknya intinya tinggal beli shifter 1 set lah, hehe
    btw bentuk shifter sram RED 10 speed (2012 ke atas) sama kok dengan yg 11 speed
     
    Last edited: Sep 21, 2016
    emirr likes this.
  9. lawyerone

    lawyerone Active Member


    Hahahaha, ga ngerti deh itu soal otot mana lol

    Yang jelas ga mampu deh disuruh accelerate diatas 40, apalagi deket2 50. Masih ga paham sampe sekarang apa gunanya 50x11 selain kalo lagi turunan wakakkaka. Ga ngerti lagi yang tarkam cruise 40-50 kayak begimana :') --- ini aja 40 udah ngos ngosan...

    Soal 10 speed mah hub udah ready. Makanya saya mikirnya ambil Tiagra --- cukup atau nggak. Wheelset saya ga support 11 speed soalnya :')
    Cuman kemaren nanya di Sinar Bangka harga beda tipis itu grupo. Mahalnya ntar di ganti wheelset. Jadi sebenernya kalo memang si Tiagra bagus (dan brakenya juga) pikiran mah Tiagra aja, toh 11-speed sebnya ga terlalu kepake buat saya. Tapi ternyata memang ada harga ada barang yah :')

    Semakin atas gradenya semakin enak. Palingan saya nabung dulu deh biar nanti sekalian ganti WS lol
     
  10. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Buat balapan om (formal atau informal).
     
  11. Permisi om, sy ada sdkt pertanyaan seputar GS. Kalau kita beli GS yg kodisi NEW, apakah mendapat BB jg? Kalau harga ultegra 6700 second, kira" hrganya brapa ya (tanpa BB).
    Terima kasih om :)
     
  12. Boo

    Boo Member

    Pasti dapet om. Groupset baru itungannya dapet semua barang yg buat gerakin sepeda sama berhentiin sepeda hehe... kecuali pedal yah om. Tidak termasuk. soal harga ultegra second banyak di online om. Seperti bukalapak om. Silahkan di cek
     
    Tesa khairusaddad likes this.
  13. Aping

    Aping New Member

    Permisi om ingin bertanya
    Baru ada rencana mau ganti crank
    Ada 2 pilihan si antara crank tiagra 4700 (2016) sama crank 105 5700 seri lamanya , kalau saya liat harganya dibukalapak ga terlalu jauh bedanya mending ambil yang mana yah ? Dan dari berat ? Performa ketika digoes , apakah beda ? Terima kasih sebelumnya
     
  14. tato

    tato Well-Known Member

    Hasil dari googling:
    Shimano Crankset 105 (5700)
    Shimano Front Chainwheel Tiagra (4700)

    Pertama terlihat beda model, 5700 masih memakai 5 jari, 4700 sudah memakai model 4 jari. Bobot 5700 ditulis 855gr, dan setelah cari2 lagi katanya 4700 berbobot 865gr. Jadi selisih bobot tidak begitu signifikan.

    Yang paling beda ternyata adalah jumlah gigi yang tersedia:
    - 5700: 52-39T, 53-39T
    - 4700: 52-36T, 50-34T

    Pakai 4700 akan lebih banyak ngicik di speed yang sama. Jadi pilih yang mana tergantung akan dipakai gowes seperti apa. Semoga membantu..
     
    dasarbule likes this.
  15. Aping

    Aping New Member

    Terima kasih om atas informasinya , jadi udah ada inceran saya kalau sudah pass uangnya beli tiagra 4700 aja deeh hehehe
     
  16. Aris Fauzan

    Aris Fauzan New Member

    Makasih om ....
     
  17. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Om, mau nanya juga...

    Crank stiffness itu biasa yang bikin beda apa sih? Designnya kah?
    Kalo dibandingin antara 5700 sama 4700 (yang udah 4-arm) itu lebih stiff mana yah? Lalu apakah 5800 yang baru sama 4700 juga stiffnessnya sama (hanya beda di weight aja)??? Apalagi mengingat harga yang bedanya lumayan jauh (1,4 vs 900)
     
  18. tato

    tato Well-Known Member

    Karena penasaran, saya coba cari "crank stiffness" di google dan link pertama cukup menarik. Crank test dari Fair Wheel Bikes.
    Setelah membaca artikel di Fair Wheel Bikes tadi, parameter yang perlu dinilai selain stiffness dan bobot ternyata juga ada kualitas shifting dan aerodinamika.
    Tentang membandingkan crank 5800 dan 4700, yang pertama muncul di pikiran saya adalah "ada harga ada barang". Jadi kalau menurut saya, ambil yang lebih mahal. Kita akan sulit sekali merasakan perbedaan stiffness (di hasil tes, perbedaan jarak bengkok crank kanan tidak sampai 2mm setelah diberi bobot 200 pound ~ 90.9kg)
     
  19. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Hahaha, jadi at the end of the day ada harga pasti ada barang ya om, apalagi mengingat harganya :')

    Okedeh kalo gitu om hahahaha. Saya awalnya mikir --- yah mungkin cuma beda berat. Tapi sepertinya stiffness yang harganya bedanya sampe 50% lebi tinggi ga akan bohong yahhh hahahahaha
     
  20. ujeans

    ujeans New Member

    Om, mau tanya

    lagi dilema nih ada pilihan

    Ultegra 6800 Crank 11 speed 50/34 vs 7900 dura ace 10 speed crank 53/39 dengan harga yang sama lebih oke yang mana ya? apakah perbedaanya signifikan?

    Thanks
     

Share This Page