1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Brake dan Problemnya

Discussion in 'MTB, Down Hill, Dirt Jump, dan BMX' started by haris_greenplateau, Nov 6, 2013.

  1. haris_greenplateau

    haris_greenplateau Active Member

    beberapa waktu lalu, saat melewati turunan panjang dan curam, rem bunyi nyaring banget.
    udah gitu rotornya jadi panas. saya pikir kampasnya habis. tapi saya ingat-ingat lagi, waktu sepedanya masih baru remnya juga pernah bunyi. meskipun jarang terjadi.
    sempat mikir buat up grade rotor yang lebih gede, biar penyakitnya ilang. tapi setelah dipikir-pikir lagi, nanya sama om-om dulu saja biar dapat pentjerahan...:oops:

    (rem masih bawaan pabrik: Shimano Deore M596 Hydr. Disc Brake, rotor 160mm)
     
  2. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    kemungkinan besar karena dipake untuk turunan panjang & curam, beberapa alasan disc brake berisik ada di sini

    source: http://enduromag.com.au/site/enduro-workshop/enduro-workshop-fixing-noisy-disc-brakes/
    ada lagi dari sini

    http://www.mbaction.com/Main/News/Mountain-Bike-Action-How-to-Stop-Brake-Squeal-4645.aspx (yang ini ada gambarnya, jadi saya kasih link aja ya)
     
    Last edited: Nov 6, 2013
    Indra PT likes this.
  3. haris_greenplateau

    haris_greenplateau Active Member

    makasi banyak om.
    jadi agak lega, ternyata kejadian macam itu banyak terjadi. yang penting bisa meraba sumber penyakit. yaitu brake-in periodik. saya suka nahan rem depan sambil 'mengocok' rem belakang. makanya beban rem depan jadi berat selama melewati turunan. slama ini pemakaian juga ga extrim, kemungkinan rotor bengkok ga ada. kontaminasi oli juga ga ada. paling debu yng nempel waktu nanjak karena melewati jalur penambang pasir
     
  4. surfnux

    surfnux Active Member

    wah kalau pad aja contaminated gak bengkak gantinya. Rotor gmana ya tuh? Belum pernah tukar rotor. Belakangan brake saya da cuci gimana pun, pakai 1-2x, mulai bunyi lagi walaupun gak penurunan. Bunyi pas mulai melambat saja. Kalau lagi kencang tekan rem gak bunyi.

    Waktu cuci pernah buka pad nya di cuci dan di ratakan lagi dengan gesek2 di lantai semen kasar. trus di cuci pakai sabun krim. Sempat gak bunyi dan makan lagi remnya.

    Apa pad 1 tahun sekali kira2 sudah gak bagus? Khususnya kalau sering main lumpur
     
  5. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    hmm kayaknya di link yang dari mtbaction.com itu dikasih tau kira2 seberapa tipis minimum brake padnya. tapi emang main lumpur bisa jadi bikin pad cepet abis. kan kalo ada pasir sama tanah nyempil di antara rotor sama pad bikin lebih cepet abis padnya. saya sih sengaja ganti pake brake pad dari jagwire yang buat wet condition hahaha

    kalau rotor sih banyak yang nyaranin dibersihin pake alkohol om biar kalo ada minyak ilang (kayak chain lube yang semprotnya nyasar gitu). saya baca di pinkbike.com malah usernya beberapa ada yang gila, buat ngilangin sisa2 minyak di rotor disembur api pake blow torch :confused:
     
  6. haris_greenplateau

    haris_greenplateau Active Member

    padnya udah diambil, ternyata inti masalahnya poor bad-in pada rem depan. sudah di kikir sampai rata, nanti mau dipasang lagi. minta doanya biar ga bunyi lagi....:sorry:


    Om Fun.... sisa 3 mm mesti ganti ya?
     
  7. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    kalo menurut artikel itu sih iya, sisa kurang dari 3mm itu diganti, tapi kalo ga diukur mungkin kira2 sampai bagian padsnya tipis kayak begini
    [​IMG]
    saya sih terakhir ganti brake pads bukan diukur, tapi braking powernya udah hampir ga ada. ternyata begitu dicek udah tipis banget :oops:
     
  8. haris_greenplateau

    haris_greenplateau Active Member

    3mm buat atlet kale ya om. kalo xc leisure cari ekonomisnya ajah, tunggu sampai 1mm hehe..
     
  9. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    ya pokoknya jangan sampe habis aja padnya, ntar kalo sisanya tinggal plat belakangnya malah direm ngga berenti2 hehehe...
     
