1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.
  2. Jersey CID V7.1 dan V7.3 telah dipesan. Untuk update terakhir KLIK SINI desain 4

Convert rims to tubeless

Discussion in 'Review Perlengkapan Sepeda MTB' started by NanoG6, Apr 9, 2015.

  1. NanoG6

    NanoG6 New Member

    Om ada yang tau caranya/produk untuk convert rims tube supaya jadi tubeless?
    Saya punya rim alex en24, mau iseng2 diconvert jadi tubeless. Sbenernya sempet ditawarin MT65 tubeless lumayan murah, tapi setelah diliat2 udah kebanyakan blanja upgrade nih..


    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
  2. red_cyclist

    red_cyclist Rider Sruntulan

    Untuk convert itu perlu rim tapes khusus untuk tubeless (biasanya udah integrated sama valve), sealant, dan ban tubeless ready. Kitnya yang udah terkenal biasanya sih ini:

    http://www.notubes.com/Standard-Kit-P49.aspx

    Metode pemasangan sih udah jelas, urutannya pasang rim tape, pasang ban, isi sealant, pompa. Tapi coba dicari-cari di internet atau youtube, biasanya banyak detil-detil penting pas pasang untuk pastiin ga ada kebocoran.

    Saya sendiri ngga pake tubeless sih, dan sama-sama kepengen ganti tubeless :oops:
     
    haris_greenplateau likes this.
  3. NanoG6

    NanoG6 New Member

    Di BL sempet liat sih ada yang jual sealant, tapi saya ngga ngerti juga itu sealant bisa untuk convert atau sekedar tambahan pengaman untuk ban tubeless.

    Kayaknya agak ribet ya.. Ujung2nya upgrade wilset juga nih


    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
  4. NanoG6

    NanoG6 New Member

    Btw yang namanya ban "Tubeless Ready" itu kan harus pake sealant ya, gak kayak UST yang bisa langsung pasang di rims UST. Kalo saya pakai sealant untuk ban motor kira2 bisa ngga? Apakah sama?
     
  5. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    Yup, bener om. Kalau tubeless ready masih perlu sealant. Dipasang di rims UST juga bisa kok. Sealant ban motor saya kurang tau, katanya sih agak beda seandainya pas bannya ketusuk, yang sealant motor ini biasanya ngga jadi kering di bagian lubangnya, jadi masih ada sedikit air loss.

    Saya sendiri kemungkinan besar bakal cobain kombinasi ban Tubeless Ready + UST rims begitu ganti ban, mungkin masih beberapa bulan lagi hahaha..
     
    haris_greenplateau likes this.
  6. NanoG6

    NanoG6 New Member

    Jadinya tadi mampir beli sealant buat motor, murah cuma 35 ribu dibandingkan sealant sepeda di BL yang di atas cepek.
    Tapi belum bisa dicoba nih soalnya ban Spez Tubeless Ready nya belum sampe.. itu juga salah beli, harusnya kmaren beli yang UST..
     
  7. elha

    elha Active Member

    setahu saya yg sealant buat ban sepeda fungsinya buat nambal deh oom.
    sedangkan sealant yg di ban motor, fungsinya buat ngakali velg ruji yg ogah pake ban dalam.
    namun dlm prakteknya, sealant ban motor buat velg ruji itu nggak berfungsi dg baik. masih ngowos anginya.
    tapi bila ada produk baru lebih canggih, saya yg kurang update artinya.
     
  8. NanoG6

    NanoG6 New Member

    Kmaren jadinya beli UST rims shimano mt66, dan ban tubeless ready sworks the captain. Hasilnya.. Ga bisa dipompa. Anginnya ngelengos gitu aja.
    Udah coba pake sealant ban motor, sealant khusus ban sepeda merk hutchinson, pake pompa tangan, pompa kompressor, but still no joy.
    Akhirnya pake ban dalem juga.
    Ah yasudahlah..
     
  9. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    Saya pernah pasang ban maxxis high roller biasa di wheelset UST (mavic crossmax sx), bisa dipompa pake floorpump biasa. Berhasil ngembang, tapi karena cuma iseng & ngga pake sealant, udaranya masih keluar dari antara rims & bead.
    Saya ikutin petunjuk dari sini sih berhasil ya: http://www.mavic.com/sites/default/files/download/UST_wheels.pdf
     
    haris_greenplateau likes this.
  10. rix

    rix Member

    Bikin tubeless gampang kok om, asal rim tape nya bagus n pasangnya bener pakai ban maxxis yg bukan tubeless ready pun bisa.
    Saya sekarang pakai cairan slime untuk motor gak ada masalah, cuma jadi agak lama sealing nya, soalnya cairannya kental
    Untuk pasang awal jauh lebih gampang kalau pakai kompressor
    Kalau terpaksa gak ada kompressor agak lebih tricky untuk ban non-tubeless ready
     
