1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Index Thread Budgeting Beli Sepeda Balap

Discussion in 'Road, Time Trial, dan Cyclocross' started by mt, Aug 30, 2012.

  1. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Mana lebih worth

    Frameset Polygon Helios LT (sekutar 15mio)

    atau

    Frameset Emonda ALR Terbaru (sekitar 13mio mungkin ya, belum masuk di Indonesia)

    Saya rasa ini akan jadi pilihan yang cukup sulit. Full carbon merek Indonesia atau alloy merek luar yang akan banyak direview orang.
     
  2. a.darmawan

    a.darmawan New Member

    Permisi oom, newbie numpang tanya.

    Kebetulan sy lagi cari fulbike, setelah reseach2, pilihan mengerucut ke giant tcr adv 3 2018, ama helios a7 2015, sama2 seken, sama2 mint condition dengan harga yang ga beda jauh (lebih mahal si heli).

    Kira2 lebih worthed mana ?

    terus, untuk suhu2 yg udh pernah pake frame helios A, bisa dipasang ban paling lebar brp ya?

    Tks sebelumnya.
     
  3. niclo32

    niclo32 Member

    mana yg menurutnya cakep, itu yg diambil,,
    kalo saya,, saya akan ambil helios a7,,
     
  4. fadil

    fadil New Member

    halo semua SAYA nubie goweser dgn eksisting roadbike stratos s4 so far uda jalan 380km dan so far so good.. selain daripada nabsu pribadi pingin punya frame karbon tapi belum siap dana buat belanja sepeda 15jt ke atas..
    tapi ya seperti masalah goweser pada umum nya penting adalah menahan diri terhadap racun yg bertebaran..
    dan jujur saya skarang tergoda sama sepeda balap merk pasific seri terbaru, yaitu primum. cukup di seri 3 nya saja ( entry level ) frame carbon di harga yg luar biasa menggoda utk ukuran kantong saya ( dibawah 10jt )
    saya mohon masukan dari goweser ccid semua dengan catatan dari saya:
    - frame upgrade dari aloy ke carbon
    - grupset turun 1 tingkat dari tiagra ke sora
    - pasifik tidak punya showroom sendiri di jakarta terdekat di jkt adanya di palembang ( aneh menurut saya ) beli nya harus distirbutor yg salah satunya adalah toko sepeda tersohor majuroyal halo juragann...
    - taruh kata s4 SAYA bisa laku 5jt lah. artinya SAYA harus rogoh kocek kurleb 5jt lagi untuk ganti sepeda yg saya sendiri ga yakin ini bisa dibilang upgrade atau tidak
    - kalo ditanya tujuan yg ingin dicapai. ya normatif aja SAYA jawabnya. utk pengalaman bersepeda balap yg lebih baik..

    terima kasih sebelumnya rekan2 goweser ccid
     
  5. alexcius

    alexcius New Member

    Halo oms saya newbie juga, kalo memposisikan pada posisi oms dan baca2 di cid, lebih prefer high quality alu dari pada low quality carbon,
    Keinginan utk upgrade ke carbon bisa dimengerti sih apalagi utk harga yang terjangkau meski sedikit memaksakan..

    Belum banyak juga review primum 3 jadi kalo saran saya sih hold dulu oms, misal dipatok sampai km berapa gitu atau beberapa bulan sambil ditimbang dan tunggu review nya kalo memang masih ngebet ya diambil

    But kalo dari pendapat oms udah cukup puas dengan performa s4 nya jadi lebih baik hold
     
  6. Danny64X2.ID

    Danny64X2.ID Member

    Saran saya juga sama, Oom...
    Tahan dulu aja...teman saya punya Primum 3 dan Primum 5, satu komunitas...tapi baru bisa nyobain akhir bulan Agustus...

    Baca2 dulu review aja, Oom...

    Saya juga sebelum beli LT8 ya banyak2in baca review...

