1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Index Thread Beginner Tips: Road Bike Fitting

Discussion in 'Road, Time Trial, dan Cyclocross' started by mt, Jul 25, 2012.

  1. tato

    tato Well-Known Member

    Sekedar tips dari pengalaman pribadi saya, ukur fitting yang sudah pas pakai meteran lalu catat di suatu tempat. Jadi kalau ganti atau pinjam sepeda, fittingnya bisa langsung diaplikasikan sebelum diatur sedikit lagi seperlunya.

    - Ujung meteran dikaitkan di tengah lubang baut crank (tengah2 bottom bracket), tarik sejajar seat post ke permukaan atas sadel. Ini tinggi sadel.
    - Ujung meteran dikaitkan di jepitan stem dengan handlebar (tengah2 handlebar), tarik ke ujung sadel bagian depan. Ini maju mundurnya sadel.
     
    piak, bleui and dasarbule like this.
  2. padma

    padma Member

    Terima kasih untuk tipsnya. Akan saya aplikasi kan.
     
  3. ujeans

    ujeans New Member

    om om sekalian

    mau nanya nih solusi buat pegal dan nyeri di bagian neck hingga shoulder (otot Trapesium), setelah ganti frame baru sepedaan udah gak bisa jauh lagi mentok di 60 km itu sudah nyeri banget bagian lehernya, sekarang udah coba pakai stem 60mm, sengaja di pendekin biar badan gak begitu stretch ke depan namun masalah belum juga hilang. apakah ada solusi nya??
     
  4. Ernestkus

    Ernestkus Well-Known Member

    Selain stem pendek, ada kemungkinan juga stemnya kurang tinggi. Mungkin juga helmnya terlalu berat atau postur badan waktu gowes bahunya terlalu ngangkat. Kalo boleh tau dulu sama sekarang pake frame apa dan size berapa?
     
  5. ujeans

    ujeans New Member

    dulu pakai specialized sirrus size M sekarang pakai hongfu FM 079 size 48, frame jadi lebih kecil sih cuman jadi lebih pegel malahan. iyah sih sepertinya karena bahu terlalu ngangkat, kadang juga sering rasa sih kalau ngeliat jalanan tambah pegel om, dibarengin sama agak nunduk gitu agak hilang rasa pegel nya.
     
  6. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

    Handlebar trllu rendah. Sirrus M ke Hongfu 48 beda sekali headtubenya. Om tinggi berapa?
     
  7. Ernestkus

    Ernestkus Well-Known Member

    Waduh, dari sirrus M ke fm079 size 47, frame stacknya beda 9cm, om. Kayaknya spacer 4cm dibawah stem trus pake stem +17drajat juga blom bisa sama kayaknya
     
  8. ujeans

    ujeans New Member

    untuk tinggi 170 cm om, soalnya kerasa di Sirrus kegedean gitu frame nya, karena dr flat bar ke dropbar jadi makin jauh reach nya. buat yang Hong fu ini emang cari yang kecil sih tapi main di seat tube tapi itu dia masih tetep pegel. spacer udah pakai sampai atas sih om. hampir sejajar saddle dengan ujung atas stem, ini barusan aja naikin shifter sampai agak "nanduk" cuman pegel menjalar ke bagian tangan sampai siku, tapi waktu turunan dan jarak dekat saja. yang mau disembuhin otot leher ke punggung dulu itu saja sih, dari awal ganti dropbar emang masalah utama nya ini om ( sekitar 30km udah mulai kerasa banget pegel nya). besok kalau bisa saya share foto disini biar lebih jelasnya.
     
  9. ujeans

    ujeans New Member

    [​IMG]
     
  10. mardeinse

    mardeinse Penggemar Jeruk Nipis

    pakai dropbar lebar berapa om? kalo dari flatbar ke dropbar pasti pegangan telapak jadi menyempit. Bisa jadi belum terbiasa, bisa jadi ukuran dropbarnya, bisa jadi kurang variasi posisi pegang handlebar (sesekali pindah diposisi top, sesekali didrop, sesekali dihood). Semoga bisa menyelesaikan problemnya om. #opinipemula
     
  11. ujeans

    ujeans New Member

    lebar 40 mm om, dulu pakai 44mm pegel banget akhrinya dikurangin, sering pegang di hood nya sih, soalnya jalanan macet dan berlubang makanya siap siaga disana. kadang bingung sama yang "slam" handlebarnya, dia posisi gitu aja gak pegel tapi saya yang posisi endurance bisa pegel banget :DD,
     
  12. tato

    tato Well-Known Member

    Sebaiknya foto sambil dinaiki, bukan hanya sepedanya saja...
     