  10. surfnux

    surfnux Active Member

    kalau pas di buka, padnya gak rata salah di mana ya? di bagian atas lebih tebal dari bawahnya. Trus diratain lagi pakai kertas pasir, dan bunyi pun ilang lagi. rotor gak pernah bersihin pakai alkohol, hanya pakai sabun pas cuci sepeda aja. tapi kyknya boleh di coba rajin2 di lap rotornya setelah gowes biar kinclong dan bersih terus. Jadi gak makan pad nya.
     
  11. haris_greenplateau

    haris_greenplateau Active Member

    selama ini saya juga ga pernah bersihin rotor Om. cuma remnya jarang bunyi, kecuali kalo melewati turunan tajam aja. Remnya seperti sedang bekerja keras.
     
  12. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    hahaha, saya kadang2 aja bersihin rotor pake alcoholnya, sisanya mah pas cuci sepeda biasa aja.
    om surfnux, itu beda tebal tipisnya miring atau kayak ada stepnya gitu ya?
     
  13. surfnux

    surfnux Active Member

    Miring dia om. Apa rotornya yah? Kadang lihat sekilas rotor seperti cembung bentuknya. trus kalau di lihat lihat lebih teliti lagi, lurus sih. So far dari pertama beli 2nd dari teman, masalah rem gak pernah lepas. Awal memang blong, di rebleed dan ganti pad sudah oke. Terakhir kali pas main lumpur di mana sepedanya sudah gak bisa di dayung lagi dan harus di angkat kurang lebih 200 meter untuk ke pinggir jalan, setelah itu mulai kena lagi. Rebleed, sempat sangka masuk angin, so ganti kabel full set ke jagwire. Yang sering masalah rem depan, tapi kalau rem emergency, sepedanya keangkat juga tuh. Heran juga.
     
  14. haris_greenplateau

    haris_greenplateau Active Member

    ciri rotor bengkok, udah di jelasin di artikelnya Om FunRunner. rem akan bunyi di titik tertentu.
    BEND IN THE ROTOR

    Bent rotors are the cause of most of the pinging noises you hear when the wheel reaches a certain point in its rotation.

    tapi saya juga cuma bisa mengira saja ya Om. saya belum banyak menangani masalah.
     
  15. Indra PT

    Indra PT Active Member

    Mau ikutan nimbrung nih. Kalau masalah bunyi, apa benar ya Avid lebih berisik dr Shimano? Soalnya kok waktu saya bandingin kayanya sama aja berisiknya
     
    haris_greenplateau likes this.
  16. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    Tergantung brakepadnya juga om. Kalo Avid kan punya 2 jenis brake pads, organic sama sintered. Katanya sih yang berisik yang sintered, soalnya brake padnya punya campuran metal.
     
    Indra PT and haris_greenplateau like this.
  17. Indra PT

    Indra PT Active Member


    Tau kelebihan kekurangan masing-masing tipe pad ndak ya Om?:oops:
     
  18. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    Seinget saya sih gini:
    Organic/Resin:
    + break in periodnya sebentar
    + initial power pengereman lebih besar
    + ngga berisik
    + panas dari pengereman ngga masuk ke sistem, tapi ditahan di rotor
    - kurang bagus pas basah/berlumpur
    - cepet habis

    Sintered/Metallic:
    + performa bagus di kondisi basah/berlumpur
    + awet
    + brake fade di temperatur lebih tinggi
    - power awal pengereman kurang
    - berisik
    - panas dari pengereman merembet ke caliper

    Sintered/Metallic brake pads juga ngga bisa dipakai sembarangan. Ada rotor yang cuma boleh dipasangin organic/resin brake pads, kayak shimano misalnya
    Norco-Sight-231-710x473.jpg
     
    Indra PT, red_cyclist and yogadizz like this.
  19. Indra PT

    Indra PT Active Member

    Info Bagus banget, terima kasih Om
    :D
     
  20. haris_greenplateau

    haris_greenplateau Active Member

    Sebelumnya saya sampaikan terima kasih buat Om Mod yang sudah berkenan ganti judul thread diatas.
    selanjutnya saya punya problem yaitu:
    karena sudah sangat tipis, brake pad rem belakang saya ganti. Namun ada sedikit masalah yaitu brake pad yang baru tidak bisa di sisipkan karena terganjal piston yang sudah menyembul keluar. Saya coba untuk menekan piston sebelah kanan dan kiri pakai obeng minus, caranya saya masukkan ujungnya lalu diputar untuk menekan kedua piston. Problem solved, pistonnya bisa masuk kembali hingga rata dengan dinding kaliper di sekitarnya dan brake padnya pun bisa masuk meskipun sangat sempit.
    Masalah kedua yang belum teratasi yaitu: Pad sebelah kanan masih memiliki rongga, namun pad sebelah kiri nempel terus ke Rotor adakah Om-om yang pernah mengalami hal serupa dan cara mengatasinya?
    :sorry:
     

Share This Page