    Sent from my SM-N935F using Tapatalk
     
  7. fadil

    fadil New Member

    siap om alex. SAYA sadar sekali bahwa keputusan utk ganti sepeda di km belum sampe 1000 itu agak tergesa2.. cuman ya gitu deh lapar mata susah ngomong..
    btw kalo ada dapat review primum, tlg info ke SAYA ya om.. kita penasaran juga nih soalnya low kualiti karbon ini kaya apa kesan2 nya setelah dikayuh.. makasih om..

    siap bang dani. kalo kawan sampeyan uda hands on tlg diupdate ya ke saya kesan kesan nya gimana pake karbon ekonomis nya.. ni sepeda di jakarta under ground banget pergerakan nya.. makasih bang
     
  8. Candra Lisnawan

    Candra Lisnawan New Member

    ijin masukannya master2, saya newbi lagi mau cari sepeda roadbike dengan budget 15jt kira2 apa ya?? saya sih sudah liat2 dan lumayan tertarik dengan trek domane alr 3..
    kira2 gimana ya master??
     
  9. myopavp

    myopavp New Member

    Coba pacific primum 5 sudah karbon
     
  10. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

    Trek Alloy> Pacific Carbon
     
  11. Candra Lisnawan

    Candra Lisnawan New Member

    saya sudah nyari2 info pacific juga dan kurang begitu tertarik sih suhu walaupun itu udah carbon.
     
  12. jalupanjongko

    jalupanjongko Active Member

    fullbike ato frameset?
     
  13. mas dhika

    mas dhika Member

    Kemarin ada yang hbs beli primum carbon 3.0, sblumnya pakai mosso 730 tca, dari segi bobot dan feel riding masih enakan mosso katanya

    Sent from my Redmi Note 5 using Tapatalk
     
  14. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Di 18 juta ada Cannondale Caad12 Tiagra (kalo menurut BL). Kalo mau bekas, yg 105 size 50 ad yg lepas 16.5

    Untuk cannondale yang budget masuk saya rasa Cannondale Caad Optimo ya. Geometeri sama persis dengan Caad 12, tapi campuran alloy dan molding technique berbeda, hasilnya berat yang berbeda. Kurang paham soal stiffness dan compliance, tapi untuk handling saya rasa hampir identical mengingat geometri yang identik.

    15 juta agak nanggung ya, dapetnya rata2 alloy yang bukan top end model. Saya rasa Domane ALR lumayan sih. Cukup pas sebetulnya.

    Boleh juga lirik Specialized Allez dan Merida Scultura (alloy). Saya rasa masih masuk budget.

    Bianchi yang alloy juga sepertinya ada yang masuk, tapi gatau deh Bike Colony ad masukin stok ga, ud lama ga kesana dan dulu stok roadbike terutama yang low end suka terbatas banget.

    Giant Defy untuk tipe2 tertentu juga saya lihat masih masuk budget. Giant Defy 2016 masih ada yang alloy, sedangkan untuk yang carbon saya lihat agak sedikit lebih mahal di angka 16 keatas. Mungkin dengan kesabaran bisa nemu.

    Baru kepikiran segitu. Happy hunting!
     
  15. Candra Lisnawan

    Candra Lisnawan New Member

    fullbike suhu, biar bisa gowes dulu masalah upgrade belakangan..
    nyari yang size 52-54 suhu soalnya tinggi badan saya 175.. sebenernya gak harus 15 sih, lebih dikit gpp..
    kl domane alr3 bisa buat upgrade GS nantinya, rencananya sih begitu tapi tertarik juga emonda alr4..
    masih maju mundur terus ini suhu :(
     
  16. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Caad12 itu geometrinya cukup tradisional loh (ga kecil). Saya tinggi 175 coba cannondale size 52 aja kegedean. Harus coba langsung kalo gitu, disesuaikan.

    Emonda ALR4 udah keluar updatenya. Agak nanggung sih menurut saya kalo ambil sekarang. Tahun depan mungkin ALR4 udah masuk versi MY 2019 nya yang persis seperti Emonda carbon. Tapi dari segi frame memang ALR Emonda pasti lebih baik dibanding Domane.

    PS: kalo ga salah, ALR5 baru yang rim 22, yang disc 25. Belum ad yang ALR4 baru untuk new emonda alr.
     
