1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Index Thread Beginner Tips: Road Bike Fitting

Discussion in 'Road, Time Trial, dan Cyclocross' started by mt, Jul 25, 2012.

  1. Yosafat

    Yosafat New Member

    mosso 735 nya pake groupset apa om? buat race ama endurance nya gimn om dibanding strattos? lagi galau antara strattos ato mosso 735 TCA
     
  2. HAS19

    HAS19 New Member

    GS tiagra om, mending mosso kalo saya. bukan pembalap sih saya om hehe..
     
  3. bleui

    bleui Well-Known Member

    kalo dari gambar sih memang terlihat frame nya kekecilan, contoh steerer tube yg terlalu panjang, mending cari frame yg head tubenya lebih panjang/tinggi lagi
    kalo dari fitting teknik nya KOPS, posisi om terlalu maju ke depan, contoh titik lutut nya om yang berada di depan as pedal
    tapi saya juga mirip kayak om, kaki lebih panjang dari torso, jadinya fitting saddle saya bikin sedikit lebih maju dari KOPS
    dulu posisi saya juga lebih forward dari posisi yg sekarang, tapi untuk gowes di atas 60km biasanya bahu & lengan saya lebih cepet pegel, ada keluhan yg sama ga om kalo gowes jauh?
    terlihat sekilas reach nya juga kependekan (hasil dari ganti stem?) mungkin postingan om @tato diatas bisa jadi acuan sudut antara torso & lengan membentuk sudut 90 derajat.
    hip angle (sudut antara torso dengan paha) terlihat terlalu besar, semakin besar angle nya otot yang terpakai hanya quadriceps, sedangkan otot glute tidak terpakai maksimal
    untuk mendapat sudut yg pas bisa dengan ganti stem yg lebih panjang atau turunin posisi stem ke bawah spacer atau mundurin saddle, saya sih saranin coba testing untuk mundurin saddle aja dan dicoba gowes dengan jarak yg lumayan
     
    Last edited: Jun 2, 2017
    pumashoes and tato like this.
  4. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Yak saya mau update dikit hasil ganti stem (nambah 3cm).

    Hasilnya lumayan, badan ga slide ke depan, lumayan pakem di saddle. But new problem muncul
    1. Paha capek bangets. Ga ngerti lagi, gowes 30 km/h aja berasa pahanya, whereas biasa hajar sampe 40 baru mulai berasa kerja pahanya. Gatau apakah memang badan lagi kurang fit atau memang posisi saddle sepertinya harus dirubah.
    2. Lower back pain, sepertinya karena belom biasa dengan posisi yang nunduk ini (biasa pakai 9cm 6 derajat, ini pakai 12cm 17 derajat). Nanti akan dicoba atur spacer deh, masih bisa naik sekitar 3cm.


    Untuk problem nomor 1 ada om om yang bisa kasih masukan? Serasa pas genjot pedalnya itu agak berat, dan otot paha depan serasa ada yang neken. Ada yang pernah alamin masalah serupa om?

    ----

    saddle setback habis saya majuin sekitar 1 cm. Sekarang jadi sekitar 2cm kalo ditarik garis antara saddle tip sama bottom bracket. Kalo setbacknya terlalu sedikit atau terlalu besar ngaruh dimana ya om?
     
    Last edited: Jun 3, 2017
  5. 2pic

    2pic Active Member

    Sepemahaman sy, saddle itu kalo uda dapat posisi kayuhan enak terhadap pedal, jgn diubah om..maju/mundur itu utamanya bukan buat adjust jangkauan ke handlebar.. CMIIW..
     
    lawyerone likes this.
  6. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Iya om. Memang bukan. Tapi setelah saya ganti stem saya merasa kayuhan saya jadi ga enak. Berasa ada power loss dan terasa quadsnya (paha depan) overwork. Jadi pegal pegal gitu. Makanya bingung saddle setbacknya mesti dimajuin atau dimundurin. Karena kalau dimajuin otomatis seatpost harus naik untuk bisa dapet posisi kayuh yang reachnya sama enak, dan kalo dimundurin seatpostnya turun.

    Soal posisi kayuh yang udah enak, yang sebelomnya udah enak kok. Tapi sepertinya ini ada perubahan titik pusat massa jadi kakinya berasa berat. Makanya saya merasa ada yang perlu dirubah hehe.
     
  7. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    Mungkin pengaruh hip angle yang makin kecil?
     
    2pic and lawyerone like this.
  8. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Bisa juga sih om. Kalau begitu cara atasinnya gimana tuh om? Harus naikin spacer handlebar kah? Atau bisa diakalin dengan saddle position?

    Sepertinya kalo hipotesa saya sih ada otot yang ga terpakai jadi semua dilimpahin di paha. Mungkin ga kayak gitu om?
     
  9. 2pic

    2pic Active Member

    Kalo sy pernah ngalamin paha ky begitu biasa karena sadel kerendahan om.. mungkin coba set ulang lagi sadel nya seolah2 seperti sepeda baru pertama kali..
     
