1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

[ASK] UKURAN TEKANAN ANGIN BAN

Discussion in 'Commuting dan Bike2Work' started by Bayu Adhiwarsono, Dec 2, 2015.

  1. Bayu Adhiwarsono

    Bayu Adhiwarsono Well-Known Member

    Maaf kalau salah kamar. Untuk commuter pakai sepeda MTB, frame 18", rim 26, dengan berat pengendara 85kg.

    Sebelumnya saya pakai knobby tires, 26x1,95, tekanan angin 55 psi.

    Barusan saya ganti pakai United Oshaka 26x1,5.

    [​IMG]

    Saya coba pake tekanan angin 60 psi, kok kayak masih kurang angin ya? Sebetulnya harusnya pakai tekanan angin berapa ya?

    Nemu panduan tekanan angin ban di http://thingsbike.com/tips-trick/tekanan-udara-ideal-ban-sepeda.html.

    Tapi bingung juga, soalnya saya kan sepedanya MTB, tapi ban lebih ke RB (CMIIW).

    *gambar minjem dari https://m.tokopedia.com/3kmperhourshop/ban-luar-united-oshaka-26x15-mirip-maxxis-detonator

    "dikirim ti henpon abdi"
     
  2. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    biasanya di dinding bannya suka ada tulisan psinya?
    Kalo 60 masih berasa kurang angin, coba di bikin 75?
     
  3. arkeanu

    arkeanu Member

    bukannya united osaka 26x1.5 maksimalnya cuma 60psi?
    http://im0.olx.biz.id/images_olxid/32483561_3_644x461_ban-united-osaka-26150-suku-cadang_rev001.jpg
    kalo lebih dari 60PSi takutnya ban bisa pecah om...
     
  4. Bayu Adhiwarsono

    Bayu Adhiwarsono Well-Known Member

  5. arkeanu

    arkeanu Member

    kalo bisa sampe 100psi berani dikasih 80/85psi om..
     
  6. Bayu Adhiwarsono

    Bayu Adhiwarsono Well-Known Member

    Maaf, ralat. Barusan lihat di dinding bannya, max 80 psi.

    Akhirnya saya kasih 65 psi, enak bawanya. Tadinya mau coba sampe 75 psi, tapi mentok di 66 gak mau nambah2

    "dikirim ti henpon abdi"
     
  7. nadhiev

    nadhiev Member

    saya jg pake ini utk ratbike saya. mtb frame 18", rims 26, berat badan 85 jg...mirip amat ama ts ya:oops:
     
  8. hary

    hary Active Member

    biasanya mompanya pake apa ya biar sampai 70 psi. Saya pakai pompa kaki koq cuman mentok di 40?
     
  9. Bayu Adhiwarsono

    Bayu Adhiwarsono Well-Known Member

    Hahahahaha..... Kembaran kita. Kapan2 gowes bareng lucu kayaknya.

    "dikirim ti henpon abdi"
     
  10. Bayu Adhiwarsono

    Bayu Adhiwarsono Well-Known Member

    Saya mompa di SPBU, om. Tapi itu juga 66 gak mau nambah lagi, makanya saya kasih 65 aja biar aman.

    "dikirim ti henpon abdi"
     
    hary likes this.
  11. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    kalo pompa kompresor buat isi angin ban mobil/motor emang ga akan bisa sampe lebih dari 60-65 psi.

    pake pompa sepeda biasa aja om, yg 75ribuan itu malah bisa sampe 80-90 psi (meskipun keakuratan jarum meternya diragukan)

    saya pake pompa lantai beto, dengan 2 lubang (untuk pentil presta dan schrader) lumayan bisa buat mompa sampe 110-120 psi, harganya pun relatif terjangkau cuma 170an waktu beli. Masih awet udah lebih dari 2 tahun. tapi memang bodynya masih plastik saja..
     
    hary likes this.
  12. Bayu Adhiwarsono

    Bayu Adhiwarsono Well-Known Member

    Oooh.... Pantesan saya setting di 75, 66 dah gak mau gerak...

    Saya udah ada sih pompa tangan, om. Masih ntar2 deh beli pompa lagi. Tapi nice info nih, jadi ada referensi.

    "dikirim ti henpon abdi"
     
  13. jikindra

    jikindra New Member

    Maaf om, mau nanya nih... ban sepeda apa iya emang bisa kempes? atau emang ban SAYA yg ngga beres, baru 3 hari diatosin, ini udah agak kempes lagi...
     
  14. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    Kecuali sepedanya pakai ban mati tentunya ban sepeda juga bisa kempes.

    Kayaknya ada bocor alus di ban dalemnya. Macam macam kemungkinannya, bisa dari rim tape yg ga pas, ban dalem ngelipet atau kualitas ban dalam yg kurang bagus
     
  15. Bayu Adhiwarsono

    Bayu Adhiwarsono Well-Known Member

    Saya beberapa waktu lalu malah pernah kena kawat serabut. Kecil banget, panjangnya juga cuma 1cm. Dah ditambal, bocor lagi. Dari luar sih gak keliatan, tapi diraba dari dalam baru ketauan.

    Kadang dari bagian sambungan di ban dalamnya juga, bocor halus. Dekat pentil juga punya potensi bocor halus.



    Sent from my ASUS_T00F using Tapatalk
     

Share This Page