1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.
  2. Polling desain jersey CyclingID edisi ke-7 sudah selesai. MOHON SEGERA PESAN!!! KLIK desain 4

Index Thread Index Thread: Groupset Road

Discussion in 'Road, Time Trial, dan Cyclocross' started by mt, Jul 29, 2012.

  1. mt

    mt Pensiun Dulu

    Pertanyaan2 mengenai groupset baik Shimano, Sram, atau Campagnolo sebaiknya di posting di tret ini ya, jadi satu thread besar gitu. :D

    Macam2 Groupset Road:

    SHIMANO
    • Dura Ace 7900
      ~15jt full groupset, ~30jt Di2 version
      10 speed
      versi lama: 7800, 7700
      upcoming: Dura Ace 9000, 11 speed, blom release
    • Ultegra 6700
      ~7jt full groupset, ~15jt Di2 version
      10 speed
      versi lama: 6600
    • 105 5700
      ~4jt full groupset
      10 speed
    • Tiagra 4600
      ~3jt full groupset
      10 speed
      versi lama: 4500 10 speed, 4400 9 speed
    • Sora 3400~2jt full groupset
      9 speed
    • 2300 Non-Series
      Biasanya dapet dari beli sepeda
    SRAM

    • Sram Red~15jt full groupset
      10 speed
    • Sram Force~10jt full groupset
      10 speed
    • Sram Rival~6jt full groupset
      10 speed
    • Sram Apex~4jt full groupset
      ? berapa speed ya?
    CAMPAGNOLO
    • Super Record
      Maap agak buta harga Campagnolo :oops:
      11 speed
    • Record
    • Chorus
    • Athena
    • Centaur
    Pertanyaan2 Umum Seputar Groupset:

    Total berat komponen lebih ringan (terutama di bagian Crank), lebih nyaman dipake (terutama bagian brifter yg buat shifting/braking dan tumpuan tangan), build quality lebih bagus, durability *mestinya* lebih tahan untuk dipake bertahun2 (walaupun belum pernah yg bikin test misalnya Shimano Dura Ace ama Ultegra bisa beda berapa jauh kalo dipake long-term), shifting lebih loncer (walaupun seringkali ga beda2 jauh banget).

    Umumnya sih ngga ngefek ke speed.

    Menurut saya yang pasti Shimano, soalnya harga Shimano di Indonesia lebih murah dari SRAM atau Campagnolo. Dari line-up Shimano, 105 dan Ultegra udah yang paling worth the price. Tiagra dan Sora sebetulnya juga udah oke, cuman kalo budget bisa nambah, mending langsung ke Shimano 105 sekarang harga jual full set sekitar 3.9jt.
     
  2. josephdiaknes

    josephdiaknes Active Member

    hehe siap om MT, nanya donk untuk dilevel ultegra enakan pake shimano, sram atau campagnolo :D
     
  3. mt

    mt Pensiun Dulu

    Saya baru pernah cobain Ultegra.. Kalo udah ngobrol ama temen2 yang udah cobain macem2, sepertinya pendapat umum adalah ujung2nya Shimano paling smooth.

    Kemaren ini saya sempet pikir mau beli Ultegra 6700. Saya pikir Dura Ace 7900 bedanya jauh sekali dari segi harga padahal performance ga beda2 jauh banget. Terus saya cobain Dura Ace 7900 di sepeda temen, kok shiftingnya ga gimana2 banget. Akhir2nya setelah menimbang2, akhirnya saya ambil 105 5700. Kok rasanya ga beda2 jauh banget ama shiftingnya Dura Ace 7900. Pribadi saya rasa masih lebih loncer Ultegra 6600 saya yg kabel luar dibanding semua line up kabel dalem Shimano (105 5700, Ultegra 6700, DA 7900).

    Kecuali kalo dah ngomong versi Di2 baru itu emang maknyuss shiftingnya.

    Kalo Sram katanya lebih cepat pindah giginya. Saya sempat pengen cobain Sram yg kelas Force atau Rival waktu ngerakit sepeda Spez saya, tapi jatuh2nya disini harganya beda lumayan. Shimano 105 ga nyampe 4jt full groupset, sedang Sram Rival yg sekelas udah 6jt. Ultegra 6.8jt full groupset, Sram Force yg sekelas udah ampir 10jt. Jadi kalo di Amrik/US emang Sram rata2 lebih murah dari Shimano, tapi di Jakarta beda jauh harganya.

    Kalo Campagnolo kok belakangan udah jarang liat orang pake ya... saya ngga ngeliat mereka ada nilai spesialnya, ngeliat build qualitynya brifter Super Record 11 juga ga berasa kelas high-end.
     
  4. fikarr

    fikarr Contributing Member

    koreksi om

    tiagra 4600 10 speed
    tiagra 4500 9 speed

    seri lama
    tiagra 4400 9 speed
     
  5. mt

    mt Pensiun Dulu

    :D
     
  6. spidefunk

    spidefunk New Member

    mantep om review-nya..
    mgkn yg bikin campy mahal yaitu merek-nya dan asal negara-nya, apalg mereka lebih dulu ngeluarin 11 speed, jd kesannya teknologi mereka lebih maju satu langkah..
    tp klo masalah built quality, menurut saya ga ada perbedaan yg signifikan dr merek lainnya..
    utk performance agak beda sih, campy agak dibawah shimano, itu menurut pandangan saya lho..campy mulai dr kelas entry sampe kelas high end sistem shiftingnya kurang efisien karna sama seperti shimano 2300 dan sora, udah gitu shiftingnya rada kasar n keras..
    tp bukan berarti campy jelek ya..
     
