1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.
  2. Polling desain jersey CyclingID edisi ke-7 sudah selesai. MOHON SEGERA PESAN!!! KLIK desain 4

Fixie oh fixie..

Discussion in 'Fixie dan Track' started by joshua08, Dec 9, 2013.

  1. galihleo

    galihleo Well-Known Member


    mungkin hub ulirnya yang searah aja tuh om (yang untuk freewheel), jadinya setiap ditahan (back pedal) malah kendor cognya..

    dan iya rantainya memang kendor..

    Fixed gearnya berisiko nih om @hadi PML

    Masang rem sepertinya lebih simpel daripada harus ganti hub fixed gear dan pasang toeclip
     
    tato and andytio like this.
  2. andytio

    andytio Fat Cyclist

    Pasang oom..... Klo dengkul kita masih abg enak fixed.... Haha
     
  3. hadi PML

    hadi PML Raja Warna

    Iya om @tato , itu kendor gara gara nahan pedal sa'at turunan.. gear belakang muter keluar dan as roda ikut maju.. itu belum saya setel lagi.

    om @galihleo , ada ulir terbalik buat fixie ya om ? baru tau saya.. :( kurang informasi..

    om @andytio , kemaren juga pernah #jatohbego di tanjakan + masuk jurang hahaha.. untung sepi orang :oops:

    yang bikin kepikiran lebih bukan hanya toe strap om.. tapi hubnya itu.. milih opsi rem aja kali ya.. hehe
     
    andytio likes this.
  4. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    Hubnya apa ya? baru tau kalo ditahan bisa kendor cog-nya?
    Pasang rem depan aja lah om hadi
     
  5. hadi PML

    hadi PML Raja Warna

    iya sih om.. mendingan rem.
    hub seperti ini om.. 22032011785.jpeg (dari mbah google katanya merk HARO) low-end
     
  6. Ibet

    Ibet Active Member

    Dear @hadi PML om, sepertinya itu hub untuk singlespeed (menggunakan freewheel) bukan untuk fixed gear/doltrap .. untuk hub fixed gear sendiri ada dua ulir dengan jenis putaran berbeda, ulir kiri yang ada di depan untuk lockring (pengunci) dan ulir kanan yang ada di belakangnya untuk cog (gigi) nya.

    Ini salah satu gambar hub untuk fixed gear :

    [​IMG]
    (perhatikan ada dua dua buah ulir / drat)

    Alternatif lain, bisa juga hub bagian ulir dan cog nya di las di bagian ulir dengan cara las titik atau las penuh sehingga cog jadi terkunci dan roda belakang bisa digunakan untuk back pedaling / skid. Namun, resikonya cog bisa menjadi tidak rata lagi (karena panas dari proses las) dan sambungan las antara cog ke hub patah ..

    Cheers,
    Ibet
     
    tato likes this.
  7. hadi PML

    hadi PML Raja Warna

    :eek: ternyata memang salah beli..

    pantesan om @Ibet , dari dulu sebenarnya saya masih penasaran.. kog mereka bisa mundur lancar tanpa kendala pakai hub ulir, sedangkan saya ?! :(


    terima kasih informasinya om om dan para suhu.. :yes:
     
  8. pramudityapandu

    pramudityapandu New Member

    Om saya butuh info nih, kalo hanya ngandalin torpedo aj untuk jalan jauh, bahaya apa engga sih om?


    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
  9. hadi PML

    hadi PML Raja Warna

    sepengalaman saya pakai torpedo nyaman nyaman aja om, apa lagi kaki bisa istirahat, engak mengayuh terus seperti pada fixed gear..
    Paling kalau ngerem mendadak dan terlalu menekan pedal, torpedo bisa selip (ngunci) atau apa itu namanya.. solusinya bisa dengan tekan, lepas, tekan, lepas..
    mohon koreksinya dari om suhu
     
    Last edited: Dec 5, 2014
  10. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    untuk hub dibuat fixed, sebaiknya sudah tidak lagi pakai metode las, selain repot dan riskan (bisa sewaktu-waktu lepas lasnya), hub flip-flip/fixed gear saat ini sudah tersedia banyak pilihan dan harganya sudah banyak yang terjangkau.. lain halnya ketika musim awal fixed gear, waktu itu emang metode bikin hub fixed bervariasi, mulai dari hub dilas, bikin cog 6 bolt bubutan dengan hub depan MTB diconvert jadi hub fixed dan lain sebagainya, karena memang belum ada toko/pedagang yang jual, pilihan satu-satunya pada masa itu beli diluar, nitip temen atau via ebay...
     
  11. pramudityapandu

    pramudityapandu New Member

    Terima kasih om infonya, saya baru bangun soalnya dan masih blm dpt selanya.


    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
  12. kal_yxo

    kal_yxo New Member

    Bump threadnya. Numpang absen hasil bangunan waktu itu:

    [​IMG]
     
    densoed and andytio like this.
  13. andytio

    andytio Fat Cyclist

    Duuhhh kapan jadi ya.....
     
  14. setzz

    setzz Well-Known Member

    Koes plus om.. kapan kapan
     
  15. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

    Om @hadi PML :
    Demi keamanan, PLIZZ pakai lockring di hubnya. Karena hub belakang HARO itu untuk pasang single freewheel ulir, dia nggak ada trad balik untuk lockring yang biasanya dipakai dengan track cog.
    Masih bisa dipakai untuk fixed dengan cara ini:
    EDIT (maaf keliru ngetik dulu): Lockring COG dipasang dan dikencangin, lalu pasang lockring dari BB standard;
    [​IMG]

    Seharusnya trad2 kedua2nya dikasih Loctite red (271) terlebihdahulu:
    [​IMG]

    Padahal Lockring BB trad arah biasa, dia masih bisa nahan cog biar nggak jadi kendor.

    db
     
    Last edited: Dec 18, 2014
    andytio likes this.
  16. hadi PML

    hadi PML Raja Warna

    : terima kasih om @dasarbule , sudah saya setel ulang rantai & lockring untuk cog.. jadi lebih tenang ngegowesnya
     

Share This Page