1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Index Thread Budgeting Beli Sepeda Balap

Discussion in 'Road, Time Trial, dan Cyclocross' started by mt, Aug 30, 2012.

  1. Ernestkus

    Ernestkus Well-Known Member

    Sebenarnya ada 1 hal yg dilupakan sih kalo debat rim vs disc brake

    Your rim is a disposable item if you use rim brake. Setelah beberapa lama, brake track nya bakal habis, dan rim HARUS diganti
    Kalo rim alloy, perhatikan di brake track biasanya ada lubang kecil yang masuk kedalam. Itu adalah indikator, kalo lubangnya uda ga kliatan, berarti uda mesti ganti rim

    Ganti rim = bongkar ws = rakit ulang
    Kalo emang ws rakitan, ga susah, tinggal cari parts, kalo ws pabrikan, blom tentu masi ada rimnya dijual :oops:

    Selain itu, lebih aman buat rim dan ban dalam kalo ngerem di turunan yang curam. Kalo rim brake direm, rimnya akan panas, kalo kepanasan bisa bikin ban dalam meletus ato brake track rim carbon melepuh.

    Disc brake juga bisa overheat sih, tapi biasanya tinggal berhenti sebentar biar adem, trus bisa lanjut lagi

    Masalah lebih pakem yg mana, mungkin ada perbedaan, tapi menurut saya ga terlalu besar. Lagian jarang ada yg ngukur kemampuan ngerem, yg ada ngukur top/avg speed kan ;)
     
    lawyerone likes this.
  2. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Hahaha mantap ya om

    Saya sebenernya pernah kepikiran soal si rim brake makan rim, tapi setelah saya pikir sejenak, kalo sampe rim brake surfacenya habis juga butuh waktu lama, dan kemungkinan besar juga di hub, spoke dll sudah mulai bermasalah juga. Tapi ini memang good point sih, salah satu keuntungan disc ada disini, rimnya juga cenderung lebih cakep ya all black :D


    Soal stopping power setuju banget. Kalo caliper dan pad nya bagus saya rasa bedanya ga terlalu jauh. Karena terlalu kuat dan terlalu dipaksakan untuk ngerem juga ga baik :")

    Tapi memang ya, harga disc brake agak tinggi, suka ga masuk budget dan bikin banyaj pertimbangan, apakah worth nambah budget dan nambah berat demi modulation dari disc brake hahahha
     
  3. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

    Kok seperti kata2 orang yang baru beli GS disc brake. Hmmmm.
     
  4. Ernestkus

    Ernestkus Well-Known Member

    Screen Shot 2018-09-19 at 08.50.33.png
     
  5. Ahmad Rizqi

    Ahmad Rizqi New Member

    Boleh bisikin pak, brakepad oem yg dipake lebih bagus dari shimano mau ganti pad juga nih saya sepertinya.

    Sent from my MI 4LTE using Tapatalk
     
  6. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Wah ga inget mereknya. Beli di toko sepeda di roxy. Harganya lebih murah dari Swissstop. Katanya sih wet brakingnya lebih baik dari 105 5800. Buat saya tapi bedanya minim, ga separah sama standar bawaan sepeda. Tapi yah saya juga jarang bawa ketika keadaan jalan basah sih.

    Kalo mau yang pasti bagus ya paking Koolstop dan Swisstop ya. Tapi harganya juga kadang agak bikin mikir. Di bukalapak banyak. Tapi kayaknya bedanya juga ga jauh ya. Agak sayang sih kalo beli ini... apalagi mengingat tiap tahun mesti ganti.

    Btw om @dasarbule juga dulu ada jual brakepad, dulu pernah pake buat WS rakitan beliau. Saya rasa juga sangat baik :D

    So far belom pernah stick di 1 brand untuk brakepad, dan jumlah yang dicoba juga belom banyak. Tapi kalo saya merasa perbedaan terjauh adalah ketika ganti brakepad dari standar bawaan pabrik ke brakepad lain.

    Dulu ganti dari standar ke merek sesuatu (beli di roxy sinar bangka juga), bedanya sangat jauh.

    Kemudian ketika pindah ke 105 5800 (full brakeset), terasa berbeda terutama dari modulasi brakesetnya. Lebih ringan, lebih linear, dan feel gigitnya lebih dapet (ganti dari caliper tektro yang entah tipe apa, tapi sepertinya belom dual pivot).

    Dari pad bawaan 105 5800 (yang katanya sama dengan Dura Ace) ud ganti brakepad 2 kali, bedanya minim ya di jalan kering, ga terasa berbeda. Untuk jalan basah at least bisa stop ga licin menggelincir seperti brakepad bawaan, tapi belom pernah bandingin secara langsung juga, secara kalo cuma nebak2 pasti subjektif wakakkakak.
     
  7. Ahmad Rizqi

    Ahmad Rizqi New Member

    Oh seperti itu ya pak, iya punya saya masih tektro keras banget kalo buat ngerem, ngabisin brake line di rims pula, mau ganti ini ke yg lebih empuk. Mau ganti ke u brake 105 tapi reach nya gak nyampe alhasil yasudah lah bertahan di tektro aja ubrake nya trua brake padnya mau saya ganti yg bagusan lagi nyari nyari yg gak begitu mahal juga sih

    Sent from my MI 4LTE using Tapatalk
     
  8. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Ohhh pake Polygon Stratos ya?

    Hmmm... kalo gitu harus ganti brakeshoe satu set ya sama holdernya, gabisa ganti pad nya aja.

    Coba cari toko sepeda terdekat om, biasa mereka punya saran2 apa aja solusi terbaiknya. Biasanya sih mereka akan saranin ganti sama brakeshoe yang sama rumahnya, biar kelak bisa ganti brakepad aja.

    Saya dulu juga sempet mikir, kalo long arm gitu alternatifnya apa secara Shimano brakesetnya ukurannya ga ada yang panjang (setau saya). Dan gatau harganya berapa juga. Agak sulit sepertinya carinya.


    ANW: maaf OOT dari topik budget.
     
  9. Ghenta

    Ghenta Member

    lagi liat2 bl ketemu look 765 size m kyknya cocok di tinggi saya 175 mnurut agan2 frame look 765 ini gmna ya ?
     

Share This Page