  10. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Udah berapa lama om lawyerone pake stettingan barunya?

    Menurut pengalaman saya harus dibiasain dulu 1-2 minggu setelah fitting, apalagi ekstrim gitu ganti settingan stemnya.

    BTW, stem calculator: http://ttbikefit.com/stemcalc.html
     
    lawyerone likes this.
  11. lawyerone

    lawyerone Active Member

    First ride nih om. Baru 25km ud langsung pulang td pagi karena ga nyaman
     
  12. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Mau nanya dikit nih om, soal posisi Saddle yang terlalu dekat dengan BB (hanya sekitar 1-2cm setback)

    Sebetulnya kan dengan posisi begini pedal strokenya lebih enak (secara sekilas, lebih bertenaga), meskipun memang beratnya lebih shift ke depan, ada yang bilang sepedanya jadi kurang balance dan bisa bisa terlalu neken ke handlebar karena beratnya kurang di support sama saddle. Tapi apakah bisa menyebabkan pain atau injury di kaki atau bagian tubuh lain? Bahaya kah? Kalau dilihat TT-bikes kan posisinya rata-rata seperti itu, jarak saddle dengan BB sangat minim atau bahkan ada di atas BB. Bahaya kah posisi seperti ini untuk Road Bike?
     
  13. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Justru kalo makin ke depan seharusnya jadi makin ilang powernya om, karena sudut paha dan torso semakin membesar.

    Fit TT seperti itu kan karena ngincer posisi back paralel dengan aspal ketika gowes, jadi saddle dimajuin agar sudut paha dan torso lebih terbuka sehingga rider bisa napas dan paha gak membentur2 perut.

    BTW ada artikel ttg saddle setback: http://www.slowtwitch.com/Bike_Fit/...Versus_Body_Angles_in_Road_Bike_Fit_2631.html

    Menurut artikel tsb, saddle setback pro Mediterranian riders adalah sekitar 9% dari saddle height jadi mungkin buat kita2 sekitar 6cm-an lebih dikit.
     
    lawyerone likes this.
  14. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Banyak juga ya 6cm

    Itu yang seharusnya ya om? Hasil fitting saya via CRC setback saya cuma 2,6 - 3,8cm :")

    Sipdeh. Thanks masukannya om. Nanti kalau sempet saya coba :D
     
  15. HAS19

    HAS19 New Member

    kalo saya atur saddle fore/aft patokan awal pake KOPS, abis itu nyoba dimajuin/dimundurin sampe ketemu titik nyaman nya. kalo blm pas ciri nya terasa knee pain, sama penggunaan otot nggk seimbang. nyoba nya di tanjakan ringan sih biar cepet ketahuan hasilnya
     
    lawyerone likes this.
  16. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Sepertinya itu secara rata2 buat riders di medan yg naik-turun untuk road race.

    Untuk sepeda criterium, misalnya, mungkin diset lebih maju setbacknya biar handlebar bisa lebih maju lagi yang berguna ketika dipake sprint/tarik-tarikan di crit race yang biasanya gak sampe 2 jam durasinya.

    BTW dari pengalaman saya, saddle yang terlalu maju bikin bib suka nyangkut di ujung saddle ketika duduk (dari posisi berdiri misalnya) dan ini mengganggu setiap kali terjadi.
     
    Last edited: Jun 5, 2017
    lawyerone likes this.
  17. paelll

    paelll New Member

    Mau tanya kalau tinggi badan 163 frame road yang pas kira" ukuran berapa yah?
     
  18. tato

    tato Well-Known Member

    Menurut saya, ukuran 48 atau XS. Lebih kecil 1 tingkat lagi boleh dicoba.
     
  19. pumashoes

    pumashoes Well-Known Member

    Ah, noted om. Ini menjelaskan kenapa saat push pedal ketika nanjak secara natural badan akan membungkuk (utk melibatkan otot glute) ya? CMIIW.
     
    Last edited: Jun 12, 2017
    bleui likes this.
  20. padma

    padma Member

    Ah iya, fitting untuk sepeda memang agak susah-susah gampang. Setelah 2 bulan gowes akhirnya nemu tinggi saddle yang optimal. Tinggi saya 163cm dengab inseam 75cm. Nah, sekarang yang menjadi problem dan sumber kegalauan adalah posisi maju mundurnya saddle. Waktu kemarin gowes jarak jauh, kerasa pantat gak nyaman, jadi selalu melorot ke depan padahal saddle saya posisinya datar. Lalu saya coba majukan pantat agak ke depan, lebih enak di tangan dan paha. Tapi anehnya, posisi saddle ini bulan lalu udah enak. Apa saddle ini mundur2 sendiri ya (tidak kencang ngencangin bautnya). Sebab saya juga lupa terakhir setting di angka mana..
     

Share This Page