1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Cara Memaksimalkan Kayuhan Sepeda

Discussion in 'Touring' started by SpinWarriors, Jul 7, 2017.

  1. SpinWarriors

    SpinWarriors New Member

    Cara Memaksimalkan Kayuhan Sepeda :

    -Pengaturan Ketinggian Sadel

    Caranya adalah dengan duduk di sadel sepeda lalu posisikan kaki ke posisi bawah dengan bertumpu di pedal. Posisi kaki yang paling baik saat pedal dibawah yaitu tak benar-benar lurus atau tertekuk sekitar 25 derajat dari posisi lurus. Apabila kurang dari itu, kayuhan kaki menjadi tak maksimal dan mengganggu irama kayuhan.


    -Posisi Lutut saat Mengayuh Pedal

    Untuk mengetahui posisi lulut yang benar, tahan pedal pada posisi horizontal. Lalu tarik garis lurus ke bagian tengah persendian lutut, apabila posisi lutut berada di depan poros berarti kondisi ini akan memaksa lutut keluar dari posisi sempurna saat mengayuh dengan keras.


    -Posisi Tangan pada Handlebar

    Usahakan posisi handlebar berada dibawah ketinggian sadel. Namun, jangan terlalu rendah karena dapat memicu nyeri pada pungguh bawah dan bahu. Ketepatan posisi handlebar dapat membuat sikut tertekuk secara proposional dan posisinya nyaris horizontal dengan lengan depan. Posisi ini sangat efektif untuk meredam getaran saat mengendarai road bike di jalan raya.

    -Jangkauan Lengan

    Jangkauan lengan yang tepat akan membuat posisi duduk pada sudut 45 derajat dari top tube sepeda balap. Posisi jangkauan lengan yang tepat akan mengurangi ketegangan otot pada punggung dan leher.

    -Posisi Telapak Kaki

    Posisi kaki yang efisien dapat ditentukan dengan pengaturancleat sepatu yang tepat. Ujung kaki harus berada di atas kumparan pedal agar menghasilkan efisiensi mengayuh secara maksimal serta mengurangi resiko cidera. Apabila posisi telapak kaki tak tepat akan membuat kaki bergerak secara tidak alami dan menyebabkan berkurangnya performa kayuhan. Apabila cleat sepatu diposisikan terlalu jauh ke depan akan menyebabkan gerakan engkel menjadi berlebihan dan ini memungkinkan otot Achilles menjadi tegang dan membuat nyeri sendi setelah bersepeda.

    -Ukuran Frame/Rangka Sepeda

    Sebelum membeli road bike, perhatikan ukuran rangka sepeda (frame) yang tepat dan pas dengan tinggi badan. Ukuran sepeda yang tepat akan memaksimalkan kayuhan ketika bersepeda.

    Nah, itulah beberapa tip dan trik untuk meningkatkan kayuhan dalam bersepeda. Semoga bermanfaat dan menjadikan Spinners lebih “ngebut”...


    Sumber: http://www.sepedapancal.com
     

Share This Page