1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Can You Buy Speed?

Discussion in 'Blog Mt' started by mt, Mar 6, 2014.

  1. mt

    mt Pensiun Dulu

    Wah, topik controversial nih...

    Sebetulnya upgrade frame, pelek, dan komponen sepeda bikin tambah kenceng nggak sih?

    Iya...



    dan tidak.


    Yes, you can buy speed.
    Saya dah cobain gowes pake sepeda macem2 mulai dari entry level Helios full stock sampe BMC TM01 yang sekarang saya pake.

    I'll be lying if I said that upgrades don't buy speed.

    And I'm not talking about the sort of speed that you get from a 6KG bike climbing up Rindu Alam either. I'm talking about buying speed on FLAT terrain.

    Memang yang pertama paling penting adalah geometri sepeda. The right geometry = maximum power output. Tapi diluar geometry, memang komponen yang lebih baik membantu kita gowes lebih kentjanggg... ZING ZING ZING!

    Faktor2 yang perlu diperhatikan waktu mau membeli speed adalah:

    1. Improving stiffness. Stiff = max power transfer.
    Yang paling obvious adalah frame stiffness dan wheelset stiffness (more on this later), crank stiffness, pedal stiffness, dan shoe stiffness.

    2. Improving rolling resistance.
    Ganti ban.

    3. Improving Aerodynamics.
    Memang pelek aero bagus, tapi disini yang lebih penting adalah "how low can you go?" Posisi badan lebih penting dari pelek aero.

    4. Improving momentum.
    Mungkin ini faktor paling penting yang sering di overlook. A fast AVG is all about maintaining momentum dan bearing yang bagus, I'll be lying if I said it doesn't help maintain a fast momentum.


    No, you can't buy speed.
    Disisi lain, memang faktor engine room paling penting waktu kita mau gowes kentjangg... Soalnya enggak peduli seberapa stiff, seberapa loncer set up mu, kalau nggak didorong pedalnya ya enggak bakalan muter sendiri. Dan badan kita itu memang variabel yang sangat besar. Sebentar bisa betot 50kph, sebentar lagi mau jalan 30kph aja mesti ngedennn... Yah, kalo pedalnya nggak didorong ya sama aja boong mau sepeda 200 jt juga.

    Jadi sebetulnya orang orang yang naik sepeda mahal full carbon full ceramic itu, boong bener kalo dibilang semua sepeda sama aja. They are getting a solid speed boost from their equipment. Apalagi di situasi betot2an kaya Tarkam sudirman... rata2 yang reguler tarkam mainnya pake sepeda carbon semua dan kalo saya tebak kasar, rata2 sepeda disitu 50jt nilainya. Akselerasi yang lebih enteng bikin nempel peloton yang speednya up-down-up-down lebih gampang. Bearings ceramic bikin freewheeling last longer. At the end.. easier to maintain momentum = more spare power for tailing a breakaway.

    Cuman ya itu, sepeda 50jt tetep aja ga bakalan jalan kalo nggak ada yang ngedorong cranknya...

    Waktu jaman2 gw tarkam pake Helios 300, ama jaman gw pake S-Works, ama sekarang pake TM01, itu beda speednya dan "how easy it is to get up to speed" bedanya jauh bener.



    At the end memang engine room nya faktor yang paling penting. Which is some guys at the peloton are always at the front despite riding an entry level alloy bike. Dan on the other hand, guys with super good looking bikes, sorry to say, tend to be slow.
     
  2. ppephe

    ppephe Bali 2014 Organiser

    bener banget nih 90% air drag comes from our body shape and position.

    kebetulan masih nyimpen link lama mungkin relevan
    http://www.bikeradar.com/road/gear/article/how-aero-is-aero-19273/


    intinya misalnya kita cuman punya standard road bike dan stamina+dengkul standard trus mau jadi lebih kencang, cukup beli full tt setup dengan sepeda tt, helm dan pakainnya menurut penilitiannya bikeradar kita bisa save wattage sampe 25% atau dengan kata lain kalo pake setup begitu (full TT) kita cukup ngeluarin 75% effort dan perfomance untuk dapet speed yang sama waktu pake setup roadbike standard. ya berarti kalo kita kelaurin 100% effort bisa ngelaju lebih kencang.

    ya kurang lebih sih gitu pembenaran dari speed bisa di beli. tapi faktor stamina dan dengkul dianggap tetap dan sama ya
    cmiiw
     
  3. riaddenoe

    riaddenoe Member

    Wah gak jadi dweh beli bmc Lamborghini-nyah kalo gini...

    o_O

    * padahal beli helios c3 aja batal gak da duitnyah...