  7. josephdiaknes

    josephdiaknes Active Member

    Sepeda yang saya rakit GSnya semua 6700
    saya ambil 6700 biar saya gak ngeluh dan salahin GS kalo saya naik spdanya masih megap2

    tapi setelah dgunakan, saya malah berpikir 5700 uda lebih dari cukup untuk pemula
    apa lagi yang baru banget di road bike yg masih sering jatuh, dan megap2 kalo nanjak

    Saran dari saya : Kalo baru banget di Roadbike mending 105+Wheelset yg bagus
    Misalnya : Ultegra 6700 (6.8jt) + RS30 (1.7jt) =8.5jt
    mendingan : 105 5700 (3.8jt) + Token C30A(3.8jt) =7.6jt
    Hemat 900rb :D

    ini pemikiran saya yg pake 6700+RS30

    hehehe :D
     
    Dennydsu and ride health like this.
  8. mt

    mt Pensiun Dulu

    Bener tuh... malah kadang2 saya lebih berani beli saddle yang mahal dibanding groupset mahal. Saddle lebih ngefek ke performance dibanding groupset.
     
    ride health and ardiie like this.
  9. ardiie

    ardiie New Member

    wah abis baca postingannya om mt jadi semakin membulatkan niat buat nabung ganti saddle nih :D
     
  10. mt

    mt Pensiun Dulu

    Saddle tuh sangat penting dan sangat personal, sampe kadang2 pembalap TdF bisa tukerin saddle yg dikasih sepeda sponsor dengan saddle dia pribadi (asal mereknya dihapus/ditutupi).

    Soalnya kalo saddle ga nyaman akan mempengaruhi:
    1. Comfort, yang akan mempengaruhi overall endurance.
    2. Bloodflow, terutama waktu kita di aero position kalo "nyangkut" dibawah, ga bakalan bisa nyaman lama di aero position.

    GS saya cuman 105, tapi saddle saya lumayan fancy.;)

    [​IMG]

    Tadinya bahkan mau beli yg carbon rails, tapi seatpost saya masih lom compatible ama yg carbon rails. Kalo carbon rails bakalan lebih nyaman lagi tuh. ;)
     
    Dennydsu likes this.
  11. josephdiaknes

    josephdiaknes Active Member

    hehe, coba nanya Om MT, wheelset ny ap dulu :D :D
     
  12. ardiie

    ardiie New Member

    @mt : ternyata pengaruhnya besar jg yah saddle.terimakasih banyak om mt buat penjelasannya tentang saddle :D

    wheelsetnya HED :love:
    tapi saya pake hub 105 dirasa udah cukup kok om.yg paling ngeri tuh dengkulnya om mt :eek:
     
    krishna likes this.
  13. Jev

    Jev Active Member

    saya setuju banget sama om joseph, soalnya pengalaman pribadi juga. mesti pinter2 kombinasi GS + WS yg tepat... dulu saya pake sora + WS std helios (apa ya?) trus dengan pakem kombinasi seimbang ini saya upgrade ke GS 105 + WS FR5... top!

    ooowww gitu ya oom mt, tadinya saya sayang juga sih beli saddle mahal2... tapi sekarang jadi kepikiran nih... apalagi abis liat ISM Adamo di toko om Sugi... kayaknya ada 'tempat' khusus buat laki2...
     
  14. mt

    mt Pensiun Dulu

    Iya dong.. saya pikir masalah comfort di daerah situ lebih penting daripada punya brifter yg lebih enteng 50 gram. :p
     
  15. emirr

    emirr Contributing Member

    kyknya comfort bgt ngliat adamo.duhh racunn nih lama2 disini -_-"
     
  16. fikarr

    fikarr Contributing Member

    :D
    yg murah jug ada mir sadle bolong tengah IMG_4853.JPG
     
  17. josephdiaknes

    josephdiaknes Active Member

    om MT, td saya ngikut dgn yg pake Di2, trus kayakny suaranya rada kasar padahal dura ace di2

    kalo di2 mau perpindahan gigi belakang dari terendah naik 4 tingkat, mesti 4 kali tekan ?

    kalo mekanik tggl tekan dalem aj
     
  18. mt

    mt Pensiun Dulu

    VELO emang murah meriah..

    Ya mungkin setelannya ga pas.. sama aja kok kaya GS mechanical, kalo setelan ga pas ya bakalan ribut suaranya.

    Bisa 4 kali tekan, bisa ditekan ditahan aja, kalo ga salah ya, soalnya gw ga pake DI2.
     
  19. mt

    mt Pensiun Dulu

  20. Jev

    Jev Active Member

    maap berhubung belom ada thread khusus saddle...

    tadi pagi pertama kali sepedaan real world lagi setelah puasa, sekalian cobain adamo typhoon keliling perumahan... maknyooosss, terutama untuk aeroposition berasa banget beda jauh lebih nyaman dari saddle SR ane sebelumnya... tahan lama di posisi aero yang agressive, tanpa kesemutan dibagian 'situ'nya...
     
    mt likes this.

Share This Page