1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

(ask) cara skid pke doltrap

Discussion in 'Fixie dan Track' started by nizad46, Oct 22, 2019.

  1. nizad46

    nizad46 New Member

    Halo Kalian, saya pengguna baru sepeda fixie. Belajar2 di google, youtube, dpt ilmu klo ngerem itu namanya skid. Tp udah 2 minggu belajar saya tidak bisa skid. Adakah cara untuk skid menggunakan gear doltrap ? Apakah skid khusus untuk gear torpedo ? Soalnya sy baca d google torpedo itu bukan fixie tp single speed. Yg fixie itu yah fixed gear (doltrap)

    Sent from my MI 5 using Tapatalk
     
  2. tato

    tato Well-Known Member

    setau saya...
    untuk belajar skid, kaki wajib terikat ke pedal, karena kaki depan perlu menarik pedal ke atas sementara kaki belakang menekan ke bawah
    menekan dengan kaki belakang saja tidak cukup kuat

    bisa juga sebelum mulai skid, roda belakang diangkat sedikit supaya lebih ringan dihentikan putarannya
     
  3. nizad46

    nizad46 New Member

    Oh, gitu yah om. Nama pedalnya yg ada pengikatnya tau om ? Terus gimana tuh klo ban belakang d angkat dlu ? msalnya nih lg balap tiba2 mau rem.

    Sent from my MI 5 using Tapatalk
     
  4. aiyo

    aiyo Active Member

    Dulu waktu mau skid ga bisa bisa, dibilangin temen, semua akan skid pada waktunya. Kirain ngeledek, ternyata bener juga. Coba terus, sampe bisa.

    Kalo ga mau banget pake rem, jarak juga waktu pengereman dengan skid gak sesingkat pake rem.

    Betul itu, pake pedal yang ada ikatan kaki. Toe strap, toe clip, clipless pedal.
    Tekniknya ,kurangi traksi roda belakang. Alias kurangi bobot tekan roda. Caranya, berdiri dari sadel, majukan badan ke depan dan semacamnya, supaya beban skid ke kaki lebih ringan. Sepertinya banyak juga tutorial di yutub
     
  5. nizad46

    nizad46 New Member

    Hohoho, makasih ANDA infonya. Semoga saya bisa skid heheheh

    Sent from my MI 5 using Tapatalk
     
  6. Ibet

    Ibet Active Member

    om, pakai retention untuk kaki?
    misal : toestrap / clipless pedal

    kalau iya sudah cek rasio gigi? semakin berat semakin sulit memang untuk skid, saya dulu belajar dengan rasio 46-19 ..

    itupun pakai jatuh dulu, tapi om @aiyo bener deh, semua akan skid pada waktunya
     
  7. nizad46

    nizad46 New Member

    Ok bang, tq tekniknya. Nanti beli pedal yg ada tali2nya hehehe

    Sent from my MI 5 using Tapatalk
     
  8. nizad46

    nizad46 New Member

    Aduh om, aku baru 3 minggu beli sepeda. Beli fixie udah jadi aja, ga tau tentang sparepart2. Gmn cara tau rasionya ? Dan rasio berapa yg ringan ? Berarti gear doltrap ada banyak seri yah om ?

    Sent from my MI 5 using Tapatalk
     
  9. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    Amannya pakai rem saja dulu.. Agar ketika kejadian Fail, sepeda masih bisa berenti. Aman buat diri sendiri, sepeda dam orang lain..

    Perbanyak adaptasi dengan sepeda barunya sambil nyoba nyoba sesuai saran temen temen di forum atau tutorial online..
     
    tato likes this.

Share This Page