    :oops:

    Ok, balik ke gunung, mtb-an..

    :yes:
     
  4. tataa

    tataa Member

    ada 2 orng punya power, stamina, dan body shape sama, yg 1 naik sepeda entry lvl yg 1 naik sepeda lvl tournament apakah menurut om2 ada perbedaan yg significant?
     
  5. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    jelas beda signifikan om
    faktor engine dianggap sama
    tapi penerus daya (sepeda) berbeda
    akan terlihat bedanya di akselerasi, top speed dan endurance ridernya

    seperti yang om Ppephe sampaikan di atas, pergantian helm dan suit dengan TT setup saja bisa saving energi cukup banyak, apalagi sepedanya pake komponen kelas atas semua.

    kelonceran bearing, stiffness parts, aero, bla, bla, bla. Bohong kalo ga pengaruh.
     
    Ary, tataa and Dedy Indradi like this.
  6. hardi

    hardi Well-Known Member

    Jadi kira2 menurut om om
    brp % dengkul?
    brp % equipment and bike?
     
  7. setzz

    setzz Well-Known Member

    menurut sy sih harus 100% dengkul 100% equipment.. latihan dengan sepeda entry level sebenernya akan sangat bermanfaat drpd lsg pake sepeda mahal (*modus)

    Sent from my GT-N7105 using Tapatalk
     
    densoed likes this.
  8. ch_cx

    ch_cx Bali 2014 Organiser

    Kalo langsung pake yg mahal ntar engap upgradenya ya om :D:D
    Menurut sy sih 100% ridernya dulu yg musti ditempa, apapun sepedanya. Itu mungkin kenapa pabrikan bikin sepeda mulai dr entry level hingga competition. Banyak tweak/adjustment yg harus dilakukan along the way. Just my $0.2...

    Sent from my Nexus 5 using Tapatalk
     
  9. sguna

    sguna Active Member

    oleh karena itu saya sekarang belajar gowes pada posisi dropbar, khusus untuk solo riding
    kalau ikut peloton masih kurang nyaman dengan posisi dropbar takut nyenggol didepan...
     
  10. setzz

    setzz Well-Known Member

    betul om.. cmn ya kembali ke filosofi masing2.. kenceng apa ganteng, klo mo kenceng duluan, gantengnya pasti belakangan, atau sebaliknya


    Sent from my GT-N7105 using Tapatalk
     
  11. Raysigar

    Raysigar Active Member

    You can buy speed...... NO, YOU MUST BUY SPEED
    But it all depend on your
    - Ability and will:
    Utk memiliki sebuah unit sepeda yg kenceeng merupakan impian para pesepeda, bagi yg memiliki resource yg kuat sangat memungkinkan utk mewujudkannya. Utk kaum dibawahnya akan menyesuaikan keinginan dgn ability of their resource, part by part mereka wujudkan.
    - Trial n Error:
    Faktor in jg semakin menguatkan slogan ''You must buy speed'' dimana para biker akan diarahkan pada option 'Light, strong, cheap, pick any two'. Apalagi disaat Trian n Error sang biker terkena racun dunia.
    :)
    Bahkan utk urusan engine n dengkul, ada kiasan ' Mesin 3000cc vs 40cc on bike'. 3000cc power kuat bobot berat, 40cc power lemah bobot ringan; maaf bukannya saya menyinggung tapi terkadang hal ini juga yg menjadi pengait dan penyemangat biker utk BUY SPEED. Dua duanya butuh excercise dan itu hrs dibayar mahal dengan waktu, sanking mahalnya waktu tuk excerse yg sering berbenturan dgn kesibukan dan cuaca, para biker yg memiliki dana lebih akan beli Trainer or Roller. Semua dilakukan demi sepeda kencang dengan mesin yg ideal.
     
