1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

[ASK]merubah Sepeda MTB ke Hybrid

Discussion in 'MTB, Down Hill, Dirt Jump, dan BMX' started by insanfadhl, Jan 26, 2015.

  1. troy

    troy New Member

    Terima kasih Om Dxtr buat "penawar racunnya" :D
     
  2. rizki_pm

    rizki_pm New Member


    nanaya om, gimana caranya pake briefter di mtb? apa aja yg harus diganti? groupset ane masih bawaan sepeda, tourney 3x7 speed
     
  3. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Saya kurang tau om karena gak punya dan gak pernah utak-atik MTB. Yang perlu diwaspadai adalah apakah brifter kirinya kompatibel sama triple chanring kalo saat ini pake triple. Selain itu adalah apakah actuation ratio brifter road sama RD MTB sama. Yang terakhir adalah apakah brake lever brifter roadnya kompatibel sama rem MTB nya.
     
  4. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

    Imi pernah dibahaskan. Ada 2 masalah, brifter road tidak compatible dgn fd mtb dan fd balap biasanya tidak muat dgn crank mtb karena chainline lebih keluar 5mm. Crank balap tidak bisa di frame mtb karena bentuk chainstays. Chainringbsuka mentok di situ. Rd mtb bisa sipkai dgn brifter asal bukan tipe rapid rise atau shadow.
    Brifter juga ngk cocok sama v brake atau caliper mtb. Bisa tapi modulation sucks.
     
    hansadhitya likes this.
  5. baldelight

    baldelight New Member

    Nimbrung om...
    Sepeda mtb besi, bobot total mungkin hampir 20kg , sejauh ini ane makenya utk commuting sehari2...dan ogah bgt masuk ke trek lumpur. Rute sehari2 hampir semuanya aspal n suka nafsu klo di flat , alhasil sepeda disetting jd aero...
    Cuman ban nya doang nih msh make kenda kinetics 54 -559 / 26 x 2.10 ...., ane pengen ganti yg lebarnya agak kecilan dan rolling resistencenya rendah....kira2 klo lebar 1.75 aman ga ya dgn bobot sepeda seberat itu ?...

    20160924_081106-1.jpg
     
    Last edited: Sep 26, 2016
    ferdiandriska and hansadhitya like this.
  6. Bayu Adhiwarsono

    Bayu Adhiwarsono Well-Known Member

    Sepertinya gak masalah, om.

    Sepeda saya juga besi. Dipakai commute tiap hari, sesekali dipakai jarak jauh, dan yakin betul beratnya lebih dr 20kg, apalagi bawa pannier. Berat cyclist juga sekitar 80 kg.

    Saya pakai 26x1,50. Depan United Oshaka, belakang Schwalbe Marathon Original.

    [​IMG]

    Sent from my ASUS_T00F using Tapatalk
     
  7. baldelight

    baldelight New Member

    Om sepedanya klo d jalan rusak gmn ? , soalnya sepeda suka ane siksa fullgas d jalan rusak, " bunny hop " d trotoar, hantam polisi tidur, speed trap, dll.
    Rada ga betah ane pke roadbike utk commuting , ada jalan rusak kudu pelan , klo nae trotoar di angkat turun juga d angkat.
    Intinya ane pingin setting ini sepeda bs speed tinggi d aspal layaknya rb tp juga kuat ...
     
  8. Bayu Adhiwarsono

    Bayu Adhiwarsono Well-Known Member

    Saya sih rada tega, maklum frame juga masih steel, om. Kalau sesekali naik trotoar juga biasanya saya tuntun. Kecuali kalau terpaksa lewat jalanan berkerikil atau makadam, biasanya saya gowes pelan. Namanya juga setelan touring, bukan buat kenceng-kencengan (walau crank pakai kombinasi 48-36-26T).

    Ban depan yg masih united oshaka juga rada bikin waswas kalaubkena kerikil. Kalau ban belakang sih Insyaa Allah aman sejahtera.

    Saya kenceng kalau pas nemu turunan aja, om. Sempat di cikalong wetan sampai 68 km/jam, alhamdulillah aman.

    Sent from my ASUS_T00F using Tapatalk
     
    baldelight likes this.
  9. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

    Slam
    That
    Stem
    [​IMG]
    [​IMG]
     
  10. rizki_pm

    rizki_pm New Member

    walah, kirain bisa, karena pernah liat ada beberapa mtb luar yg pake brifter.
     
  11. Bayu Adhiwarsono

    Bayu Adhiwarsono Well-Known Member

    Photo editing_Cloud20161006_1.jpg

    Kalau seperti ini apakah bisa disebut brifter juga?

    Sent from my ASUS_T00F using Tapatalk
     
  12. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

    No
     
  13. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

    Harus lihat pakai fd apa
     
  14. adetya kris

    adetya kris Active Member

    Mohon maaf ya om Bule.. Ini menurut saya bisa disebut brifter juga, hanya untuk MTB, karena brifter itu sepengatahuan saya dari kata brake+ shifter, digabungin jadi brifter.
    Temen2 MTB an di tempat saya bilang ini brifter.. Hehe.. Kalo saya salah bisa dikoreksi ya om.. Suwun..

    Sent from my Z160 using Tapatalk
     
  15. Bayu Adhiwarsono

    Bayu Adhiwarsono Well-Known Member

    Mungkin bedanya kalau di roadbike, brake levernya berfungsi sebagai shifter. Sementara di mtb, ada 3 tuas yg punya fungsi berbeda.