  11. andredechh

    andredechh Well-Known Member

    saya penganut aliran tubeless; so far udah pasang ban biasa, tubeless ready dan UST di wheelset biasa (mavic crossride dan DT Swiss M1700 spline) maupun wheelset tubeless (shimano XT dan mavic crossmax st). Nah saya mau share dikit hal-hal yang menurut saya mesti diperhatikan saat bikin tubeless set-up:
    • rim tape yang bagus - saya pake Gorilla Tape, beli roll lebar...tinggal sesuaikan dengan lebar rims
    • pas awal masang, pake air sabun yang agak kental supaya tire bead lebih gampang duduk ke rim hook
    • kalo masih susah juga, biasanya saya pakein ban dalam dan pompa sampai 40-55 psi, dibiarin minimal semalaman, habis itu lepas ban dalam, coba ulangi langkah seperti point di atas. kalo belum bisa juga, pijit2 bagian atas ban..menyeluruh sampe semua bagian 360 derajat.
    • sealant - cuma pernah nyoba Stan's no tubes (so far works great!). aplikasi sealant biasanya terakhir: setelah ban berhasil di pompa trus biarkin beberapa saat > kempesin > masukkin sealant > pompa lagi sekencang mungkin > trus kocok2 itu ban dan ditaruh horizontal 1 jam setiap sisinya untuk mastiin cairan sealant menutup celah antara tire bead dan rims secara sempurna.
    Ribet yak? Tapi sesuai lah dengan manfaat meningkatnya traksi & rolling resistance juga self sealing pas bocor.

    Ada juga bberapa ban dan rims yg terkenal bandel/nggak berhasil dibikin tubeless, di web nya stan's ada list nya tuh.
     
    haris_greenplateau and elha like this.
  12. andredechh

    andredechh Well-Known Member

    Bener nih...kadang tangan sampe pegel tp ban masih belum berhasil keisi angin...waaaks!

    Betuul...ini anak saya udah ikut2an convert tubeless hehe:
    [​IMG]
     
    Last edited: May 6, 2015
    bleukatana2004, NanoG6 and elha like this.
  13. haris_greenplateau

    haris_greenplateau Active Member

    Ada teori dari trit forum sebelah:
    Pakai ban dalam dengan ukuran satu nomor lebih kecil lalu di belah bagian luar. Pasang ke rim beserta pentil, pastinya akan sangat press. Biarkan sisa ban dalam menggelambir di ujung rim hingga ban tubeless terpasang. Jika sudah terpasang penuh baru potong dan rapikan sisa ban dalam tadi.
     
  14. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    Ini kan yang namaya ghetto split tube method, jangan lupa sistem ini masih perlu sealant ya om. Saya pernah iseng2 coba, pake ban dalem seli 20" di rims 26", fitting ban luarnya lumayan susah dan ngga langsung airtight . Sejauh yang saya baca, pro mtb rider kayak Jared Graves masih pakai cara ini untuk tubeless systemnya. Mirip2 kayak kalau beli rim strip tubeless conversion dari hutchinson sih om.
     
    haris_greenplateau likes this.
  15. haris_greenplateau

    haris_greenplateau Active Member

    Siap om. ikut-ikutan convert ternyata mudah.
    Rim konvensional bawaan Polygon, dililit rim tape "Stans notube" langsung jadi tubeless. Awalnya sempat gambling, rim bawaan bisa ato ga dibikin tubeless. Ban diisi pake kompressor ternyata masuk. Akhirnya dibongkar lagi buat ngisi sealant biar sempurna.
     
    Last edited: Jun 11, 2015
    red_cyclist likes this.
  16. red_cyclist

    red_cyclist Rider Sruntulan

    Lagi mencoba metode ini. Ban pake Specialized 2bliss ready (alias tubeless ready) sama rims yang harusnya sih tubeless ready juga, tinggal dipasang rim tape (which I didn't). Saya pake ban dalem sepeda lipat 20" untuk wheelset 26", sealant pake specialized. Baru dipasang tadi pagi, ban depan masi ada air-loss yang signifikan, kalo ban belakang lumayan steady.

    Kita lihat hasilnya beberapa hari lagi. Nanti saya update.
     
    NanoG6 likes this.
  17. haris_greenplateau

    haris_greenplateau Active Member

    Waktu saya pasang ban belakang sekalian ganti baru, prosesnya mulus. Tapi yang depan pakai ban lama. Sayang dibuang knobnya masih tebal. Alhasil begitu ditiup kompressor cairan sealant (gumpalan warna putih) pada merembes keluar. IMG_20150610_125116.jpg

    Setelah ditunggu beberapa saat. Sealantnya nutup bocor-bocor halusnya Om.
     