    andytio likes this.
  12. hardi

    hardi Well-Known Member

    berarti faktor untuk mencapai 100%
    yaitu dengkul 50% , sepeda 50% donk
    menurut saya sih dengkul 70-80% , sepeda 20-30%, but, just my 2 cent
     
    andytio likes this.
  13. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    well, menurut saya everythings depend on the rider, sepeda hanya penunjangnya.
    looks Keirin cyclist, saya rasa soal power dan speed mereka ga akan kalah dengan pro rider roadbike

    mereka masih pake frame steel, single ratio, 53/13, latihan tiap hari nanjak bukit dengan rasio itu:confused:
    pengen tau performanya kalo mereka dikasih sepeda modern diadu sama pro rider, hehehehe
     
    andytio likes this.
  14. dhaninugraha

    dhaninugraha Tukang Makan | Bali 2014 Organiser

    opening a can of worms banget nih hahaha...

    but anyway. can you buy speed? yes, to a certain extent.
    ini bakal nyerempet ke topik 'emotional vs rational purchase' juga sih, jadi ya sudah sekalian gw ngebacot panjang aja yah.

    kalo gw masih pake wheelset Shimano R501, instead of Fulcrum Racing 7 + bearing keramik yg gw pake sekarang, ga bakal gw bisa ngudak-udak rombongan tarkam the way I've been doing for the past few weeks.

    kalo gw masih pake ban Schwalbe Lugano 700x25 yang beratnya jahanam itu, keburu engap gw gowesnya buat pick up speed tiap abis keluar tikungan, vs pake Hutchinson Nitro 700x23 yang gw pake sekarang.

    kalo misalnya gw dapet Zipp 404 sepasang nih, let's say pake GP4000 pula bannya, apakah gw bakal tambah kenceng? most certainly I will be faster. tapi apakah gw bakal mampu sustain kecepatan yang gw peroleh dengan lebih mudah [dengan bantuan pelek Zipp] itu? I'm not so sure.

    secapable-capablenya sepeda, secanggih-canggihnya sepeda, tetep aja, the rider makes the bike, bukan sebaliknya.

    sepeda MTB fullsus apa kodratnya buat ikut tarkam, dengan framenya yang super berat, ban knobby, dan gearing ngicik begitu? kaga kan?
    tapi ada aja tuh yang ikut tarkam pake MTB kayak gitu.

    Scott Foil 10, sepeda balap 40+ jt, apa kodratnya jadi weekend warrior di CFD? digowes cantik 10-20kph sambil cengengesan trus foto2 buat masuk Instagram? menurut gw sih kodratnya lebih buat dibejek dan ditikungin mati-matian di criterium ya. tapi kalo ada yang mau jadiin Foil 10 buat weekend warrior, buat CFDan ato sekedar ngupi cantik ke Starbucks terdekat, monggo aja.

    wheelset Shimano R501, beratnya minta ampun. 1800gr lebih. bisa gitu buat nanjak? as a matter of fact, gw lulus nanjak pertama gw, KM 0 Sentul via Rainbow Hill, pake Shimano R501. sekali tarik langsung sampe, FYI. ga berhenti.
    apakah kalo gw pake wheelset 1200gr bakal nolong? nolong banget pasti. minimal sampe ke warung di atas gw gak bloon dan sempoyongan amat, dan nyaris ga bisa unclip dari pedal. apakah gw butuh? kaga. apakah wajib nanjak pake wheelset enteng kayak gitu? kaga.

    yes, you can buy speed. biasanya dalam proses buying speed, ie. ganti wheelset ama ban bagus/frame karbon/bartape warna tertentu/groupset elektrik terkini/whatever, itu sekalian beli fashion juga malah. capability untuk kenceng, dan tampang keren, jadi satu paket yang dibeli ketika beli sepeda canggih atau upgrade sana-sini. tapi hasil akhirnya, apakah itu sepeda bakal lari kenceng ato cuma jadi pajangan di Instagram dan Path, dan apakah sepeda/upgrade yang dibeli sesuai ama penggunaan, balik ke yang gowes.