  13. yopydetroit

    yopydetroit New Member

    Om para suhu mau tanya untuk mosso 720tca dia itung framesizenya c-t atau c-c y? Saya ukur panjang c-t 51 tapi saya hitung toptube sama heattubenya malah dapat untuk size c-t 48.
     

    Attached Files:

  14. Darkbeat

    Darkbeat New Member

    Om mau nanya dong kebetulan mau ngambil strattos s2 (budgetnya mentok disitu) nah udah nanya2 ke rodalink di kota saya untuk size 56 katanya pada kosong + gak bisa mastiin kapan restock nya. Tinggi saya 180 inseam 82 berat badan kurleb 105kg. Nah di rodalink yg ready paling gede size 53. Kira2 masih bisa kah ? Soalnya baca2 kalo pake sepeda down size kasarnya tinggal tinggiin sadle sama panjangin stem. Nah sebelumnya saya belum pernah naik sepeda ditambah perut buncit, kalo misalnya saya paksa beli itu size 53 kira masalah apa yg bakalan saya temuin ?
     
  15. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Pertama kali pake roadbike ya om? Hmmm, agak bingung jawabnya. Karena kalau pertama kali pakai roadbike biasa badan masih perlu penyesuaian. Kalau downsize takutnya di depan terlalu rendah, punggungnya sakit-sakit.

    Sebetulnya sih bisa-bisa saja downsize. Saya juga pakai sepeda downsize kok, dan seinget saya Stratos itu juga HT nya cukup tinggi jadinya harusnya masih oke untuk di downsize dan hanya main di stem.

    Mungkin kalau bisa om cobain dulu, lalu tanya sama mekanik mereka pendapat terkait ukurannya. Dikasih ga sama rodalink? Harusnya sih menurut saya gapapa. Coba nanti minta pendapat mekanik mereka atau store managernya, biasa mereka lebih paham dan bisa lihat langsung apakah sizenya terlalu kecil atau kira-kira cukup buat om. Karena ukuran sepeda tiap orang berbeda-beda, hahahaha.
     
  16. Darkbeat

    Darkbeat New Member

    Niatnya mau nyari wejangan dulu disini sebelum ke rodalink nya haha. Tp kalo saya liat di geometry sepeda di websitenya, beda seat, top, sama head tubenya kisaran 2-3cm emang kerasa banget ya ?
     
  17. skop99

    skop99 Member

    seatpost berubah 5mm aja efek dikaki bisa kerasa banget lo om, tp ga tau jg kl ukuran di frame, bs jadi kurang nyaman jg, yg penting jangan buru2 perbanyak referensi paling mudahnya coba dulu punya teman (kalo ada sih.. Heheheee...)
     
  18. Danny64X2.ID

    Danny64X2.ID Member

    Quick guide nya ada di brand masing2 sepeda, cara termudah dari situ.
    Customize nya ada di seatpost sama stem, kalau pedal kan memang disitu...BB ga bisa digeser kemanamana

    Seatpost cukup panjang roomnya...dari mentok ampe minimun insertiin mark...ada 10 cman
    Stem bisa dibalik, atau yang flexible...adjust deh itu stang, bisa forward bisa uplift...untuk nyesuaikan reach...

    For now and so on, there is no reason to say I don't fit with this bike geometry.

    Helios LT 8 size 56 aja masuk di saya, out-of-shop condition sih enggak langsung bodyfit, mainkan seat post dan stem, kuat dipake gran fondo...tanpa capek dan kram...

    Maxed out speed tetap dominan faktor jalan, ban luar dan kaki.

    Di thread sebelah ada oom Come Punk yang customize geometry sepeda nya sesuai tujuan, speed or endurance.

    Sent from my SM-N935F using Tapatalk
     
  19. CoMePunk

    CoMePunk Blogger Cycling Indonesia

    180 cm pake 53 cm masih bisa. Yang jelas, stem udah pasti kudu dipanjangkan, dan steerer tube jangan dipotong, setel mentok paling atas.

    Gue tinggi beda dikit, 178 cm inseam 82, pake size 54.
     
    Danny64X2.ID likes this.
  20. Darkbeat

    Darkbeat New Member

    Udah dapet yg size 56, padahal niatnya udah mau ngambil yg 53 eh malah pas bgt yg size 56 nya datang. Cuman jdnya kurang pro tampilannya haha soalnya seatpostnya gak bisa panjang, cmn lebih tinggi dikit dr handlebar.
     

Share This Page