1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Index Thread Beginner Tips: Road Bike Fitting

Discussion in 'Road, Time Trial, dan Cyclocross' started by mt, Jul 25, 2012.

  1. bleui

    bleui Well-Known Member

    normal nya sih kalo frame kekecilan justru ganti stem yg lebih panjang

    ini maksud nya posisi mata kaki di atas as pedal? setahu saya fitting untuk menentukan posisi awal saddle dimulai dari titik tempurung lutut segaris lurus dengan as pedal (KOPS)
     
  2. 2pic

    2pic Active Member

    Om, frame kekecilan kok malah memperpendek jangkauan?

    Btw TB 168 harusnya uda cocok size 50..
    53-54 itu cocoknya buat yg TB > 175..
     
  3. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Sepertinya om adalah orang dengan tipe kaki panjang torso pendek.

    BTW inseam saya juga 78cm tapi tinggi badan 173 cm. Saya pake sepeda size 52 dengan stem 12cm.

    BTW bike fit itu juga tergantung sama jam terbang loh, maaf saya gak tau om sudah berapa lama bersepeda. Kalo diliat sekilas dari ukuran badannya sih harusnya size 50 sudah cocok. Omong2 tabel di rodalink itu sangat konservatif, biasanya orang ambil 1 (bahkan bisa 2) size lebih rendah buat sepeda balap.
     
  4. Patrick

    Patrick Member

    wah senangnya dah banyak masukan dari teman2 :)


    oh maaf saya br ingat... stem sudah saya rubah...
    aslinya bawaan united mungkin 5-6 cm.. pendek...

    setelah di ganti ke 12 cm biar bahu dan pinggang ga sakit..., terakhir setelah bersepeda aga lama... ganti ke 9 sambil menurunkan spacer... ^^ maaf kurang lengkap kemarin,,,

    nah fitting sadel harus di majukan mentok untuk mencapai tempurung selaras dengan mata kaki dan as pedal,
    itupun berasa perlu masih di majukan sedikit lg sadelnya... tp sudah acceptable lah..

    naaf stem 12cm udah engga standard maaf... aslinya 5-6 cm pendek...
    nah... tinggi badannya memang menjadi dasar acuan saya dalam membeli sepeda ukuran 50 ini.. tp kok kurang gede...

    kapan hari coba spez teman saya ukuran 52, masih kurang tinggi seatpostnya untuk saya...
    dari sana saya merasa mungkin kaki saya lebih panjang dari teman saya (orang lain)

    nah saya juga merasa kaki saya lebih panjang torso pendek om...
    mknya aga bimbang dalam mencari frame baru...
    sadelnya yang sekarang udah engga bisa di majukan lagi

    kalau lain size ke 52 dengan stem lebih pendek gimana kira2 om?

    iseng lihat di cyclo, total km 8000 an sekian...
    stem di pendekkan di km 7000an

    setting sekarang sudah lumayan benernya.. engga sakit di pinggang dan bahu...
    cuman kadang merasa sadel kurang maju..., coba duduk aga maju juga merasa lumayan enak...
    cuman klo lama2 duduk aga maju bokon* aga sakit karena kurang tumpuan...

    mungkin om2 bisa memberi masukan baiknya gimana ke depannya

    trims :)
     
  5. 2pic

    2pic Active Member

    @Patrick sy inseam jg 78 TB 174, pakainya size 52 stem 10cm.. tinggi sadel sekitar 72 cm dari center BB.

    nurut sy posisi sadel lbh pengaruh sama seat tube angle..kalo uda pake zero offset tp posisi duduk & pedalling masi belum dapet, kayanya frame size CT lbh besar pun ga byk bantu om..
     
  6. Yosafat

    Yosafat New Member

    Mau tanya nih ada yg pernah cb mosso 735 TCA dgn groupset tiagra...soalnya pas liat kmaren frame nya keren tp blom tau feel ridingnya gimn....tq
     
  7. Patrick

    Patrick Member

    emm...
    maksudnya size besarpun, seat angle kira2 masih segituan juga om ?

    ini memang tak bandingkan mosso size 49 ama 52 seat tube anglenya masih sama soalnya...
    sempat baca trit di depan... soal seatpost yang ada setbacknya di balik...
    atau mungkin yang aga konyol pake seatpost model jadul yg clampnya terpisah kali ya...
    jadi seatpostnya tiang aja ga pake clamp..., ntar clamnya di balik kira2 gimana om ??

    mungkin ada om2 sekalian yang menggunakan cara ini?
    apakah safe / efektif engga...
     