    yang kenceng pake sepeda butut, jadi bahan omongan.
    yang lelet dan/atau crash mulu pake sepeda mahal, jadi bahan omongan juga.
    terlepas dari omongan positif ato negatif, omongan is... omongan.
    you will be judged no matter what you buy.

    jadi intinya apaan?

    yaaa... buy whatever floats your boat.
    o_O
     
  15. surfnux

    surfnux Active Member

    ambil hikmah dari film Yowamushi Pedal, dia pakai sepeda nenek-nenek untuk daki bukit tiap hari ke sekolah sambil nyanyi lagi, ke Akihabara yang 40km pulang pergi pakai sepeda nenek-nenek tapi dalam waktu tempuh yang cepat. Begitu di kasi sepeda road bike yang biasa aja, sudah tambah kencang banyak. Pas training camp, pedal pecah, lantas di kasi clipless pedal dan sepatu, dayungnya makin kencang. Malah sempat selesaiin 1000km dalam 4 hari training.

    Berarti mungkin inti dasar itu dengkulnya ama mindnya rider, kemudian di assist pakai sepeda yang lebih powerful dan ringan di gearbox.
     
    andytio likes this.
  16. Ardi

    Ardi Well-Known Member

    9 out 10 it is the rider. Period.

    Hanya karena saya copot oleh yang pakai sepeda 100 juta, lalu saya beranggapan itu karena sepedanya lebih mahal? Sama sekali tidak. His engine is better than me.

    Hanya karena saya menang dari orang yang pakai sepeda 100 juta, lalu saya beranggapan you cannot buy speed? Yes, you can buy speed. But, i win today because my engine is better than him.

    Light bikes, aero wheels, almost no rolling resistance, electronic groupset, skinsuit, aero tt equipment sangat benar sekali akan menambah kecepatan. Tapi menurut saya itu hanya 1 out 10.

    How the body feel today, how hard your training, siapa punya kaki yang fresh hari itu, your mental strength, willpower itulah variabel terbesar yang menentukan kecepatan pembalap. Its 9 out 10

    Getting dropped? Swallow your pride, and train harder.
     
    sguna, hardi and darmamade like this.
  17. Erwinsyah Kosumo

    Erwinsyah Kosumo Active Member

    Wah thread yang bagus banget om @mt.

    Pengalaman saya dari awal bersepeda, setidaknya sudah tiga kali ganti sepeda. Dari yang mengunakan sepeda berat 13 kg, 9 kg dan 8 kg. Dari sepeda Roadbike Urata, Giant TCR 1 dan akhirnya dapat sepeda Argon 18 Krypton Carbon serta ganti Wheelset yg lebih baik.

    Saya sepakat dengan istilah "You can buy Speed" atau "You must buy for Speed". Walaupun semuanya masih bisa dibilang "depend on". Dari ketiga sepeda tersebut memberikan sensasi sepeda yang sangat berbeda. Yang pasti speed bertambah dunk kalo gak buat apa upgrade sepeda??? Walaupun sebagian orang meng"upgrade" sepedanya lebih arah "gaya2an" agar terlihat lebih keren, tapi "whatever lah" kita juga gak bisa ikut campur urusan mereka untuk membeli sepeda mahal tapi hampir kurang sekali untuk upgrade "dengkul" nya sendiri.

    Saya punya teman pembalap MTB dan Roadbike. Untuk MTB dia sering menjuarai turnamen-turnamen lokal. Sedangkan untuk roadbike hampir gak pernah bisa juara. Saya melihat harga sepeda MTB dengan harga sepeda Roadbike berbeda kelas banget. Hahahaha yang pasti sepeda MTB nya harganya muahall, sedangkan Roadbike cuman pake Alu biasa. Kemampuan bersepeda MTB dan Roadbike sudah sangat mumpuni karena sudah puluhan tahun latihan sepeda. Tapi yah itu "equipment" juga menentukan siapa pemenangnya selain faktor "dengkul" yang lebih mendominasi.

