1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

D.I.Y Tow Hitch Bike Carrier (Anhang Sepeda)

Discussion in 'MTB, Down Hill, Dirt Jump, dan BMX' started by galihleo, Sep 15, 2019.

  1. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    D.I.Y Bike Carrier

    [​IMG]


    Berawal dari sisa-sisa bekas hollow bekas proyek, lalu kekesalan bike rack model gendong yang selalu bikin lecet ujung pintu belakang mobil. Akhirnya timbul ide untuk membuat sendiri bike carrier model tow hitch, alias Anhang Sepeda..
    Kebetulan mobilnya punya bemper ala-ala towing Bar ARB dan ada slot detachable untuk tow ballnya. Diukur dan di desain, akhirnya jadilah..

    [​IMG]

    Di desain dengan model detachable sehinggan tidak makan tempat ketika di simpan.
    [​IMG]

    Sebelum di coba bawa sepeda, nyoba di enjot-enjot dulu sama saya dengan bobot 74 kg

    [​IMG]

    Pengelasan dilakukan secara full keliling, bukan cantum cantum lalu ditutup dempul, jadi yakin dengan kekuatannya. Bahan yang di las pun juga hollow tebal. Untuk bracket ke roda sepeda dipakai bahan pipa.
    Setelah yakin, dicoba bawa ke trek DH di Cihideung Gravity Park. Rencana bawa 2 sepeda, jadinya harus mengorbankan ban cadangan saya supaya bisa muat 2 sepeda.

    Saya merasa bike carrier model seperti ini sangat cocok buat saya, karena:
    1. Lebih praktis dan hemat waktu, loading-unloading sepeda di track tanpa harus bongkar pasang ban.

    2. Menghemat dan menyelamatkan ruang kabin. Menghindari lecet di interior dan jok mobil karena memasukkan sepeda ke dalam mobil.

    3. Menyelamatkan cat dan body mobil. Tidak seperti bike carrier model gendongan di pintu bagasi belakang yang biasanya bikin lecet pintu mobil, bike carrier model tow hitch sama sekali tidak menyentuh body mobil.
    [​IMG]
    Pada bike carrier model gendong pintu bagasi paling tidak ada 6 titik hook untuk disangkutkan ke celah pintu dan body mobil, pengalaman yang sudah-sudah, hal ini selalu meninggalkan lecet di body dan pintu mobil. Belum lagi kekhawatiran kaca atau plat pintu mobil yang tidak kuat menahan beban sepeda, maklum sepedanya berat-berat, hehehe...

    4. Menghindari sakit pinggang.
    Loh apa hubungannya? Ada juga bike carrier yang mempunyai semua keunggulan di atas, tapi bike carrier ini letaknya di atap mobil.
    [​IMG]
    tapi mengangkat Fullbike apalagi sepeda downhill yang beratnya kurang lebih 15kg bahkan juga lebih, beresiko terhadap kesehatan punggung dan pinggang. Apalagi bagi saya yang sudah pernah kena HNP dan mobilnya beratap agak tinggi. Selain itu bike carrier pada roof rack berisiko terhadap portal, ranting pohon, dan juga hambatan angin selama perjalanan.

    Jika teman-teman berminat, juga bisa saya buatkan. Bisa melalui BL dengan sistem PO (order, transaksi, lalu fabrikasi kurang lebih 4-5 hari)

    https://www.bukalapak.com/p/sepeda/...hitch-carriier-anhang-sepeda-trailer?keyword=
     
    Last edited: Sep 15, 2019
    Ibet and tato like this.

Share This Page