1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Do Not Sell Your Bike.... yet..

Discussion in 'Pojok HPW' started by HPW, Aug 8, 2012.

  1. HPW

    HPW Blogger Cycling Indonesia

    kutipan dari BB messenger chat:

    Om B: Om, mau tanya... sepeda baru, baru 2 kali digoes, kalo dijual lagi kira2 harganya turun berapa ya?

    HPW: (gubraks) emang kenapa om?

    Om B: ngga enak, berat

    HPW: kan sebelumnya udah nyobain punya saya, tipenya kan sama?

    Om B: Iya Om.. lebih enak punya om HPW. Apa karena belum break-in aja ya? digowesnya berat. Dipake nanjak KM 0 berasa berat, NR ke depok juga berasa berat, padahal on road flat.

    HPW: Rem ga macet/dragging?

    Om B: ngga om, lancar

    HPW: Beli Fullbike kan? Dapetnya komponen apa aja om?

    Om B: Fork Revelation, Ban belakang Spez Purgatory 2.2, depan Spez butcher 2.3, drivtrain SRAM, sprocket 11-34, Crank dual.

    HPW: Gimana kalo ban belakang diganti dengan crossmark 2.0? Terus coba cek gigi crank, kalo bawaannya fullbike 26/39T, mending ganti dengan 24/36T. Kalo di KM0 masih berasa berat, sprocket ganti dgn 11-36T.

    Om B: Jadi jangan buru2 dijual lagi ya?.

    HPW: ya gitu deh :)

    Om B: Another problem is seatpost sepertinya kurang panjang, om..

    HPW: (gubraks) ya diganti atuh..


    Selama beberapa tahun gowes, lumayan sering ketemu kasus seperti ini. Temen baru beli sepeda, terus pengen buru2 dijual gara2 digowesnya ngga enak. Well, some says change never easy. Dan IMHO ganti sepeda adalah sebuah keputusan yang besar karena kita akan keluar dari comfort zone dan masuk ke zone baru.

    Selain itu, beli sepeda adalah sebuah investment, meski lebih banyak bersifat physical-emotional investment daripada financial. So kecuali ada yang nawarin untuk beli sepeda kita dengan harga tinggi, bagusnya kita pake dulu sampe puas :D.

    Banyak faktor yg bikin sepeda ngga enak dipake. Frame dengan design dan geometri yg buruk adalah salah satu faktor. Tapi IMHO faktor terbesar justru berasal dari komponen yang salah atau setting yang ngga tepat. Kesalahan design dan geometri dapat kita hindari dengan mengikuti mainstream... beli frame yang banyak dipake para goweser, sesuaikan size frame dengan tinggi badan.
    Tinggal masalah komponen dan setup.
    Pertama cek tinggi seatpost. Toko sepeda yang baik akan kasih tahu kalo sitpos kependekan, atau kita ukur jarak BB sampai saddle dari sepeda kita sebelumnya. Adalah sangat penting untuk dapat sitpos yg bisa mengakomodir tinggi badan kita. Kalo ngga dapat sitpos yg cukup panjang, mending ngga usah beli sepedanya.
    Kedua cek panjang effective top tube (jarak horizontal dari baut headset sampai seatpost), bandingin dengan sepeda kita sebelumnya. Kalau ternyata beda, coba kompensasi dengan mengganti stem. Tapi seringkali ini ngga berlaku kalo kita pindah aliran, misalnya dari XC ke AM. AM lebih mengakomodir turunan, sehingga effective top tube dan stem cenderung lebih pendek.
    Ketiga, kalo beli fullbike, lihat bannya. Seperti kasus di atas, ban 2.2 untuk dibelakang memang enak untuk ditrek turunan. Tapi begitu ketemu tanjakan alus, asli berat..
    Keempat, masih kalo beli fullbike, cek kombinasi drivetrain. Untuk saya yg bukan atlit, masih butuh crank 22T - sprocket 32/34, atau crank 24T - sprocket 36. Kalo bawaan fullbike dengan crank 26T, mendingan ganti.. kecuali kalo sekalian untuk latihan beban.. hehehe
    kelima, setting suspensi. Perhatikan rekomendasi pabrikan untuk ukuran sag, setting rebound, compression dsb. Sesuaikan dengan preferensi dan kondisi trek yang akan dilalui.

    So? still wanna sell your new bike?
     
    andytio likes this.
  2. mblitar

    mblitar New Member

    Kwarakakakak Mr. B juga tanya ogut om. Saya minta fine tuning saja, sama bike fitting lagi. Tapi komparasinya giant reign dg DHX air 5.0.. Ya jelas FSR without brain kalah enak sama Maestro dg DHX air hehehee... Apalagi dpt reign-nya lagi diskon, dg price lebih murah lebih enak. Cuman masuk paguyuban jayen heheheh
     
  3. HPW

    HPW Blogger Cycling Indonesia

    hmmmm... sorry Om Mblitar, but I would strongly disagree..:oops:

    FSR TANPA brain menurut aku malah lebih pas.. sejak 2009 (atau 2008?), design spez improved lumayan banyak. Firstly, mereka menerapkan desain linkage Titus Racer X - the best linkage position for stiffness and light weight. Secondly, posisi lower linkage (horst link) dinaikkan sampe hampir sejajar dengan rear axle - mendekati design ICT tanpa melanggar hak cipta. Jadi aplikasi brain (at least buat kebutuhan saya) hampir tidak relevan lagi - except maybe for goweser yg baru pindah dari HT atau atlit.
    Waktu pake epic, 90% of the time setting brain selalu saya bypass. Dan efeknya justru bikin sepeda lebih hidup.
    Komparasi dengan reign + DHX? are you absolutely sure? DHX was never intended to be an XC shock. Fungsi ProPedalnya ngga sedominan RP23. Kedua, se enteng2nya frame reign yg pake DHX, masih lebih berat hampir 500 gr dibanding stumpy. Kebetulan aku pernah juga pake Reign, dan it's among the most efficient climber I've ever used Tapi tetep aja untuk ke KM0 atau trek lain yg banyak tanjakannya, aku pilih yg lebih ringan.. hehehe :(
    maap kalo ngga sependapat yaa.. sungkem sama senior :sorry:
     
    cute_ipaq likes this.
  4. mblitar

    mblitar New Member

    Ammmpuunnn om HPW, kalo sdh teknologi sepeda saya nurut sama om HPW, tidak ada sanggahan...

    Cuman stumpy Mr. B itu yg FSR Comp Evo yg travel 150, extreme trail kalo gak salah... Dia bandingin sama Reign2 tapi rearshocknya diganti sama punya reign0 dg lebar ban yg sama 2.2 dan 2.3, jadi Mr. B punya niat main AM tapi dites di trk XC...

    Waktu periksa casette ternyata sudah 11-36, tapi bener om HPW, chainringsnya 36/24 (sedangkan reign 32/22)... Kayaknya memang bermasalah dg Drivetrain, hub-freehub agak peret dan kayaknya gak loncer, jadi ogut saranin disetting sama montir yg jago dulu...

    Tapi spez command seatpost ternyata memang lebih pendek yah dibanding aftermarket spt reverb atau KS...

    IMHO, perbaikan FSR masih belum fundamental, IMHO masih partial dan gak bisa expect buat ngejar ketertinggalan dg teknologi suspensi macam maestro dan DW... SJN tahun lalu pake FSR, energi yg tersalurkan fluktuatif un-predictable sehingga saat tertentu tepar seteparnya... Beda dg maestro dan DW yg penyaluran energinya lebih smooth... Saya ingat komentar om HPW ttg FSR di Pos 2 Tambora "Namanya saja teknologi four bar horst link FSRyg sdh hampir 20 tahun... Jangan dibandingkan dg teknologi 2 tahun lalu..."

    *cium tangan sungkem sama Suhu HPW...
     
  5. mblitar

    mblitar New Member

    Jiaahhhh ogut tahu deh mengapa pilih sepeda yg lebih ringan, Suhu HPW pasti mau mengeluarkan jurus angsa sata yah xixixixi:p minggir dulu ah.... *kaboorrrr:mad:
     
  6. adhyanz

    adhyanz Member

    setuju 100 persen sama Om Suhu Hapewe, dah paling TOB mereview sepeda selama ini, lihat saja FB-nya dari puluhan tahun yang lalu sudah mereview MTB
    seperti saya bilang sebelumnya semua sepeda yang saya pakai pernah dimiliki dan direview oleh Om Hapewe, sewaktu semua orang masih main funbike, Om Hapewe sudah mengangkat titus racer x pake 1 tangan :D
     
  7. adhyanz

    adhyanz Member

    saya sebenarnya mau komen yang ini, tapi Om Hapewe pasti sudah nyiapkan jawabannya, gak jadi deh :oops:

    yang penting sekarang I am not specialized, Om Hap tuh yang Spez....hahahaha
     
  8. HPW

    HPW Blogger Cycling Indonesia

    Me spez with no brain... let the rider do the thinking..hehehehe
     
  9. adhyanz

    adhyanz Member

    bukannya semua epic pake brain? :p
     
  10. HPW

    HPW Blogger Cycling Indonesia

    betul, tapi brain generasi sekarang bisa di bypass.. :p
     
  11. alivio

    alivio Active Member

    suka diskusi ini:sorry:
     
  12. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    salam kenal om HPW dan senior2 sekalian.. ikutan nimbrung ya:oops:

    bener banget ini ceritanya, rasanya cukup banyak juga yang langsung nge-judge sepedanya yang salah pas berasa kurang enak.. posisi rider di sepeda mungkin belom jadi perhatian banyak pesepeda ya..
     
  13. reza105

    reza105 Active Member

    salam kenal juga ya om senior semuaa.. hehe
    seneng ni baca tritnya, memang kadang racun upgrade alias rumput tetangga lebih hijau lebih dominan ketimbang setting sana sini memaksimalkan yg ada utk kualitas riding..
    meng-eksplor sepeda sendiri sampai ke batasnya itu ternyata menarik banget <-- baru ketemu setting yg pas soalnya hahaha
     
  14. HPW

    HPW Blogger Cycling Indonesia

    Salam kenal juga Om Fun Runner dan Om Reza105.. makasih responnya..

    Hayo sharing juga pengalamannya disini..
     
  15. john

    john Well-Known Member

    om hpw fb nya apa yah?
    saya penasaran mau baca review2 nya
    thanks
     
  16. 0600661160

    0600661160 Active Member

    Keren juga ya oom sepeda sekarang bisa mikir
    wah kalo brainnya di pas gak bisa mikir dong oom nanti..
    hahaha...
     
  17. Arfasy

    Arfasy New Member

    Wow diskusi tingkat dewa ni.. menarik si, tapi banyak kosakata yang ngga saya ngerti, sampe perlu buka wiki :p ijin nyimak terus ya om HPW
     
  18. YongQ

    YongQ New Member

    do you need an additional brain just for biking???.......I would prefer one brain in my head...hehe joking om...
     

Share This Page