    Kesimpulannya dari saya sih, boleh saja upgrade sepeda yang harganya mahal asal disesuaikan dengan kebutuhan dan "tebalnya" dompet Anda masing-masing. Kalo gak ada uang, yah jangan dipaksa, bisa brabe rumah tangga nanti. Jangan sampai istri lebih cemburu sama Sepeda dari pada selingkuhan. Hahahaha.... Dan yang terpenting Gowes itu baik untuk kesehatan walaupun kadang kurang baik buat kantong. Ingat!!! KESEHATAN lebih mahal daripada harga sebuah SEPEDA termahal sekalipun.

    Have Fun....
     
    densoed, darmamade and andytio like this.
  18. Ary

    Ary The Locomotive

    Nimbrung ah ... mumpung habis coba sepeda ...

    Saya pencoba sepeda Giant. Pertama waktu belajar nge-road, pakai Giant TCR almunium, groupset tiagra, ws fulcrum 7 ... lalu setelah mulai enak nge-road, ganti Giant TCR Advanced (karbon), groupset 105, ws fulcrum 3 ... wow, terasa sekali bedanya ... apalagi begitu ganti ban conti gp4000s ... sangat signifikan perubahannya

    Nah sekarang setelah serius nge-road,
    kemarin lomba JIExpo pakai Giant TCR Advanced itu, groupset tetap 105, wheelset pinjam fulcrum zero, ban tetap ... ternyata performa baik ... bisa breakaway dan maintain speed sampai akhir
    kemudian akhir bulan februari kemarin ikut kriterium propinsi jateng di velodrome, diminta teman yang punya toko Giant pakai Giant Propel 2014, groupset Sram RED, wheelset Zipp 404, ban tubular Michelin ... bisa breakaway juga

    Kok tidak terlalu terasa signifikan bedanya perubahan Giant TCR Advanced ke Giant Propel ya dibandingkan perubahan dari Giant TCR alloy ke Giant TCR advanced? Apakah karena memang sudah sejenis kelasnya (sama-sama karbon) atau karena powernya sudah terbentuk?

    Ini yang membuat saya menyimpulkan :
    1. Kalau ingin ada peningkatan signifikan, yang paling utama latihan dan peningkatan kualitas fisik rider ... tapi kalau memang butuh peningkatan segera, perubahan kualitas sepeda dan wheelset sangat membantu
    2. Kalau ridernya sudah "jadi", maka naik sepeda apapun yang tidak terlalu beda kelas, tetap bisa menghasilkan power output yang sama baiknya ... (ini untuk menjawab mitos, katanya frame tertentu gak enak untuk tanjakan, frame tertentu gak enak untuk sprint ... tapi rider TdF, ganti-ganti frame kalau pindah tim, tetap aja bagus mainnya)
     
    john, Dedy Indradi, sguna and 9 others like this.
  19. mox BANGERS

    mox BANGERS Active Member

    sorry gak bisa komen, punya roadbike cuma 1 aja, blm pernah upgrade dan sekarang masih serius untuk upgrade engine aja, krn BB saya 105kg yg rasanya lebih baik menurunkan BB daripd upgrade part :p
     
    ajib, DedeSulaeman01, densoed and 2 others like this.
  20. wsaputra

    wsaputra Well-Known Member

    Hehe.. setuju, saya selalu bilang ke temen saya yang sepedanya upgrade terus (MTB) dan selalu masalahin brand, tp mo nanjak mo turun tetap di belakang sepeda Taiwan almu saya.. well bercandaan aja, setuju dengan yg Om bilang, toh duit mereka, kalo memang hobinya punya sepeda bagus, ya sama aja kaya koleksi perangko toh. Kadang di grup kalo ada yg beli part baru, terus post gambarnya.. pertanyaan saya (kalo lg iseng).. jadi nambah berapa kenceng? kalo parts sudah lebih enteng, lebih advanced tapi average pace sama ajah.. ya namanya u r getting slow as a rider.. :p


    Duhhh. racun karbon :sob:
     
    darmamade likes this.

Share This Page