    NanoG6 and red_cyclist like this.
  18. NanoG6

    NanoG6 New Member

    Ditunggu update dan foto2nya. Karena setup nya sama dengan saya nih
     
  19. red_cyclist

    red_cyclist Rider Sruntulan

    Saya ngga dokumentasiin soalnya tangan keburu belepotan sealant :oops:

    Sekalian update deh ya, berhubung kemaren airlossnya semakin parah, jadinya beli sealant Specialized sebotol lagi sama duct tape, dan prosedurnya diulang. Pertama saya bersihin ban sama rims dari sealant lama. Terus duct tapenya dipake untuk bikin rim tape lapis 1 (pake caranya Stan's), dan ban dalemnya jadi lapis 2 sekalian untuk valve. Baru deh tuang sealant. So far hasilnya lebih baik, untuk roda belakang udah cukup well-sealed walopun kalo ditinggal sehari masi sedikit kurang angin. Untuk roda depan masi perlu diratain lagi sealantnya karena masi ada beberapa titik yang bocor tipiiiisssss. Tapi overall hasilnya lebih baik dari percobaan pertama yang bener-bener cuma pake ban dalem doang.

    Kalo ini masi gagal juga, percobaan berikutnya adalah ganti sealant (karena kalo ga salah based untuk sealantnya Specialized sama Stan's itu beda).

    Kalo abis itu masi gagal juga nanti saya serahkan ke mekanik yang berkompeten :oops:
     
    sekotenk likes this.
  20. red_cyclist

    red_cyclist Rider Sruntulan

    Update, sekalian share cerita convert tubeless edisi DIY

    Sesuai post sebelumnya, awalnya saya pake trick ban dalem 20" yang dibelah dan dialihfungsikan sebagai rimtape, dan pake sealant specialized airlock. Karena beberapa kali gagal, prosedur diulang lagi, pake ban dalem sama sealant specialized airlock lagi, tapi kali ini ditambah duct tape untuk ngelapisin permukaannya rim (lengkapnya ada di 2 post saya sebelumnya).

    Nah, karena beberapa hari tetep masih bocor terus, akhirnya saya penasaran. Hari Jumat saya browsing di interweb dan dari banyak review, pada bilang sealant specialized airlock itu ngga bagus untuk convert tubeless. Sealant ini lebih cocok untuk di-inject ke dalem ban dalem atau tubular, jadi begitu ada puncture, sealant ini nutup bocornya. Tapi sealant ini ngga bagus untuk nge-seal bead tubeless. Akhirnya, memutuskan untuk ganti sealant.

    Setelah ban sama rim dibersihin dari sealant lama, prosedur diulang lagi, tapi kali ini metodenya beda. Saya tetep pake duct tape untuk rim-tape, tapi kali ini ngga pake ban dalem, langsung pake valve stem saja (bawaan dari specialized). Sealant kali ini pake WTB (yang sebenernya dibikin sama Stan's). Saya pompa pake floor pump biasa, ngga pake kompresor (sekalian workout malem-malem lah hahaha). Untuk roda depan, lancar jaya! Percobaan pertama langsung berhasil. Tapi untuk roda belakang ada masalah di valvenya, entah kenapa udaranya keluar terus lewat area lubang valve di rim setiap kali dipompa di atas 20 psi. Awalnya ngeduga yang bermasalah valve stemnya, akhirnya pas hari Sabtu dibawa ke salah satu toko sepeda di Bogor. Tapi setelah dicoba-coba pake valve stem lainnya, udaranya tetep kabur. Ternyata, lubang valve di rimsnya yang kegedean....

    Karena ini prosedur DIY, maka penyelesaiannya juga pake metode ghetto. Dikasi tips dari mekanik sana, katanya pake lem kaca (silikon) pas nempelin valve stemnya, jadi area rim yang kontak sama karet valvenya di-seal sama lem silikon itu. Setelah lemnya kering dan valvenya nempel di rim, langsung pasang ban dan tuang sealant. Pompa pake floor pump lagi. BERHASIL!

    Sebelumnya mohon maaf kalo kurang jelas dan tidak ada dokumentasi (saking gemesnya sama perjuangan DIY tubeless ini), tapi mudah-mudahan bermanfaat. Seneng juga sih, bisa coba convert tubeless pake usaha sendiri, sekalian belajar hahaha

    Untuk spesifikasinya:
    Rims: DT Swiss/Specialized X420SL (bawaan fullbike Specialized, tubeless ready)
    Ban: Specialized Ground Control (Control casing, 2bliss ready)
    Sealant: WTB TCS sealant, made by Stan's NoTubes
    Rimtape: duct tape murah dari Ace Hardware
     

Share This Page