    Sent from my ASUS_T00F using Tapatalk
     
  16. baldelight

    baldelight New Member

    terima kasih om atas sharingnya...klo ane perhatiin sepertinya di MTB ban lbh awet d jalan rusak ketimbang roadbike karena adanya suspensi ( bener ga ya ? ) jadi nyoba dulu ganti ban.

    Dan , kedepannya ane berniat utk upgrade beberapa part, GS terutama ( klo bisa ). Saat ini make Tourney 7 speed , utk high gearnya ampuuun , lompatanya itu , bikin kaget otot paha depan,
    indexingnya juga ancur , ( utk nurunin gigi dari 6 ke 5 misal , biasanya dioper dulu ke 3 + 1/2 sebelum ke 2, uda pindah baru balekin ke 5 ).

    mohon masukannya :
    1. Ban.
    Baca2 dari thread ttg ban dapat kesimpulan Kenda Small Block 8 bagus di Rolling Resistance. Tapi ane ingin yang sedikit lbk kecil lagi dan kurang suka dengan knobnya.
    Michelin country Rock, reviewnya bagus...
    MICHELIN-COUNTRY-ROCK-Mountain-bicycles-tires-bike-off-road-tire-tyre-26-1-75-MTB-MAX.jpg download.png

    2. 7 speed to 9 speed.
    Ini yg jadi masalah, saya ga yakin bisa muat make 9 speed, aslinya 6 speed, ganti 7 speed ada penambahan ring di axlenya agar chain ga nyangkut di chain stay pas di gear 7 dan rada maksa masangnya. Free hubnya merek shimano tp ga tau tipe apa , dan blm ngukur juga panjangnya axlenya berapa...
    20161006_054946-1.jpg
    Lalu RD nya, dulu pernah nanya katanya dropout framenya tipe lama jadi ga bisa dipasangin RD yg keluaran terbaru ( ane pribadi blm dapat clue bedanya dimana ), niatnya si ganti Alivio aja.
    20161006_055055-1.jpg

    3. Handle Bar.
    Saat ini make bullhorn dengan diameter 22.2 , karena clamp shifternya fix di size segitu, padahal rata2 25.4. Inginnya Bullhorn Leadtec , kemudian ujungnya yg mendongak di potong.
    B1.jpg

    4. Shifter.
    Belum tau mau ambil merek apa. yang penting brake dan shifter 1 body , size clampnya flexible , dan bentuk desain levernya sperti shifter yg di pake saat ini ( cukup enak untuk shifting dengan settingan yg skrang ).

    5. Crankset
    saat ini make 48 - 38 - 28t , rencananya pengen ganti yg 50 ++.
    awalnya pengen make sora Triple, cmn karena kata om @dasarbule ga compatible...
    nyari2 nemu Crank Sakae 50 - 40 - 28t , ( cmn warna dan desain Crank armnya kurang modern hahaha )
    rps20160607_105921.jpg

    6. Rim
    Rim 26" , Deep Profile 5cm. yg sekrang 3cm.

    7. Last but not Least , Fork
    Ane ga bakal ganti Fork, hanya klo bisa ingin sedikit motong tube atau stanchionnya biar lbh aero , (meski kata semua mekanik yg ane kunjungin ga bisa ( /ga mau ) ngelepasinnya, pemasangannya ga standart kata mereka ).
     
    Last edited: Oct 6, 2016
  17. Bayu Adhiwarsono

    Bayu Adhiwarsono Well-Known Member

    1. Ban Schwalbe Marathon Original atau Panaracer Tour boleh jadi pilihan, om.

    2. Saya pecinta 7 speed. Entah kenapa, tapi udah asoy aja, gak merasa perlu ganribjadi 8 atau 9.

    3. Belum pernah coba bullhorn. Baru pernah nyoba flatbar, risebar XC, dan Butterfly bar. Dan juaranya adalah butterfly.

    5. Boleh coba Sugino, om. Bisa customize. Saya sih pake 48-36-26T

    6. No comment, masih pake bawaan pabrik. Cuma ganti spoke, biar matching warnanya aja sama pannier

    7. No comment juga. Awam soal fork. Saya sehari-hari di jakarta pake SR Suntour XCM doang. Sementara di bandung pake yg rigid.


    Sent from my ASUS_T00F using Tapatalk
     
    baldelight likes this.
  18. malingjemuran

    malingjemuran New Member

    Maaf om saya nyimak dr page 1 ttep Ga paham hehehe maklum nyubi btw klo mtb itu mau dijadiin road ganti apa aja sih? Maaf klo saya. Ga paham hehehe
    Ini kan saya ada MTB 6 speed Groupset Nonseries rencana mau kupake framenya aja(cranknya jg klo bisa... Hehehe) trus lgkah yg saya ambil setelahnya ganti part apa?
     
  19. malingjemuran

    malingjemuran New Member


    Nah trus solusinya gmn tuh om? Kasih saran om ini juga saya mau rubah Mtb ke Road/Hybrid...:confused:
     
  20. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Untuk memulainya, tinjau dari kebutuhannya dulu om - apakah yang dibutuhkan untuk gowes di jalan raya?

    Kalo misalnya sepeda MTB nya dah oke buat dipake ngaspal berarti ga ada yang perlu diganti hehehe.

    Secara personal, menurut saya di aspal itu yang paling diperlukan adalah ban mulus (gak harus sesempit ban sepeda balap) untuk efisiensi dan keamanan.
     

Share This Page