  17. Candra Lisnawan

    Candra Lisnawan New Member

    Terimakasih suhu masukannya.. :)
     
  18. Candra Lisnawan

    Candra Lisnawan New Member

    oiya om, beda rim sama disc gimana ya? dari segi kenyamanan dll?
     
  19. alexcius

    alexcius New Member

    Ikut berbagi dikit, antara rim sama disc, performance disc lebih ok saat hujan

    But karena saya sepedaannya kebanyakan pas cuaca cerah saya pilih rim lagian lebih murah juga, selisihnya buat beli aksesoris lain
     
  20. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Sebelumnya, maaf kalo OOT dari thread.

    Jujur di roadbike saya pakai rim brake, caliper 105 5800 dengan brakepad oem yang supposedly lebih pakem dari Shimano. Saya juga belom pernah rasain disc di road, tapi berhubung saya lihat teknologi yang dipake itu sama seperti Shimano Hydraulic Disc yang saya rasa mirip dengan Deore di MTB, ini ada beberapa insight saya:

    1. Disc Brake Hydraulic itu modulation lebih baik. Lebih linear, dan lebih ringan. Pengeremannya ga berat, dan saya rasa yang pernah coba disc brake tau maksudnya (ada motor2 yang remnya enak kan? Nah gitu. Tetep beda sih, di sepeda lebih ringan lagi, tapi saya rasa itu lebih ke arah setelan mekanik ya) Beda sama Rim Brake yang bergantung sama kabel. Kabel pasti modulasi kalah, lebih keras, dan tekanannya yah ga gitu pas. Jadi poin 1 lebih ke arah feel.

    2. Stopping Power: banyak yang bilang disc lebih pakem. Well, saya ga pernah nyobain disc di road, tapi saya memang pernah gabisa stop dikondisi roda saya habis libas pothole penuh air. Jadi licin dan rem saya ga pakem. Alhasil? Crash. Dropout patah. Sejak saat itu saya ganti caliper dan brakepad, semuanya. Contoh brakepad yg bagus untuk wet stopping: Koolstop, Swisstop, dll.

    Yah skrg sih untungnya ud ga pernah ya kejadian kayak gitu.

    Saya yakin kalo dulu saya pakai disc brake remnya pasti gigit. Tapi dengan caliper yang bagus dan brakepad yang bagus, remnya juga gigit.

    Di gcn ada perbandingan soal rim dan disc di segi stopping distance. Hasilnya untuk dry condition sama aja, dan perbedaan ada ketika basah. Tapi saya rasa yah ga sesimple itu, ada faktor lain yang menentukan, misalnya ketika ngerem nekennya sekenceng apa, dll. Karena kalau lagi kenceng lalu mendadak rem sampe habis pasti akan skidding, dan saya rasa itu cukup bahaya kalau kita gabisa kontrol traksi kita dengan baik. Here, saya rasa hydraulic disc bisa bantu kita untuk apply the correct pressure.

    3. Comfort? Kalo maksud comfortnya soal ngerem, jelas disc modulasi lebih bagus, feel lebih terasa. Tapi kalo soal riding comfort? Hmmm... sulit.

    Katanya nih, frameset disc itu lebih stiff. 8%. 10%. Tapi saya yakin rasanya ga akan terasa banget. So soal comfort saya rasa cukup tricky untuk di bahas. Apalagi saya ga pernah cobain frame disc di road, apalagi frame yang sama dalam varian yang berbeda.


    Konklusinya: penting kah disc brake?

    Well... disc brake lebih berat. Lebih mahal. Stopping power mungkin lebih baik di keadaan tertentu, tapi rim brake dengan caliper dan brakepad yang bagus juga sangat pakem kok.

    Kalo suka sama feel hydraulic disc, hajar!

    Kalo cuma cari braking powernya, saya rasa ada alternatif yang lebih murah dan lebih ringan:
    Ganti brake caliper dan brakepadnya.

    Tapi kalo beli pertama kali, dan ga peduli sama berat sepeda, saya rasa ga ada salahnya cash in 3 mio. more untuk rasain disc brake di road. Karena saya percaya kalo thats the future of road bike.

    Now, im stuck with rim brake and im fairly happy :p
     
    kw2 and andytio like this.

Share This Page