    Last edited: May 24, 2017
  8. bleui

    bleui Well-Known Member

    kalo ga keberatan om foto dari samping posisi om di atas sepeda
    posisi tangan relaks di hood dengan pedal di posisi jam 3 dan jam 6
    kalo bisa dengan full kit (jersey, bib, sepatu)
     
    Last edited: May 25, 2017
  9. 2pic

    2pic Active Member

    Ide bagus banget om..

    Size besar kan top tube juga makin panjang, makin jauh jangkauannya.. size besar seat tube angle juga makin kecil (miring ke belakang)..
     
  10. lawyerone

    lawyerone Active Member

    Ada yang punya rekomendasi tempat untuk bikefit di Jakarta yang murah??

    Mau cari yang dibawah 1jt kalo ada, atau tempat termurah yang om om tau??


    Yah cuma buat ganti stem doang sih, atau mending suruh mekanik yang ngukur yah buat stemnya dan stem angle hahaha
     
    Last edited: May 25, 2017
  11. sohoku

    sohoku Active Member

    Ganti stem 120 mm..posisi sadel disetting lagi...posisi brifter dan dropbar diatur juga tinggi rendahnya


    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
  12. byonics

    byonics New Member

    [​IMG]

    Saya tinggi 185 cm, inseam 85, wingspan 193
    Baru àja ambil strattos s3 ukuran 58.
    Pas ready, dan bila dilihat dari table ini pas dengan badan saya.

    Cuma banyak yang bilang kebesaran. Saya attached foto ketika di atas sepeda, posisi tangan di hood (favorit)

    Apakah ini sudah pas?
    Sebelumnya saya menggunakan mtb, dan sepertinya dengan roadbike ini reach memang berasa jauh. Ntah belum berasa, atau memang jauh.

    Apakah saya perlu ganti stem turun 2cm?

    Mohon advisenya.


    Sebagai tambahan, saya sudah testdrive sejauh 10km, dan sofar saya tidak merasakan keluhan. Sedikit sekali pegal di lengan, sepertinya karena posisi yg beda dari mtb, dan belum terbiasa.


    Sent from my MI MAX
     
  13. tato

    tato Well-Known Member

    Menurut saya ukuran frame sudah pas, terlihat dari fotonya. Saya coba bantu sepengetahuan saya dari hasil baca2 dan coba2.

    fitting.jpg

    Pertama naikkan sadel sampai pada posisi crank di bawah, sudut A menjadi 25-30°.
    Lalu turunkan atau panjangkan stem atau mundurkan sadel sesuai kenyamanan sampai sudut B menjadi sekitar 90°.

    Baiknya ketika fitting memakai kostum (celana) dan sepatu yang akan dipakai ketika bersepeda.
     
    bleui and 2pic like this.
  14. byonics

    byonics New Member

    Noted, Om.
    Jadi frame sudah tepat ya?

    Hanya saya, saya pikir stem justru mau dipendekin. Skarang standar strattos 110. Rencana mau turunin jadi 90.
    Rasanya reach kejauhan, dan sikut cenderung locked.

    Kostum belum ada nih. Baru siapain sepedanya. Hehehe...

    Sent from my MI MAX
     
  15. tato

    tato Well-Known Member

    Sudut lengan kurang dari 90° tidak apa2 mungkin ya kalau tidak mengejar posisi agresif. Nanti kalau sudah lebih terbiasa baru disesuaikan lagi. Yang penting nyaman dulu.
     
  16. byonics

    byonics New Member

    Siap, Om.
    Thanks yaa.
    Gak pengen agresif koq. Cuma buat kliling jalan2 aja.


    Sent from my iPad using Tapatalk
     
  17. angga dwi abdurrahman

    angga dwi abdurrahman Well-Known Member

    pake aplikasi apanih om ngukur gini?
     
  18. tato

    tato Well-Known Member

    Gambar sudutnya pakai Inkscape, gabung2 gambar pakai GIMP. Saya pakai freeware di Linux aja :D
     
  19. HAS19

    HAS19 New Member

    saya punya mosso 735 om, feel ride nya lebih enak drpd stratos atau helios seri 300 kebawah. cm utk pengaturan kabel dalem nya jelek om
     
  20. Patrick

    Patrick Member

    maaf br sempet post foto...

    tolong di berikan masukan om bleui

    yang di rasakan klo mancal.. lebih enak duduk di hidung... power makin dapet...
     

    Attached Files:

Share This Page